Indah Banget! Masjid Al Hidayah Malang Mirip Hagia Sophia di Turki

Pernah melihat keindahan deretan masjid di Istanbul, Turki? Jika belum, Teman Traveler bisa mengunjungi Masjid Al-Hidayah di Malang. Keindahan arsitekturnya membuat bangunan di Jalan Raya, Karangan Donowarih, Karanglo, ini sempat viral karena disebut mirip Masjid Hagia Sophia di Turki.

Masjid Agung Al-Hidayah tengah direnovasi (c) Travelingyuk

Kemegahan dan keindahan Masjid Agung Al-Hidayah sempat menarik perhatian umat muslim Malang dan sekitarnya. Seperti apa keindahan dan keunikannya? Penasaran, simak pengalaman saya berkunjung ke sana.

Ornamen Kaligrafi Indah

Ornamen kaligrafi indah (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Begitu memasuki ruangan utama masjid, Teman Traveler bakal dibuat kagum dengan indahnya ornamen cantik di langit-langit masjid. Dikemas dalam bentuk kaligrafi timbul dan dicat warna-warni. Kehadiran deretan marmer indah juga membuat jamaah makin nyaman saat beribadah.

Ornamen dibagian sisi masjid (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Masjid yang arsitekturnya konon mirip masjid di Turki ini didesain oleh arsitektur sekaligus seniman bernama Muntalib dari Pujon. Ia memang mengadopsi gaya bangunan ibadah ala Timur Tengah, yang sudah lama dikenal memiliki nilai seni tinggi. 

              Deretan ornamen masjid (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Anas Firdaus, salah satu takmir Masjid Al-Hidayah, mengatakan bahwa tempat ini kerap dikunjungi banyak jamaah dari luar kota. Tak hanya membawa kendaraan pribadi, sebagian besar bahkan datang berombongan menggunakan bus-bus berukuran besar.

Warisan Ulama Kulonan

Bersama Anas Firdausi, salah satu takmir masjid (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Masjid Agung Al-Hidayah didirikan seorang ulama dari daerah kulonan alias barat. Sosok bernama Almarhum Romo KH. Ismail bin Arif Mangkunegoro tersebut juga sekaligus merupakan pencetus yayasan MA Al-Hidayah. Para jamaah maupun pengunjung bisa menemukan makam Sang Ulama di dalam komplek masjid.

Makam pendiri masjid (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Dalam perjalanan sejarahnya, masjid ini dulunya hanya berupa surau kecil. Memasuki era Perang Kemerdekaan, tepatnya sekitar 1945, surau pernah dijadikan benteng.

Namun setelah empat kali pemugaran dan pembangunan di 2008, masjid kini tampak gagah. Jumlah jamaah semakin bertambah. Hal tersebut direspon pengelola dengan menghadirkan sejumlah fasilitas untuk menambah kenyamanan beribadah.

Dikenal Juga Sebagai Masjid Barokah

Ornamen kaligrafi di langit-langit masjid (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Masjid Agung Al Hidayah juga kerap dikenal sebagai Masjid Barokah. Setiap hari tempat ini kerap dipadati siswa-siswi sekolah sekitar, yang ingin melaksanakan sholat duha. Sesekali ada juga yang memilih menggelar akad nikah atau pre-wedding di sini.

Demi keamanan para jamaah, Masid Agung Al Hidayah dilengkapi CCTV di 24 titik berbeda. Tersedia pula area parkir yang lumayan luas, cukup untuk kendaraan besar seperti bus.

Tiap memasuki Ramadan, Masjid Agung Al Hidayah seolah menjadi pusat kegiatan dari masjid dan mushola di sekitar lingkungan Karangan. Biasanya sering diadakan pembagian takjil, sholat tarawih, maupun kajian keagamaan.

Bagaimana Teman Traveler, penasaran ingin membuktikan indahnya Hagia Sophia ala Turki saat keliling wisata Malang? Kalian cukup meluncur ke Jalan Raya Karangan Donowarih, Karangploso.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share