Wisata Religi Ramadan, 4 Masjid Megah di Indonesia

Advertisement

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, 87,2 persen, Indonesia memiliki berbagai macam destinasi wisata religi. Mulai dari ziarah makam sunan hingga masjid-masjid mengagumkan yang tersebar di penjurunya. Jika dulu hanya Masjid Istiqlal, Jakarta, yang menjadi masjid megah, saat ini banyak tempat ibadah umat muslim yang memiliki bangunan indah. Seperti masjid megah di Indonesia yang kan disebutkan pada poin berikut ini.

1. Masjid Baitul Muttaqin, Samarinda

Foto aerial Masjid Baitul Muttaqin via instagram
Foto aerial Masjid Baitul Muttaqin via instagram/@ganangaditama

Kalimantan Timur patut berbangga dengan keberadaan masjid ini. Karena Masjid Baitul Muttaqin mampi meraih peringkat kedua dalam kategori masjid termegah di Asia Tenggara. Bangunan utamanya saja memiliki luas 43,5 ribu meter persegi dan berada tepat di tepi Sungai Mahakam. Tempat ibadah ini memiliki 15 lantai dengan 7 menara dalam areanya.

2. Masjid Al-Irsyad, Padalarang

Masjid berbentuk kubus dengan desain modern via
Masjid berbentuk kubus dengan desain modern via dprakebonmanggis.blogspot.co.id

Masjid yang berada di Provinsi Jawa Barat ini cukup populer, karena pernah menjadi latar belakang kumandang adzan maghrib pada salah satu televisi nasional. Dengan bentuk segi empat dan luas mencapai 1817 meter persegi, Masjid Al-Irsyad memiliki desain bangunan yang modern. Tempat ibadah ini diresmikan pada 27 Agustus 2010 dan didesain oleh Ridwan Kamil, Walikota Bandung.

3. Masjid Agung Madani, Kabupaten Rokan Hulu

Foto aerial Masjid Agung Madani via instagram
Foto aerial Masjid Agung Madani via instagram/@velanesia

Masjid megah yang ada di Riau ini memiliki area yang cukup luas. Daya tampungnya mencapai 20 ribu jamaah dan memiliki lima menara. Masjid Agung Madani juga menjadi islamic center untuk Kabupaten Rokan Hulu. Karena itu tempat ini memiliki berbagai macam sarana dab prasarana yang memadai. Di dalamnya juga terdapat sebuah kolam kecil dan pohon kurma.

4. Masjid Tiban, Turen, Kabupaten Malang

Pengunjung sedang berfoto di depan Masjid Tiban yang megah via instagram
Pengunjung sedang berfoto di depan Masjid Tiban yang megah via instagram/@gabriellaagis

Terletak di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, tak membuat Masjid Tiban jauh dari kunjungan wisatawan. Dibalik bentuk bangunannya yang megah, tempat ibadah sekaligus pondok ini memiliki mitos unik. Konon bangunan ini dibangun oleh makhluk halus dan memakan waktu hanya semalam. Padahal masjid ini dibangun pada 1968 dan diresmikan pada 1978. Masjid megah ini berada di atas lahan seluas 10 hektare.

Saat ini masjid bukan hal yang kaku, beberapa di antaranya memiliki bentuk bangunan yang unik. Kemegahan ini juga membuat umat yang akan beribadah di dalamnya menjadi nyaman. Tapi kalau datang ke tempat ini jangan lupa sekalian beribadah ya?

Advertisement
Tags
Indonesia Ramadan Wisata wisata religi
Share