Parade Masjid Unik Indonesia, Ibadah Ramadan Kian Berwarna

Ramadan yang dinanti-nanti akhirnya kembali tiba. Di Bulan Suci ini umat muslim seluruh dunia berlomba-lomba mencari pahala, salah satunya dengan kian rajin beribadah di masjid. Namun tahukah bahwa ternyata ada beberapa masjid unik Indonesia didirikan dengan gaya arsitektur tak biasa?

Deretan masjid ini hadir dengan bentuk yang jauh berbeda dibanding bangunan sejenis pada umumnya. Ada yang 100 persen terbuat dari kayu, ada pula yang tak memiliki kubah. Penasaran? Simak pemaparan kontributor Travelingyuk, Annisa Aidatul berikut ini.

1. Masjid Kayu Bangka

Masjid Kayu Bangka via instagram dwidrmnt
Masjid Kayu Bangka via instagram dwidrmnt

Masyarakat Bangka boleh berbangga hati karena memiliki masjid 100 persen terbuat dari kayu. Masjid Baitul Hajj pun kini lebih kondang dengan nama Masjid Kayu. Selain karena bahan pembuatannya, masjid juga unik karena diresmikan pada 12 Desember 2012.

Agar bangunan masjid kokoh namun tidak mengurangi nilai artistik, kayu yang digunakan berjenis cempedak dan meranti. Baitul Hajj berdiri di atas tanah seluas 750 meter persegi dengan luas banguan 196 meter persegi.

Masjid Kayu Bangka via instagram hafizhrafatbasya
Masjid Kayu Bangka via instagram hafizhrafatbasya

Tak seperti rumah ibadat pada umumnya, masjid ini juga digunakan sebagai tempat pameran. Maka tak perlu heran jika masjid yang berada di Desa Tua Tunu ini selalu ramai pengunjung.

2. Masjid Pintu Seribu

Masjid Pintu Seribu via Instagram seputartangsel
Masjid Pintu Seribu via Instagram seputartangsel

Istilah seribu pintu mungkin akan membuat sebagian orang membayangkan labirin dengan banyak percabangan. Begitu masuk, pengunjung akan bingung mencari jalan keluar. Kira-kira sensasi itulah yang bakal didapatkan ketika berada di Masjid Seribu Pintu alias Nurul Yaqin.

Menurut penuturan warga setempat, gaya arsitektur unik ini terinspirasi dari asmaul husna. Peraturan ketat diterapkan untuk semua pengunjung di sini, salah satunya tak boleh sembarangan mengambil foto.

Masjid Pintu Seribu via Instagram tijanatimebomb
Masjid Pintu Seribu via Instagram tijanatimebomb

Karena bentuknya yang unik, Masjid Nurul Yaqin kadang dianggap sebagai tempat penyebaran aliran sesat oleh masyarakat sekitar. Padahal gaya arsitekturnya sangat menarik dan menjadi daya tarik wisata tersendiri untuk daerah di sekitarnya. Bagi yang tertarik berkunjung, Masjid Seribu Pintu ada di Kampung Bayur, Tangerang.

3. Masjid Ramlie Musofa

Masjid Ramlie Musofa Sunter via instagram buddy.trisatyo
Masjid Ramlie Musofa Sunter via instagram buddy.trisatyo

Ibu kota Jakarta ternyata punya masjid megah mirip Taj Mahal di India. Sepintas, arsitektur bangunan ini memang hampir serupa dengan landmark dunia yang ada di negeri Bollywood tersebut. Namun sebenarnya masjid unik ini punya nama Ramlie Mustofa.

Masjid Ramlie Musofa Sunter via instagram huans.ikiaku
Masjid Ramlie Musofa Sunter via instagram huans.ikiaku

Masjid Ramlie Musofa dibangun pada 2011 silam oleh seorang muallaf. Bagi yang sedang berada di daerah Jakarta Utara, rumah ibadah dengan arsitektur unik nan megah ini bisa dijadikan salah satu destinasi wisata religi menarik.

4. Masjid Merah

Masjid Merah Panjunan Cirebon via instagram masjidinfo.id
Masjid Merah Panjunan Cirebon via instagram masjidinfo.id

Cirebon ternyata menyimpan pesona wisata religi menarik dengan adanya masjid bernuansa merah. Bangunan unik ini sering dikenal dengan nama Masjid Merah Panjunan atau Masjid Al Athya. Gaya arsitektur yang digunakan merupakan perpaduan antara Hindu dengan Cina.

Masjid Merah Panjunan
Masjid Merah Panjunan

Tidak heran jika masjid ini terlihat seperti sebuah candi atau kuil karena warnanya sangat mencolok. Bila kebetulan berkunjung ke daerah Cirebon, tak ada salahnya bila menyempatkan diri mampir dan beribadah di Masjid Merah.

Itulah tadi deretan masjid unik Indonesia yang bisa dikunjungi selama Ramadan. Sempatkan diri berkunjung atau beribadah di salah satunya selama bulan suci, dijamin puasa bakal terasa kian berwarna.

Tags
Bangka Cirebon Jakarta Wisata
Share