Masakan Khas Nusantara Berbahan Nanas, Rasanya Segar Anti Panas

Nanas merupakan contoh buah dari negara tropis yang memiliki citarasa asam yang segar. Kandungan baiknya juga sangat beragam, ada vitamin C, vitamin A, beta karoten, bromelain dan lain-lain. Selain enak disantap langsung jadi camilan, nanas juga sangat nikmat saat dipadukan dengan aneka masakan. Di Indonesia ada beberapa masakan yang memasukkan nanas sebagai bahan baku di dalamnya. Berikut masakan khas Nusantara berbahan nanas untuk bisa dicoba.

Pacri Nanas, Pontianak

Pacri nanas, Via Instagram yayuk_wulan
Pacri nanas, Via Instagram yayuk_wulan

Pacri nanas memiliki rasa asam segar dan aroma yang sangat harum. Bisa dibilang, pacri nanas ini merupakan gulai versi para vegetarian. Untuk membuat masakan ini, memanfaatkan kelapa sangrai dan aneka rempah lainnya. Contoh rempah yang digunakan antara lain bumbu kari, kayu manis, cengkih, dan lain-lain. Karena penggunaan kelapa inilah, pecri nenas memiliki perpaduan rasa gurih, manis, dan asam dalam jangka waktu bersamaan.

Pindang Patin, Lampung

Pindang patin, Via Instagram astriepasaribu
Pindang patin, Via Instagram astriepasaribu

Jika pindang khas Palembang menggunakan belimbing wuluh, pindang patin khas Lampung menggunakan nanas sebagai bumbunya. Karena penambahan nanas inilah, ikan patin jadi memiliki rasa yang sangat menyegarkan. Ada versi yang tidak menggunakan buah nanas juga ada. Rasa yang dihadirkan dari kuliner satu ini cenderung, pedas, gurih dan juga segar dari nanas.

Ayam Masak Nanas, Pekanbaru

Ayam masak nanas, Via Instagram stephanielukman
Ayam masak nanas, Via Instagram stephanielukman

Ayam masak nanas merupakan kuliner yang berasal dari Pekanbaru, Riau. Kuliner khas Pekanbaru satu ini menggunakan daging buah nanas sebagai bumbu. Untuk membuat citarasanya makin nikmat, buah nanas yang digunakan di sini adalah yang agak matang. Selain itu, perpaduan antara serai dan daun jeruk purut juga membuatnya makin lezat. Aroma rempah-rempahnya sangat kuat dan sangat menggoda.

Tenggiri Lempah Kuning, Bangka

Tenggiri lempah kuning, Via Instagram yulis_setiya_dewi
Tenggiri lempah kuning, Via Instagram yulis_setiya_dewi

Di Bangka Belitung memang menghasilkan tangkapan laut yang cukup banyak. Karena hal itulah, tidak mengherankan jika banyak kuliner yang berbahan dasar ikan. Salah satunya yakni lempah kuning yang memiliki kuah dengan rasa pedas, asam dan segar. Ini merupakan perpaduan antaran ikan yang masih sangat segar dengan potongan nanas.

Pindang Tulang Iga, Palembang

Pindang Tulang Iga, Via Instagram resepkokiid
Pindang Tulang Iga, Via Instagram resepkokiid

Sup pindang tulang iga merupakan kuliner yang memanfaatkan buah nanas sebagai bumbunya. Sebenarnya tidak harus buah nanas, buah mangga juga bisa untuk bumbu. Memang kebanyakan rasa dasar masakan yang berbahan dasar buah nanas adalah gurih dan juga pedas. Ditambah nanas citaranya makin segar. Bisa dicoba saat sedang jalan-jalan ke Palembang.

Asinan Nanas, Bogor

Asinan nanas, Via Instagram mayasefry
Asinan nanas, Via Instagram mayasefry

Dari Bogor juga ada asinan nanas yang bisa banget untuk dicicipi. Penambahan cabai membuat rasa asinan ini jadi lebih meriah. Ada rasa segar dari nanas, pedas dari cabai dan perpaduan bumbu-bumbu yang lainnya. Sangat nikmat dikonsumsi kala cuaca sedang panas-panasnya. Kuliner Bogor yang sangat menggiurkan.

Memang jarang ya masakan yang menjadikan buah sebagai bahan bumbunya. Buat kamu yang belum pernah mencoba kuliner semacam ini, yuk cicipi saat berkunjung ke daerah asalnya. Siapa tahu aja kamu makin jatuh cinta dengan buah-buahan.

Tags
kuliner Indonesia masakan khas Nusantara berbahan nanas
Share