Rancangan Ridwan Kamil, Ini Masjid Bentuk Segitiga di Indonesia

Desain salah satu masjid buatan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat dipermasalahkan oleh sejumlah pihak. Masjid tersebut dituduh memiliki bentuk-bentuk simbol illuminati, kelompok persaudaraan rahasia kuno yang diyakini masih ada sampai sekarang meski belum ditemukan bukti nyata keberadaanya. Bangunan yang dimaksud adalah Masjid Al Safar di Bandung.

Tak hanya masjid Al Safar saja yang ternyata memiliki bentuk segitiga di Indonesia. Ada banyak juga yang berdesain serupa. Inilah masjid bentuk segitiga di Indonesia, bisa jadi tempat wisata sembari mempertebal ilmu agama.

Masjid Al Safar

Masjid Al Safar, via Instagram/monalisaafajar
Masjid Al Safar, via Instagram/monalisaafajar

Masjid Al Safar merupakan rancangan Ridwan Kamil yang berlokasi di Rest Area KM 88 B, jl. Tol Purbaleunyi arah Jakarta. Ini merupakan masjid yang diresmikan pada tanggal 19 Mei 2017.

Bagian luar masjid Al Safar, via Instagram/_tiaputrid27
Bagian luar masjid Al Safar, via Instagram/_tiaputrid27

Meskipun menjadi polemik tersendiri, masjid tersebut masuk menjadi nominasi masjid arsitektur terbaik Abdullatif Al Fozan Award 2019 bersama dengan 26 masjid lainnya di dunia. Penghargaan ini untuk mengapresiasi kemajuan Islam dari berbagai bidang, termasuk arsitektur.

Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jakarta, via Instagram/rsp_boy
Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta, via Instagram/rsp_boy

Kemudian ada juga Masjid KH Hasyim Asy’ari yang berlokasi di Jl. Desa Semanan No. 188, Kalideres, Jakarta Barat. Ini dibangun mulai tanggal 26 September 2014 dan selesai pada 15 April 2017. Bentuknya juga segitiga di bagian depan dan di dalamnya. Arsitekturnya unik dan cantik. Bangunannya megah dan didominasi oleh warna putih dan juga merah bata.

Masjid Al-Hurriyah, Bogor

Bagian dalam Masjid Al-Hurriyah, via Instagram/pettyfeilnanti
Bagian dalam Masjid Al-Hurriyah, via Instagram/pettyfeilnanti

Kemudian di Bogor, Jawa Barat ada masjid yang namanya Al-Hurriyah yang malah bemain-main dengan segitiga. Bangunannya banyak didominasi bangun segita. Ternyata, bukan tanpa alasan tempat ini didominasi oleh segitiga, konon memang menyelerasakan masjid engan bangugnan-bangunan lain di wilayah Darmaga, Kabupaten Bogor.

Bentuk segitiga banyak terlihat di dinding, fasad bangunan, sampai dengan tiang-tiang di bagian interior. Kerap jadi wisata di Bogor juga, menawarkan areal panahan yang cukup strategis.

Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam, via Instagram/pesonaid_travel
Masjid Agung Batam, via Instagram/pesonaid_travel

Satu lagi ada di Batam, namanya adalah Masjid Agung Raya Batam. Mihrab masjid ini ditandai dengan bentuk segitiga yang meruncing sebagai penghias bagian atasnya. Ruang di dalamnya tidak terlalu luas. Tidak hanya itu saja, menara Masjid Agung Batam ini juga memiliki bentuk segitiga. Tingginya mencapai 66 meter. Masjid ini memiliki luas 75.000 meter dan tercatata sbegai terbesar ketiga yang ada di Kota Batam.

Itulah masjid bentuk segitiga yang bisa kamu kunjungi. Satu hal yang pelu untuk diingat ya Teman Traveler, selalu pergunakan busana yang sopan jika jalan-jalan ke masjid.

Tags
Indonesia masjid Al Safar masjid bentuk segitiga Wisata
Share