Deretan Masjid Unik di Malang, Ngabuburit Adem ala Milenial

Selain dikenal sebagai kota pendidikan, Malang juga punya beragam sudut keindahan yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa tempat bahkan memancarkan pesona elok bernuansa islami yang bisa jadi destinasi wisata religi. Ya, Teman Traveler bisa menemukannya di sejumlah masjid unik di Malang. Ada beberapa masjid unik di Malang Raya yang mengusung interior dan bangunan menarik, berbalut kisah sejarah unik.

Cocok nih buat Teman Traveler yang bingung cari lokasi ngabuburit adem. Ada di mana saja? Yuk, kita simak daftar masjid unik di Malang berikut ini Teman Traveler.

Masjid Salman Al-Farizi, Megah Bak Jemaan Taj Mahal

Bentuk bangunannya mirip Taj Mahal (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak perlu jauh-jauh ke India jika ingin melihat keindahan ala Taj Mahal. Teman Traveler cukup datang ke Masjid Al-Farizi di Jalan Karangampel Timur, Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Arsitektur tempat ibadah ini benar-benar mirip Taj Mahal, meski dalam versi lebih kecil.

Jika berangkat dari arah Malang, Teman Traveler cukup arahkan kendaraan ke Jalan Dieng atas, menuju Karangwidoro, Dau. Begitu sampai, kalian mungkin akan menyadari masjid ini belum sepenuhnya rampung. Namun tak perlu khawatir, keindahannya sudah cukup menarik kok.

Kubah dan menara Masjid Al-Farizi dihias dengan corak putih tulang, membuatnya semakin mirip Taj Mahal. Sangat menarik perhatian. Andai saja ada kolam air mancur di bagian depannya, tentu bakal makin sulit dibedakan dengan monumen aslinya yang ada di India.

Masjid Al-Hidayah Karangploso, Ornamennya Menakjubkan

Ornamen masjid yang mengagumkan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Siapa bilang Kabupaten Malang tak punya masjid dengan interior berkelas Internasional. Mampir saja ke Masjid Al-Hidayah di Jalan Karangan, Bonowarih, Karangploso. Posisinya ada di tepi jalan menuju Batu sehingga sangat mudah dijangkau.

Dibangun pada 2009, arsitektur masjid ini terinspirasi Hagia Sophia di Istanbul, Turki. Mulai dari bentuk kubah hingga lekukan bangunannya sungguh mirip dengan ‘kembarannya’ di Eropa. Masuk ke wisata Malang ini, Teman Traveler dipastikan bakal langsung berdecak kagum.

Suasana di Masjid Al-Hidayah terasa kian adem lantaran ukiran di langit-langitnya bertuliskan lafadz Al-Quran. Jika Teman Traveler sedang berada di Malang, tak ada salahnya beribadah dan mengagumi arsitektur masjid ini.

Masjid Agung Ja’Mi, Perpaduan Jawa dan Arab

Masjid Agung Ja’Mi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berada di pusat kota, tepatnya di sisi barat Alun-alun Malang, Masjid Agung Ja’Mi merupakan masjid indah dan penuh sejarah. Dibangun pada masa kolonial Belanda, bangunan ibadah ini mengusung arsitektur bernuansa Jawa dan Arab.

Mulai dibangun pada 1980, Masjid Agung Ja’Mi baru benar-benar rampung pada 13 September 1903. Nuansa Jawa nampak dari atap model tajug susun dua, dengan empat soko guru dan 20 tiang kayu jati. Sementara nuansa Arabnya bisa dilihat dari bentuk pintu, kubah, dan jendela yang cenderung melengkung.

Teman Traveler bisa mengagumi keindahan arsitektur Masjid Agung Ja’Mi sembari duduk-duduk di taman Alun-alun Malang. Paling pas dilakukan sore menjelang Maghrib. Saat masuk untuk beribadah, kalian akan melihat jelas pemandangan apik interior mewah kayu jati.

Masjid An Nuur Batu, Kubahnya Unik

Masjid An Nuur (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Siapa bilang Batu hanya punya tempat rekreasi? Tepat di sebelah utara alun-alun kota, ada Masjid Jami’ An Nuur yang menarik perhatian. Bangunannya terkesan modern, dihias dengan corak krem dan hijau. Terlihat adem, seolah merepresentasikan cuaca Batu yang cenderung dingin.

Sebagai tempat ibadah, Masjid Jami’ An Nuur miliki fasilitas cukup komplet. Mulai dari parkiran luas, tempat wudhu di bagian basement, charger HP gratis, dan penitipan barang. Oh ya, salah satu keunikan masjid ini adalah atapnya yang berbentuk agak lonjong dengan kelir hijau-putih. Mirip seperti bangunan dalam cerita dongeng.

Masjid Sabililah, Bekas Markas Laskar di Masa Penjajahan

Menara Masjid Sabililah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berada di Jalan Ahmad Yani no 15, Masjid Sabililah hampir pasti Teman Traveler lewati jika sedang jalan-jalan di Malang. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau.

Namun demikian, tak banyak yang tahu bahwa masjijd ini dulunya merupakan markas Laskar Sabililah pimpinan KH Makjur di masa peperangan melawan Inggris, pada 10 November 1945 silam. Tempat ini juga sempat digunakan untuk menyusun strategi di tengah Agresi Militer Belanda II.

Berkat nilai sejarah tersebut, beberapa unsur masjid ini mengandung simbol kemerdekaan. Pilar utamanya berjumlah sembilan, sesuai jumlah wali. Pilar kecilnya ada 17, mengikuti tanggal kemerdekaan Indonesia. Sementara tinggi lantai dan bangunan menara masjid masing-masing delapan dan 45 meter, mencerminkan bulan dan tahun negara kita bebas dari penjajahan.

Lebih lanjut, diameter masjid sengaja dibuat selebar 20 meter, menandakan sifat-sifat Allah SWT. Jika Teman Traveler berkunjung ke sini, kalian juga akan menemukan prasasti bertema perjuangan kemerdekaan di bagian teras.

Masjid Tiban yang Magis

Dinding Masjid Tiban yang unik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masjid Tiban termasuk salah satu yang ikonik di Malang Raya. Dinamakan demikian lantaran mulanya banyak orang menganggap masjid ini berdiri tiba-tiba, tanpa tahu siapa yang membangun. Namun bangunan ibadah yang berada di Jalan KH Wahid Hasyim, Gang Anggur no 10, RT7/RW6, Desan Sananrejo, Turen ini sebenarnya didirikan oleh KH Ahma Barru Mafdaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam.

Fakta tersebut sekaligus menepis rumor yang sebelumnya menyebutkan bahwa masjid ini dibangun oleh jin. Di sini ada lebih dari 300 santri menetap bersama keluarga. Hal tersebut membuat pembangunan masjid semakin pesat, ditambah bantuan dari para donatur.

Masjid Tiban memiliki corak luar biasa indah, didominasi warna biru yang adem. Ornamen di sekujur dindingnya begitu indah, hingga tak sedikit yang mengunjungi masjid ini untuk beribadah sekaligus mengabadikan momen.

Itulah beberapa masjid unik di Malang yang punya arsitektur maupun kisah sejarah menarik. Bisa banget Teman Traveler kunjungi di Ramadan kali ini. Bagaimana, manakah yang ingin kalian sambangi terlebih dulu?

Tags
Indonesia kontributor Malang masjid unik malang Travelingyuk wisata malang
Share