Deretan Masjid Ikonik Bandung, Begitu Indah dan Sarat Kisah

Advertisement

Bandung selama ini identik dengan kota berhawa dingin, dipadati ragam sajian kuliner dan panorama alam memanjakan. Namun tak banyak yang tahu bahwa Paris van Java juga punya sejumlah tempat ibadah menarik. Terdapat deretan masjid ikonik Bandung yang menyimpan beragam kisah apik dan arsitektur unik.

Ada Masjid Al Irsyad yang dirancang oleh Walikota Ridwan Kamil, hingga Masjid Trans Studio yang berdiri di tengah kompleks taman hiburan. Semuanya menyimpan pesona religi dan wisata tersendiri. Tanpa banyak kata, berikut Travelingyuk sajikan deretan masjid ikonik Bandung yang patut disimak.

1. Masjid Raya Bandung

Panorama Masjid Raya Bandung dari udara
Panorama Masjid Raya Bandung dari udara via Instagram azimuazidin

Seperti masjid raya di kota lainnya, Masjid Raya Bandung terletak di pusat kota. Tepatnya alun-alun dekat Jl Asia-Afrika. Sejarah mencatat masjid ini pernah jadi lokasi para pemimpin negara-negara Asia dan Afrika melaksanakan sholat kala Konferensi Asia Afrika digelar pada 1955.

Hamparan lapangan hijau bermotif unik di depan Mesjid Raya Bandung memberi tambahan nilai estitika tersendiri. Warga sekitar sering menjadikan tempat ini untuk bersantai menikmati udara segar. Para pelancong juga tak jarang memanfaatkannya sebagai spot foto-foto.

2. Masjid Salman ITB

Masjid Salman ITB
Masjid Salman ITB via Instagram dokterlily

Masjid Salman ITB mulai digunakan pada 1972 silam. Mulanya, pembangunan masjid di dalam kompleks universitas sempat ditentang, karena dikhawatirkan menimbulkan iri dari kelompok lain. Namun setelah mendapat dukungan dari sejumlah dosen, termasuk yang beragama Kristen dan berkewarganegaraan Belanda, masjid bisa berdiri dengan restu Presiden Ir. Soekarno.

Masjid ini juga pernah jadi saksi gerakan mahasiwa. Pada 1978 ITB sempat diduduki tentara karena menolak terpilihnya kembali Soeharto sebagai presiden. Area Masjid Salman juga termasuk salah satu yang dikuasai militer kala itu.

3. Masjid Trans Studio Bandung

Megahnya Masjid Trans Studio
Megahnya Masjid Trans Studio via Instagram faisalindra6

Dengan luas empat ribu meter persegi, Masjid Agung Trans Studio Bandung tampak berdiri megah di tengah hiruk pikuknya kawasan perbelanjaan dan taman bermain. Bangunan rumah ibadah ini memiliki dua lantai dan mengusung gaya Timur Tengah. Menurut arsiteknya, Agung Cahyadi, sengaja didesain sedemikian rupa agar memberikan atmosfer serupa Masjid Nabawi.

Masjid Agung Trans Studio
Masjid Agung Trans Studio via Instagram aeriallook.30

Hal tersebut terlihat jelas dengan adanya pilar-pilar berbahan marmer di dalam masjid. Selain itu pintu utama masjid juga mengingatkan pada nuansa kearab-araban. Masjid ikonik Bandung ini sudah mulai digunakan sejak Juli 2015 silam.

4. Masjid PUSDAI

Masjid Pusdai kala senja
Masjid Pusdai kala senja via Instagram _ukuy_

Masjid Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) juga termasuk salah satu masjid ikonik Bandung yang punya nuansa eksotis. Sepintas bangunannya mungkin terlihat sederhana, namun begitu masuk ke dalam akan terasa atmosfer Timur Tengah yang kental. Pohon palem menjulang tinggi di pelataran dan bagian interior masjid sungguh nampak elegan.

Masjid Pusdai
Masjid Pusdai via Instagram fan_fin

Diresmikan pada 2 Desember 1997, Masjid Pudai mengusung gaya arsitektur unik – menggabungkan desain atap limas dengan dinding lengkung khas Timur Tengah. Namun demikian, nuansa lokal tetap ditonjolkan. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya ukiran-ukiran dan lampu tempel khas Sunda.

5. Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad
Masjid Al Irsyad via Instagram masjidinfo

Masjid Al-Irsyad belakangan mulai jadi ikon anyar kota Bandung berkat desainnya yang futuristik. Berdiri dengan bentuk persegi dan tak memiliki kubah, bangunan berkesan modern ini dirancang Ridwan Kamil – pria yang kini menjabat sebagai walikota Bandung.

Keunikan lain Masjid Al Irsyad adalah lubang-lubang di bagian dindingnya. Selain berfungsi sebagai ventilasi, lubang-lubang tersebut juga membentuk dua kalimat syahadat. Tepat di depan mimbar, terdapat bagian tak tertutup yang mengarah langsung ke kawasan perbukitan hijau nan indah.

Bagian dalam Masjid Al Irsyad
Bagian dalam Masjid Al Irsyad via Instagram lukiiiiluk

Itulah tadi sekilas mengenai sejarah menarik dan keindahan sejumlah masjid ikonik Bandung yang patut dikunjungi. Bagi yang ingin merasakan wisata bernuansa religi, tak ada salahnya mengunjungi salah satu tempat yang sudah disebutkan di atas.

Advertisement
Tags
Bandung Wisata
Share