Wisata Alam di Mandailing Natal Tidak Kalah dengan Medan Loh!

Advertisement

Kabupaten Mandailing Natal atau lebih dikenal dengan nama Madina memang tidak sepopuler kota lain di Sumatera Utara. Pun demikian, pesona tempat ini tak kalah dengan Medan yang merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Berbagai objek wisata Mandailing  Natal mulai dari alam hingga budaya lengkap tersedia di sana. Bahkan, ada destinasi untuk merasakan asiknya berendam di air hangat ala Jepang. Wah, penasaran ada apa saja di sana kan? Berikut ulasannya!

1. Pantai Natal

Pantai Natal
Pantai Natal [image source]
Jika bukan danau, kabupaten di Sumatera Utara banyak yang memiliki pantai eksotis. Begitu pula dengan Mandailing Natal. Sapuan angin laut yang sepoi-sepoi serta udara menyejukan di Pantai Natal pasti bakal membuatmu terlena. Belum lagi dengan keindahan bawah lautnya yang menawan. Tidak jauh dari sana, deretan kedai makanan menjual aneka kuliner khas pesisir. Nah, jika perutmu sedang keroncongan, boleh nih mampir ke Warung Aa-Butet cukup dengan jalan kaki dari pantai. Sayang, untuk sampai di sana bukanlah hal yang mudah, karena jalanannya rusak dan berlubang.

Pantai Natal Madina
Pantai Natal Madina [image source]
Alamat : Ps. V Natal, Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara

2. Air Panas Sibanggor

Aek Milas Sibanggor
Aek Milas Sibanggor [image source]
Terletak di kaki Gunung Sorik Merapi, tempat ini terdiri dari tiga desa yang menawarkan pemandian air panas. Bukan sembarangan, air panas alami ini mengandung belerang dan dapat mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Jika sudah puas berendam air hangat, jangan lupa untuk menengok perkampungan di sana. Ternyata daerah yang masih memegang tradisi turun-temurunnya ini merupakan desa tertua di Sumatera Utara. Tidak heran jika rumahnya masih tradisional dan tidak termakan oleh zaman.

Rumah Tradisional di Sibanggor
Rumah Tradisional di Sibanggor [image source]
Alamat : Kecamatan Sibanggor, Kabupaten Mandailing Natal

3. Gunung Sorik Marapi

Gunung Sorik Marapi Madina
Gunung Sorik Marapi Madina [image source]
Selain digunakan untuk berendam dan mengenal desa tradisional, Sibanggor juga menjadi jalan menuju puncak Sorik Merapi. Selain pepohonan yang hijau dan menyejukan, di puncaknya juga terdapat pemandangan eksotis yang mirip dengan dengan Gunung Rinjani. Ya, ada sebuah danau yang selalu menarik perhatian pendaki. Nah, kamu yang hobi mendaki, bisa nih liburan ke gunung dengan ketinggian 2.145 mdpl ini bersama dengan sahabat-sahabatmu. Jangan lupa untuk menyewa guide/ranger agar tidak tersesat di jalan ya!

Gunung Sorik Marapi
Gunung Sorik Marapi [image source]

4. Pemandian Air Panas Huta Raja

Aek Milas Huta Raja
Aek Milas Huta Raja [image source]
Pemandian air panas lain yang saat ini tengah hits di Mandailing Natal adalah Aek Milas Huta Raja. Objek wisata satu ini terletak di Penyabungan Selatan dan cukup dekat dengan Aek Milas Sibanggor. Selain airnya yang hangat dan jernih, di sana banyak spot foto yang instagram-able. Tidak heran jika banyak anak muda yang berlibur ke sana. Nah, kamu yang berniat untuk foto sekaligus berendam di pemandian ini bisa datang sekitar pukul 8 hingga 4 sore. Pasalnya, sebelum tenggelamnya matahari, destinasi ini sudah tutup.

Air Panas Huta Raja
Air Panas Huta Raja [image source]
Alamat: Huta Raja, Panyabungan Sel., Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara 22994
Jam buka: 08.00–18.00

5. Danau Marambe

Danau Marambe
Danau Marambe [image source]
Sumatera Utara memang memiliki banyak danau. Selain Toba dan Siais, ada satu lagi yang menjadi andalan kota Mandailing Natal. Bernama Danau Marambe di desa Sirambas, Kecamatan Panyabungan Barat. Perairan yang luasnya mencapai 20 hektar ini sangat indah dan asri. Di sekelilingnya banyak perbukitan hijau yang enak dipandang. Nah, kurang puas jika liburan ke sana hanya untuk mampir ke danau saja. Lebih baik bermalam saja di hotel-hotel tengah kota seperti Mariring Hotel yang bisa tempuh selama 20 menit dari objek wisata. Soal harga sewanya beragam mulai dari Rp150.000,00, tergantung jenis kamarnya. Murah bukan?

Danau Marambe, Madina
Danau Marambe, Madina [image source]
Alamat : Desa Sirambas, Kecamatan Panyabungan Barat, Mandailing Natal

Wah, objek wisata Mandailing Natal beragam ya? Apalagi banyak tempat yang masih asri dan terjaga. Sumatera Utara juga masih punya tempat wisata Nias hingga Tapanuli, semuanya keren-keren berhari-hari di sana tidak akan membuatmu bosan.

Advertisement
Tags
Alam Explore Mandailing Natal wisata mandailing natal wisata sumatera utara
Share