Dibilang Miskin, Ini 4 Makanan Termahal dari Indonesia yang Harganya Bikin Menjerit

Baru-baru ini ada berita viral dari bos taksi Malaysia yang mengatakan kalau penduduk Indonesia dibilang miskin karena suka membeli barang murah. Padahal, banyak orang yang belum tahu kalau Indonesia termasuk sebagai produsen yang bisa menjual makanan dengan harga fantastis. Bikin melongo, berikut 4 makanan termahal dari Indonesia di luar negeri yang wajib kamu tahu.

1. Kopi Luwak

Kopi Luwak via Instagram/@treobaw_fotografie

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi Indonesia yang paling terkenal adalah Kopi Luwak. Binatang luwak mengkonsumsi biji-biji kopi terbaik dan kemudian kotorannya diolah menjadi kopi.

Nantinya, biji kopi dari kotoran luwak inilah yang menghasilkan cita rasa yang pas. Melalui berbagai proses yang panjang, tak heran kalau harga secangkir kopi Luwak di luar negeri bisa dijual dengan harga 1,1 juta rupiah per cangkirnya.

2. Sup Sarang Burung Walet

Sup sarang burung walet via Instagram/@owndishes

Sarang burung walet merupakan kuliner yang biasa dikonsumsi orang Indonesia. Namun kuliner ini bisa menjadi mahal karena tingginya konsumen di Tiongkok. Hal ini karena hampir seluruh bagian sarangnya terbuat dari air liur burung walet.

Selain itu, sarang burung walet memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti kalsium, mineral, zat besi, dan asam amino. Nantinya zat-zat ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan kanker, meningkatkan daya ingat, dan dapat membantu proses regenerasi sel-sel tubuh. Dengan banyaknya manfaat, tak heran kalau semangkuk sup sarang burung walet seharga 1,4 juta rupiah per mangkuk. 

3. Ayam Cemani yang dikenal mahal

Ayam Cemani via Instagram/@lovettmariaking

Ayam Cemani diternakkan di Indonesia dan memiliki warna hitam di seluruh tubuh, hingga organ dalamnya. Terkesan menyeramkan, biasanya ayam ini diolah untuk dijadikan sesajen bagi sebagian masyarakat Jawa. Jika ayam ini diolah banyak yang mengatakan kalau rasanya gurih. Bahkan untuk membeli satu ekor, bisa mencapai harga 2 juta rupiah. 

4. Kuliner Lele

Jangeo Gui via Instagram/@_koreaners

Siapa orang Indonesia yang tak suka dengan lele? Makanan satu ini selalu menjadi andalan saat makan di warung lalapan. Namun, tahukah Teman Traveler kalau lele di Korea Selatan bisa menjadi sangat mahal? Salah satu kuliner lele yang disukai orang Korea Selatan adalah Jangeo Gui.

Jangeo Gui adalah lele atau belut yang dipanggang dengan menggunakan bumbu spesial. Daging lele ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih kenyal daripada lele yang ada di Indonesia. Maka tak heran kalau per kilonya dihargai seharga 2 juta rupiah.

Itu dia beberapa makanan termahal dari Indonesia yang dinikmati di luar negeri. Sebagai orang Indonesia, tentunya kamu patut bersyukur pernah merasakan makanan di atas dengan harga murah. Mana nih yang sudah pernah Teman Traveler coba?

Tags
Indonesia kuliner kuliner Indonesia makanan Indonesia Malaysia
Share