5 Makanan Terpedas di Dunia, Awas Lidah Terbakar!


Makanan berlabel pedas memang banyak sekali dijumpai, mulai dari level sedang sampai mematikan. Memang selain memacu adrenalin untuk mencobanya, juga rasa yang ditimbulkan seperti sensasi lidah terbakar malah bikin ketagihan. Teman Traveler ada yang berani mencoba 5 Makanan Terpedas di Dunia. Yuk simak seperti apa dan di dimana ya?

1. Sambal, Indonesia

Sambal Indonesia via Shutterstock

Orang Indonesia rata-rata sangat menggemari makanan yang pedas, setiap makanan sering ada sambal sebagai pelengkap. Sambal Indonesia juga memiliki beragam jenisnya, ada sambal terasi, tomat, korek, dabu-dabu, dan lainnya. 

Jenis cabai yang digunakan rata-rata yaitu cabai rawit, tingkat kepedasannya antara 50.000-100.000 Scoville units. Artinya masih pedas saja, tetapi cabai rawit pernah masuk Guiness Book of World Records ini pernah menjadi cabai terpedas di dunia sebelum tergeser oleh cabai lain yang lebih pedas.

Teman Traveler bisa menemukan berbagai macam sambal dan olahannya di e-commerce atau datang ke Depot Bu Rudy Kupang Indah di Jl. Raya Kupang Indah no.5 Dukuh Kupang Surabaya, buka setiap hari mulai 07.00-21.00 WIB. Harga per botol sambal Rp24.000

2.Vindaloo, India

Vindaloo India via Shutterstock

Vindaloo adalah makanan kari dari India, biasanya dibuat dengan berbagai campuran rempah terdiri dari kunyit, kapulaga, kayu manis, ketumbar, cengkeh, paprika, cabai cayenne dan jintan putih. Kemudian ditambah minyak zaitun, jahe, bawang putih, dan bawang bombay.

Lalu dimasak dengan daging kambing, ayam atau babi, rasanya pedas dan asam menjadi ciri khas kari vindaloo ini, karena ada perasan air jeruk nipis, cuka atau asam. Sangat cocok dimakan dengan nasi.

Tingkat kepedasannya masih terbilang sedang antara 30.000-50.000 Scoville units, tergantung jenis cabai yang digunakan juga. Teman Traveler bisa menemukan pasta vindaloo di e-commerce, harga sekitar Rp175.000.

3. Som Tum Salad, Thailand

Som Tum Salad via Shutterstock

Som Tum Salad Memang tidak selalu dimasak menjadi pedas tetapi terkadang salad khas Thailand ini menggunakan cabai bird’s eye level kepedasannya antara 100.000-225.000 Scoville units, yaitu cukup pedas. 

Biasanya dibuat dengan pepaya mentah, rempah-rempah dan cabai. Jika penasaran Teman Traveler bisa memesannya di restoran thailand Chandara di Plaza Indonesia, Lantai 1, Jl. MH Thamrin, Jakarta.

4. Inferno Soup, Florida

Ilustrasi Inferno soup via Instagram vspc

Inferno soup adalah menu di restoran Nitally’s Thaimex, dari semua bahan yang paling bikin ngeri adalah 12 macam cabai yang menjadi bumbu kuahnya. Termasuk cabai bhut jolokia atau ghost peppers, carolina reapers, Naga vipers, thai chiles, dan scotch bonnets, wah ini jelas level kepedasannya paling pedas!

Teman Traveler yang suka tantangan boleh datang ke sini untuk mengikuti challenge yang sering diadakan. Memakan inferno sup yang total sebanyak 4 pounds dengan waktu 30 menit. Peserta wajib berada di meja masing-masing dan tidak boleh membawa minuman dari luar. Berani mencoba?

Datang saja ke Nitally’s Thaimex di 6800 Gulfport Blvd S Suite #111 , South Pasadena, Florida. Tenang disini juga menyediakan berbagai macam sup yang normal, harga mulai dari $11 atau Rp154.000, restoran buka Hari Selasa-Sabtu pukul 10.00-14.00 waktu setempat.

5. Chicken Wings, California

Chicken wings via Shutterstock

Hot Sauce and Panco membuat menu paha ayam yang diungkep dengan dua cabai terpedas di dunia yaitu, ghost pepper dan cabai carolina reapers. Tingkat kepedasannya sangat pedas antara 1.400.000-2.200.000 Scoville units. 

Teman Traveler saat ke California coba datang ke Hot Sauce and Panco untuk mencoba menu terpedasnya di 1468 Hyde St. San Francisco, CA 94109 Amerika Serikat. Harga berbagai menunya, mulai dari $7,49 atau Rp105.000. Restoran buka setiap hari Rabu-Minggu pukul 11.30-19.00 waktu setempat.

Itulah 5 makanan terpedas di dunia, jangan lupa untuk mencobanya saat ke negara-negara tersebut. Tetap ingat kemampuan masing-masing dalam memakan makanan super pedas ini ya Teman Traveler, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Tags
Indonesia kuliner Luar negeri Makanan Terpedas Sambal khas Indonesia
Share