Masjid Bersejarah di Bandung, Indah dan Khidmat untuk Ibadah

Bandung, tidak pernah habis menawarkan banyak cerita. Dari mulai tempat wisata bernuansa segala macam rupa hingga kulinernya. Seolah kota itu memang diciptakan Tuhan, benar-benar sambil tersenyum. Belum selesai dengan tempat wisata dan kulinernya yang mampu membuat siapa saja penasaran, Bandung juga memiliki tempat-tempat bersejarah, tidak terkecuali masjid-masjid yang ada di sana. Lalu, apa saja masjid bersejarah di Bandung yang indah dan menambah kenyamanan dalam beribadah?

1. Masjid Raya Bandung

Masjid Agung Bandung
Masjid Agung Bandung via instagram @cepyavey

Cikal-bakal Masjid Raya Bandung dibangun pada 1812. Semula, masjid kebanggaan masyarakat Bandung ini berbentuk sangat sederhana dan dikenali dengan nama Bale Nyungcung. Material bangunannya tidak jauh-jauh dari bambu dan kayu. Atapnya bahkan masih terbuat dari rumbia.

Untuk kebutuhan menyucikan diri, terdapat tempat wudhu berupa kolam besar. Selain dipakai untuk wudhu, air dari kolam besar di lingkungan masjid ternyata juga digunakan untuk membantu memadamkan api pada peristiwa kebakaran di Alun-alun Bandung pada 1825 lalu. Masjid ini mulai dibangun menggunakan batu bata dan atap diganti genting pada masa kepemimpinan Bupati R.A Wiranatakusumah IV pada 1850. Sekarang, masjid bersejarah di Bandung ini kokoh berdiri di Jl. Dalem Kaum No. 14 Balonggede, Regol Kota Bandung.

2. Masjid Cipaganti

Masjid Cipaganti
Masjid Cipaganti via Instagram @masjidinfo

Masjid Cipaganti dibangun pertama kali pada 1933. Pembangunan masjid ini dilatarbelakangi oleh perintah dari Gubernur Hindia-Belanda yang menginginkan agar pusat kota berpindah ke bagian utara Bandung. Pada masa itu, Bupati R. Tumenggung Hassan Sumadipradja, Patih Bandung, R. Wirijadinata dan Penghulu Bandung, H. Abdoel Kadir lah yang mengusulkan pembangunan masjid di Banana Street, sekarang Jalan Cipaganti.

Usulan itu kemudian ditindaklanjuti oleh arsitek Belanda, Charles Prosper Wolff Schoemaker yang bertindak sebagai perancang bangunan. Arsitek Belanda ini adalah juga yang merancang pembangunan Hotel Preanger dan Villa Isola. Jadilah pada masa itu, masjid ini menjadi yang pertama di lingkungan bangsawan elite Eropa dan pribumi di utara Bandung. Teman Traveler bisa sekaligus beribadah dan mengagumi keistimewaan arsitektur masjid bersejarah di Bandung ini dengan datang langsung ke Jl. Cipaganti No. 85, Pasteur, Sukajadi, Bandung.

3. Masjid Ujungberung

Masjid Ujungberung
Masjid Ujungberung via Instagram @annaba7

Masjid bersejarah di Bandung yang terletak di timur Kota Bandung ini berdiri sejak 1813. Pembangunan masjid dilakukan oleh masyarakat setempat. Dari sebuah langgar, kawasan Masjid Ujungberung kemudian berubah pesat hingga dipakai juga untuk beberapa kegiatan masyarakat. Berdirinya Masjid Ujungberung di Jl. Kaum Kulon No. 16 Cigending, Ujungberung Kota Bandung pada saat itu, sekaligus menjadi tonggak syi’ar agama Islam di kawasan Bandung timur.

Bagi Teman Traveler yang ingin berwisata religi, boleh juga berkunjung ke deretan masjid bersejarah di Bandung. Bagaimana, mau ajak siapa nih?

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat Masjid Bersejarah Wisata
Share