Martabak Manis dari Berbagai Negara, Dijamin Pengen Coba

Advertisement

Mencari jajanan di Indonesia itu seperti mengisi jiwa dengan kebahagiaan, ada banyak yang enak dan menggugah selera. Salah satu yang jadi favorit berbagai kalangan adalah martabak manis atau kue terang bulan. Ternyata, kuliner semacam itu juga ada di berbagai negara lho. Tentu saja dengan tampilan dan rasa yang khas. Seperti apa ya? Yuk lihat foto dan ulasannnya di bawah ini.

Singapura menyebutnya sebagai Chiang Kueh, nampak seperti martabak manis. Apalagi setelah ditaburi berbagai toping dan dilipat membentuk setengah lingkaran. Kemudian dipotong-potong dalam ukuran yang lebih kecil.

Chiang Kueh [image source]

Yang membedakan martabak manis ala Malaysia bernama apam balik ini dengan kuliner serupa lainnya adalah tambahan krim jagung, jadi tambah gurih deh.

Apam Balik [image source]

India hidangan versi mereka sendiri. Kamu bisa menyebutnya dengan Uttapam, kuliner yang bagian bawahnya mirip bika ambon dan bagian atasnya diolesi dengan saus pedas. Sensasinya tentu beda dengan martabak manis di Indonesia.

Uttapam [image source]

Yang suka Doraemon, pasti tahu kue kesukaan robot kucing itu. Ternyata teksturnya mirip dengan martabak manis, hanya berbeda bentuk, namanya kue dorayaki.

Kue Dorayaki [image source]

Jika punya kesempatan mendatangi Thailand, coba buktikan seberapa mirip kuliner sana yang disebut kanom kork dengan terang bulan mininya Indonesia. Terbuat dari tepung beras, rasanya begitu lembut dan lezat.

kanom kork [image source]

Kita bergeser jauh ke Djibouti. Di negara ini ada kuliner yang mirip dengan martabak manis yaitu Lahoh. Diamaternya lebar dengan ukuran tipis. Jajanan ini juga bisa ditemukan di Yaman.

Lahoh [image source]

Negara asal Lee Min Ho yaitu Korea Selatan punya kue enak namanya hotteok. Memang dari bentuknya tidak mirip martabak manis, tapi soal rasa siapa yang tahu. Saat ini malah hadir dengan berbagai isian seperti cokelat hingga kacang.

hotteok [image source]

Di Filipina,  Bibingka yang nampak menyamai martabak manis ini dibuat dengan cara dan bahan sederhana yaitu tepung beras dan air. Biasanya disantap saat perayaan natal.

Bibingka [image source]

Beda lagi dengan camilan martabak manis ala Yordania. Berbentuk pastel dengan rasa manis yang biasa dipadukan dengan sirup madu. Kuliner ini banyak muncul saat bulan Ramadhan tiba.

Qatayef [image source]
Di Indonesia sendiri, camilan ini terkenal khas Bangka namun lumrah ditemukan di berbagai daerah. Jika kamu sedang ada di ibukota, bisa mencoba martabak dan terang bulan Jakarta. Kelezatannya tidak kalah dengan sajian dari berbagai negara di atas.

Advertisement
Tags
kuliner mancanegara
Share