Tapanuli Tengah, Surganya Pantai dengan Sejuta Pesona

Tapanuli Tengah berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sudah pasti pantai adalah wisata andalannya. Hampir semua memiliki pesona, dari pasir putih hingga terumbu karang di kedalaman. Lihatlah bagaimana surga versi kabupaten yang dipimpin oleh Drs. Bukit Tambunan ini. Langsung saja berikut ulasan dan foto-fotonya.

1. Pulau Mursala

Pulau Mursala [image source]
Pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki tempat lain di Tapanuli Tengah. Yaitu air terjun yang mengaliri tebing kemudian langsung jatuh ke laut. Memang fenomena tersebut bukanlah hal baru, di Malang, Jawa Timur juga ada. Namun kepunyaan Pulau Mursala nampak cantik serasi dengan birunya air laut. Satu-satunya transportasi yang bisa membawamu ke sini adalah perahu. Kamu bisa berangkat dari dari Pantai Bosur / Pantai Kalangan. Biayanya bisa mencapai sekitar 3 juta rupiah untuk menyewa satu perahu dengan kapasitas 20 penumpang. Beramai-ramai menikmati Pulau Mursala pasti asyik nih.

Pulau Mursala [image source]
Lokasi : Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah

2. Pulau Putri Sibolga

Pulau Putri [image source]
Sebelum mendatangi Pulau Putri dengan spot snorkelingnya itu, kamu bisa mengisi perut dulu di daratan utama Tapanuli Tengah. Ada banyak pilihan, salah satu yang paling nikmat adalah Rumah Makan Tapian Nauli dengan menu Panggang Pacak seharga Rp12.000,00 saja. Kalau sudah kenyang, berangkat liburan ke Pulau Putri Jadi aman. Sama seperti sebelumnya, kamu harus naik perahu dari Tapian Nauli atau Kota Sibolga.

Pulau Putri [image source]
Lokasi : Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah

3. Pantai Pandan

PIA Hotel di Pantai Pandan [image source]
Pantai Pandan sudah seperti Kuta di Tapanuli Tengah, sebuah kawasan pinggir pantai yang digadang-gadang akan menjadi wisata bahari super eksotis. Selain mantai, kulineran harus menjadi kegiatan yang tidak boleh terlewatkan.  Berbagai macam seafood tersedia dengan harga terjangkau. Bahkan jika iangin mengunjungi Air Terjun Sibohuk cukup berkendara selama 19 menit.  Pulangnya bisa langsung istirahat di beberapa akomodasi keren seperti PIA Hotel Pandan, buka jendela langsung pantai.

Pantai Pandan [image source]
Lokasi :  Pandan, Tapanuli Tengah

4. Pantai Bosur

Pantai Bosur [image source]
Tapanuli Tengah adalah daerah pesisir yang dilalui jalur lintas Sumatera, mirip panturanya Jawa. Kamu yang melakukan perjalanan dari Padang ke Medan atau sebaliknya, bisa mampir ke Pantai Bosur untuk istirahat. Birunya lautan dan semilir angin akan membawa keseruan tersendiri, apalagi dibarengi dengan kulineran enak khas Tapanuli. Lanjut ke Pantai Pandan juga berdekatan, tepatnya hanya berjarak 1,5 km.

Pantai Bosur [image source]
Lokasi : Kalangan, Pandan, Tapanuli Tengah

5. Pantai Kahona

Pantai Kahona [image source]
Daripada birunya lautan, deretan pohon di tepi Pantai Kahona lebih menyita perhatian. Dijamin kamu akan suka berteduh di bawahnya sambil menikmati semilir amgin pantai. Fasilitasnya cukup lengkap meski sederhana dan kebanyakan terbuat dari kayu. Ada tempat makan, istirahat, hingga mushola. Jika kamu melewati jalur Sibolga-Aceh bisa menjadikan Pantai Kahona sebagai tujuan liburan saat lelah mulai terasa karena perjalanan jauh.

Pantai Kahona [image source]
Lokasi : Desa Lobu Tua, Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah

Tapanuli Tengah sah memiliki sejuta pesona, keindahannya akan semakin mengagumkan jika fasilitasnya terus ditambah dan dikembangkan. Jika suasana dan akses jalan jadi nyaman, wisatawan akan lebih senang. Jangan puas dulu, di lain waktu cobalah menikmati objek wisata Tapanuli Selatan, cantiknya tidak kalah.

Tags
Alam tapanuli wisata pantai wisata sumatera utara wisata tapanuli tengah
Share