Masya Allah, di Aceh ada Tempat Ibadah yang Mirip Masjid Nabawi

Salah satu tempat ibadah yang ingin dituju oleh banyak jamaah muslim adalah Masjid Nabawi, Arab Saudi. Sayangnya, untuk terbang ke sana tidaklah mudah, apalagi belum memiliki banyak tabungan. Tidak perlu khawatir, Serambi Mekkah ternyata juga memiliki rumah ibadah yang mirip dengan Masjid Nabawi. Penasarankan?

1. Masjid Nabawi dan Kembarannya di Pulau Jawa

Masjid Nabawi
Masjid Nabawi [image source]
Selain sebagai lokasi makam Rasul, Masjid Nabawi juga terkenal karena memiliki payung cantik yang tersebar di setiap sudut bangunan. Bangunan ini didirikan agar pelataran masjid lebih sejuk karena terik sinar matahari tertutupi. Berkiblat dari rumah ibadah di tanah suci tersebut, beberapa masjid di Jawa juga ikut membangun payung tersebut. Salah satunya Masjid Muammar Qaddafy atau Az Zikra, Jawa Barat yang akhirnya mendapatkan julukan sebagai kembarannya Masjid Nabawi.

Masjid Az Zikra
Masjid Az Zikra [image source]

2. Masjid Aceh yang Tetap Kokoh Meski Diterjang Tsunami

Kolam di Depan Masjid Raya Baiturrahman
Kolam di Depan Masjid Raya Baiturrahman [image source]
Masih ingat dengan tsunami yang meluluhlantahkan daratan Aceh pada tahun 2004 lalu? Ya, bencana besar tersebut ternyata tidak meruntuhkan Masjid Raya Baiturrahman yang terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh. Hingga saat ini, bangunan tersebut masih kokoh berdiri dan makin megah dengan kolam renang cantik di depannya. Mengikuti Masjid Muamar Qaddafy, Masjid Raya Baiturrahman juga dilengkapi dengan payung teduh ala Nabawi yang baru saja diresmikan pada bulan Februari 2017 kemarin. Wah, lucu ya!

Megahnya Masjid Raya Baiturrahman
Megahnya Masjid Raya Baiturrahman [image source]

3. Objek Wisata Sekaligus Tempat Beribadah Paling Nyaman di Aceh

Masjid di Banda Aceh
Masjid di Banda Aceh [image source]
Payung cantik yang telah terpasang di depan Masjid Raya Baiturrahman tersebut berjumlah 12 unit dengan rincian enam di utara dan sisanya di sebelah selatan masjid. Sementara halamannya yang dulu berupa rerumputan, kini telah diganti dengan marmer. Selain untuk berteduh dari sinar matahari, tempat ini juga banyak digunakan oleh pengunjung sebagai spot foto. Nah, fasilitas tidak hanya lengkap, kini beribadah di sini juga makin nyaman.

Teras Masjid Raya
Teras Masjid Raya [image source]

4. Ngabuburit di Sekitar Masjid Kembaran Nabawi

Masjid Raya Baiturrahman Sore Hari
Masjid Raya Baiturrahman Sore Hari [image source]
Masjid Raya Baiturrahman cukup strategis untuk berkunjung ke beberapa objek wisata di Banda Aceh. Sebut saja Museum Tsunami Aceh yang hanya berjarak 750 meter dari masjid atau sekitar bisa ditempuh selama 10 menit dengan berjalan kaki. Di objek wisata ini, kamu bisa ngabuburit dengan menjelajahi beberapa spot seperti Lorong Tsunami, Ruang Kenangan, Sumur Doa hingga Jembatan Harapan. Semuanya lengkap dan pastinya banyak hal positif yang kamu dapatkan dari sini.

Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami Aceh [image source]

5. Berkunjung ke Pasar Takjil Ala Aceh

Teras Masjid
Teras Masjid [image source]
Nah, setelah ngabuburit di Museum Tsunami, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari menu berbuka puasa. Pasalnya, di sekitar objek wisata ini terdapat Pasar Takjil yang selalu ramai saat Ramadan. Tempatnya di kawasan Blang Padang yang berada di seberang museum. Di pasar ini tersedia beragam minuman segar seperti air tebu hingga es kelapa muda. Sementara harganya juga terjangkau dari Rp3.000,- hingga Rp5.000 per gelas.

Ilustrasi Es Tebu
Ilustrasi Es Tebu [image source]
Nama : Masjid Raya Baiturrahman
Alamat : Masjid Raya, Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Perjalanan ke Masjid Nabawi, Arab Saudi tidak hanya lama tapi juga membutuhkan uang yang cukup banyak. Karena itu pula, lebih baik untuk berkunjung ke masjid kembarannya saja di Aceh. Dijamin, suasana di sini serasa berada di tanah suci.

Tags
Aceh Banda Aceh Indonesia masjid
Share