Malang Flower Carnival, Tampilkan Flora Indonesia Melalui Desain Kostum

Ada banyak tempat wisata Malang gratis dengan daya tarik yang mampu memikat wisatawan. Destinasi wisata yang beragam juga menjadi salah satu alasan kenapa Kota Bunga ini menarik untuk dikunjungi. Namun di samping itu, kuliner dan berbagai festival yang diselenggarakan juga menjadi daya tarik tersendiri. Seperti gelaran Malang Flower Carnival yang diselenggarakan hari ini, Minggu (16/9), di Ijen Boulevard, Kota Malang. Sebanyak 220 peserta mengenakan kostum bunga dengan desain yang menarik menghiasi sepanjang Ijen Boulevard.

Merepresentasikan Ragam Flora Indonesia

Peserta kategori umum yang sedang melenggang di area catwalk (c) Travelingyuk.com/Hangga Prayudi
Festival yang menampilkan berbagai kostum bertema flora tepat sekali diadakan di Malang, yang notabene memiliki sebutan Kota Bunga. Pada gelaran ke-8 ini, Malang Flower Carnival tetap memamerkan ragam flora Indonesia. Mengingat konsep utama tahun ini adalah Wonderful Indonesian Flower. Dekorasi bunga pun juga diharuskan terdapat dalam kostum peserta. “Kami tetap mengangkat tema yang sama dengan menampilkan beberapa flora Indonesia. Setidaknya harus peserta memiliki 30 persen dekorasi bunga pada kostumnya,” ujar Agus Sunandar, Chairman Malang Flower Carnival kepada Travelingyuk.com. Sedangkan lomba kostum ini sendiri terbagi dalam dua kategori, umum dan anak-anak.

Menggunakan Bahan yang Ramah Lingkungan

Megahnya desain kostum yang dikenakan oleh peserta (c) Travelingyuk.com/Hangga Prayudi
Tak hanya sedap dipandang, desain kostum pun diwajibkan menggunakan bahan daur ulang dan bahan limbah yang reuseable. Selain dapat menjadikan harga produksi lebih murah, bahan tersebut juga ramah lingkungan.

Agus juga menjelaskan bahwa peserta biasanya berinsiatif untuk menggunakan sisa bahan dari spon yang digunakan untuk produksi sepatu. Meskipun menggunakan sisa produksi industri, peserta tak perlu takut untuk terpapar akan masalah kesehatan. Karena bahan tersebut dipastikan higienis untuk tubuh.

Termasuk Dalam 100 Calendar Event Indonesia

Kostum peserta yang berbentuk burung garuda (c) Travelingyuk.com/Hangga Prayudi

Tak hanya sekedar event tahunan yang diselenggarakan di Kota Bunga, Malang Flower Carnival juga termasuk dalam salah satu dari 100 calendar of event di Indonesia paling spektakuler versi Kementrian Pariwisata. “Di antara ribuan festival yang ada di Indonesia, MFC telah termasuk dalam calendar of event semenjak tahun 2017Sedangkan tahun ini kita telah berada dalam 100 peringkat puncak kalender event Indonesia,” Agus menambahkan.

Diwarnai dengan Lomba Menghias Bunga

Salah satu peserta dengan kostum yang berwarna-warni (c) Travelingyuk.com/Hangga Prayudi

Festival bunga yang digelar sepanjang 800 meter di area Ijen Boulevard, Kota Malang, tak hanya berisi pawai kostum dengan desain yang meriah. Namun tak jauh dari stage, Teman Traveler juga dapat menemukan beberapa tenda yang berisi bunga yang didekorasi sedemikian rupa. Hal tersebut dikarenakan gelaran MFC juga mengadakan lomba menghias bunga.

Malang Raya memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang dapat ditemukan. Selain itu, gelaran festival rutin seperti MFC tentunya juga dapat turut mendongkrak pariwisata di Malang Raya sendiri. Salah satu dari Teman Traveler ada yang hadir ke MFC siang tadi?

Tags
festival Jawa Timur Malang Malang Flower Carnival
Share