10 Tips Wisata Bareng Hewan Peliharaan, Pet Lovers Wajib Masuk

Advertisement

Berjalan-jalan bersama hewan kesayangan tentunya bakal membuat liburan kian menyenangkan. Namun kebanyakan orang memilih tak melakukannya karena dianggap terlalu merepotkan. Padahal jika tahu trik dan tips wisata bareng hewan peliharaan yang tepat, hal itu takkan jadi masalah.

Hal terpenting adalah melakukan semua persiapan dengan matang. Jika perlu, lakukan koordinasi dengan pihak travel maupun pengelola hotel tempat menginap. Daripada penasaran, berikut adalah daftar 10 tips wisata bareng hewan peliharaan yang patut disimak oleh para pet lovers.

1. Identifikasi

Ilustrasi anjing dengan kalung tanda pengenal
Ilustrasi anjing dengan kalung tanda pengenal via Pixabay

Untuk menjaga hewan peliharaan agar aman dan mudah dicari, berikan mereka identifikasi lengkap. Berikan kalung yang berisi informasi soal nama dan alamat pemilik. Ini adalah salah satu cara efektif untuk berjaga-jaga andai hewan peliharaan terpisah dari Anda di tengah perjalanan.

2. Mikrochip

Ilustrasi jejak kaki anjing
Ilustrasi jejak kaki anjing via Pixabay

Selain identifikasi konvensional dengan kalung, beberapa dokter hewan kini juga bisa melakukan pemasangan mikrochip untuk pelacakan yang lebih akurat. Informasi soal prosedur dan biaya pemasangan bisa Anda tanyakan pada Dinas Peternakan setempat.

3. Latihan

Ilustrasi kucing tidur di atas mobil
Ilustrasi kucing tidur di atas mobil via Ilustrasi kucing tidur di atas mobil

Biasakan anjing atau kucing Anda agar mereka merasa nyaman di dalam mobil. Upayakan agar mereka fokus dan bersedia menerima perintah dari pemiliknya. Jika memiliki lebih dari satu peliharaan, upayakan untuk melatih mereka secara terpisah.

4. Kandang

Ilustrasi kucing dalam kandang
Ilustrasi kucing dalam kandang via Pixabay

Meskipun sudah terlatih, membiarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas di mobil bukan ide yang bagus. Sama seperti manusia, mereka juga bisa mengalami kecelakaan. Opsi terbaik adalah memasukkan hewan kesayangan di kandang.

5. Carrier Khusus

Ilustrasi carrier untuk hewan peliharaan
Ilustrasi carrier untuk hewan peliharaan via Pixabay

Membawa kandang berukuran besar mungkin kurang praktis untuk perjalanan jauh. Namun Anda bisa coba menggunakan plastic carrier untuk memindahkan hewan peliharaan dengan aman dan sekaligus memastikan mereka tetap nyaman ketika berkendara.

6. Pastikan Situasi Aman

Ilustrasi anjing yang sedang tenang
Ilustrasi anjing yang sedang tenang via Pixabay

Anjing dan kucing adalah hewan yang cepat dan lincah. Mereka biasanya akan langsung bereaksi jika merasa kondisinya terancam. Oleh karena itu, perhatikan apakah mereka sudah benar-benar aman di dalam kandang sebelum mobil bergerak.

7. Obat Penenang

Ilustrasi kucing sedang tertidur
Ilustrasi kucing sedang tertidur via Pixabay

Tips ini mungkin terdengar aneh, namun memberikan obat penenang pada hewan peliharaan adalah cara yang bagus jika mereka harus melakukan perjalanan jauh. Pemberian obat penenang akan membuat anjing/kucing bebas dari trauma dan resiko kecelakaan.

8. Obat-obatan

Ilustrasi seekor kucing
Ilustrasi seekor kucing via Pixabay

Bawalah obat-obatan dan peralatan medis secukupnya. Hal ini penting agar Anda bisa memberikan pertolongan pertama pada hewan peliharaan, andai mereka mengalami sesuatu yang buruk di tengah perjalanan.

9. Bawa Makanan Ekstra

Ilustrasi anjing sedang makan
Ilustrasi anjing sedang makan via Pixabay

Jangan lupa membawa makanan untuk hewan peliharaan dalam jumlah ekstra. Hal ini sebagai antisipasi waktu perjalanan lebih lama dari perkiraan, misalnya karena penundaan jadwal penerbangan.

10. Konsentrasi

Ilustrasi anjing di dalam mobil
Ilustrasi anjing di dalam mobil via Pixabay

Membawa hewan peliharaan di dalam mobil biasanya akan menyulitkan pemiliknya berkonsentrasi, terutama jika mereka juga harus mengemudi. Oleh karena itu upayakan ada orang lain yang mengurus hewan kesayangan di dalam kendaraan, sehingga Anda bisa fokus pada kondisi jalanan.

Nah, itu tadi beberapa tips wisata bareng hewan peliharaan yang patut diperhatikan. Bagaimana, sudah merencanakan pergi ke suatu tempat bersama anjing maupun kucing kesayangan?

Advertisement
Tags
Share