Unik, Masjid di Kroasia dengan Kubah Mirip Irisan Semangka

no image available

no image available

Advertisement

Saat traveling ke Kroasia sempatkan untuk mengunjungi Masjid Zagreb. Bangunan ini adalah masjid terbesar di negara tersebut sekaligus memiliki arsitektur unik pada bagian kubahnya yang menyerupai irisan buah semangka.

Kroasia adalah negara non-muslim yang berada di benua Eropa. Pun demikian negara ini memiliki masjid keren yang bisa dijadikan jujugan traveler muslim saat liburan di sana. Adalah Masjid Zagreb, sebuah masjid yang terletak di Gavellina ul 40, 10000, kawasan pinggiran dari ibukota Kroasia.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/7QqkLUire9/ hidecaption=true width=640]

Masjid Zagreb dibangun oleh komunitas muslim Kroasia dengan bantuan dari umat muslim dunia termasuk penyumbang terbesarnya dari Sheikh Sultan bin III Muhammad Al Qasimi, seorang pemimpin Uni Emirat Arab yang menggelontorkan dana sebesar USD 2,5 juta untuk pembangunan masjid sekaligus Islamic Centernya.

Masjid yang begitu megah ini dibangun dengan memakan waktu tujuh tahun dan menempati lahan seluas 10.000 meter persegi termasuk kawasan Islamic Centernya. Tidak sulit mengenali Masjid Zagreb sebab bangunan ini punya arsitektur yang begitu ikonik, kontras dengan bangunan di sekitarnya.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/7_6e7nMd-Q/ hidecaption=true width=640]

Masjid Zagreb yang diresmikan tahun 1987 ini memiliki dua lantai dimana lantai dasar digunakan untuk jamaah pria sedangkan lantai lainnya untuk jamaah wanita. Mihrabnya sendiri dihiasi oleh ukiran kaligrafi ayat kursi yang diambil dalam kitab suci Al Qur’an. Sedangkan Islamic Center dimanfaatkan untuk kelas pembelajaran Al Qur’an dan hadist.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BDKVYbEGGNC/ hidecaption=true width=640]

Pembangunan Masjid Zagreb dipimpin oleh seorang arsitek terkenal dari Bosnia bernama Mirza Golos. Ia memiliki keinginan bahwa masjid yang dibangunnya nanti harus khas dan mudah dikenal banyak orang. Sebetulnya ini bukan masjid pertama yang dibangun di Kroasia karena sebelumnya telah ada masjid yang sudah dihancurkan oleh Uni Soviet pada masa Perang Dunia II.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BDKViSlGGNU/ hidecaption=true width=640]

Keunikan masjid ini bisa traveler lihat dari desain kubahnya yang lain dari pada kubah umumnya. Jika didekati kubah masjid ini berbentuk seperti irisan buah semangka lonjong. Pada satu sisi dibuat lebih tinggi dari belahan kubah di sisi lainnya. Warna kubahnya sendiri berwarna hijau yang membuatnya makin terlihat otentik.

Masjid Zagreb juga memiliki menara setinggi 42 meter yang mempercantik tampilan masjid. Setiap hari banyak jamaah yang datang bagi warga muslim kota tersebut atau para pendatang dan wisatawan. Masjid akan semakin ramai saat bulan Ramadan hingga Idul Fitri. So, buat traveler yang saat ini berada di Kroasia sempatkan datang ke Masjid Zagreb.

Advertisement
Tags
Kroasia Luar negeri masjid
Share