Mangku Kodek, Air terjun di Tengah Ngarai Megah

Advertisement

Lombok Timur dikenal dengan sederet pantai eksotis. Seperti Tanjung Bloam dan Tanjung Ringgit. Namun, potensi wisata alam masih banyak dan beragam. Tak hanya pantai, pada Kabupaten yang masih memiliki alat transportasi cikar ini juga terdapat air terjun dengan panorama memesona. Mangku Kodek adalah salah satunya.

Diapit oleh Ngarai

Kolam-kolam seperti jacuzi
Kolam-kolam seperti jacuzi [image source]
Air Terjun Mangku Kodek diapit oleh dinding batu yang indah. Di tengahnya, sungai mengalir jernih dengan jeram tenang yang turun deras dari atas tebing. Warnanya biru toska dan menyatu cantik dengan sedimen pasir pada tepi batuan. Sehingga tak jarang pengunjung datang untuk berfoto. Terdapat sebuah spot di atas tebing untuk melihat pemandangan Air Terjun Mangku Kodek secara luas.

jatuhan air yang tak terlalu tinggi
jatuhan air yang tak terlalu tinggi [image source]

Berada di Bawah Kaki Gunung Rinjani

Sangat aman untuk berenang
Sangat aman untuk berenang [image source]
Karena berada dalam aliran air dari Gunung Rinjani, Air Terjun Mangku Kodek memiliki unsur belerang yang pekat. Jadi kamu dapat merasakan suhu air yang lebih hangat ketimbang tempat lainnya. Kandungan belerang juga memiliki manfaat positif untuk tubuh, terutama kesehatan kulit. Kesejukan cuaca di sekitar juga dapat dirasakan Sembalun, kecamatan di mana air terjun ini berada. Berlokasi di kaki Gunung Rinjani, membuat tempat-tempat di wilayah ini memiliki hawa yang sejuk.

Mirip dengan grand canyon
Mirip dengan grand canyon [image source]

Terletak di Kecamatan Sembalun

Air yang berwarna biru tosca
Air yang berwarna biru tosca [image source]
Tempat ini merupakan satu dari tiga air terjun yang berada di Jalan Raya Sembalun, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun. Kodek, dalam bahasa suku sasak, memiliki arti monyet. Mangku Kodek tersembunyi diantara tebing-tebing tinggi. Kamu harus menyusuri sungai terlebih dahulu sebelum dapat menyaksikan pemandangan ini. Air terjunnya tak tinggi, hanya 3 meter dari permukaan. Namun keunikan, keberadaan dan warna airnya dapat membuatmu terpesona.

pemandangan dari atas tebing
pemandangan dari atas tebing [image source]

Menyusuri Sungai dan Tebing

Diapit oleh ngarai
Diapit oleh ngarai [image source]
Selain menyusuri sungai, kamu juga harus berbasah-basah menyebrang terlebih dahulu untuk sampai ke tujuan. Tapi tenang, jaraknya tak jauh, hanya sekitar 100 meter. Kamu juga dapat berenang dengan leluasa di kolam tempat jatuhan air terjun. Karena kedalamannya pun hanya setinggi pinggang orang dewasa.

Air yang mengandung belerang
Air yang mengandung belerang [image source]
Keindahan air terjun dan sungai yang diapit oleh ngarai di kanan dan kirinya menyuguhkan keindahan tersendiri pada tempat ini. Jika datang ke Lombok Timur jangan lupa singgah ya.

Advertisement
Tags
Air terjun Mangku Kodek Lombok Timur Nusa Tenggata Barat
Share