Kopi Indonesia Go International, Kamu Sendiri Udah Cobain?

Teman Traveler tahu, kan, kalau Indonesia punya beragam jenis kopi yang tumbuh dari Pulau Sumatra sampai Papua? Kopi Indonesia ternyata tidak hanya populer di kandang sendiri, ada beberapa yang sudah go international. Tentunya masing-masing mempunyai keistimewaan yang dapat membuatnya disukai di dunia luas. Selengkapnya, simak ulasan berikut.

Kopi Luwak, Punya Indonesia Go International

Kopi Indonesia Go International
Kopi Luwak via Shutterstock

Kopi Luwak sebenarnya bukanlah tipe kopi, melainkan metode pemrosesan khusus. Disebut demikian karena ia berasal dari kotoran luwak alias musang. Jadi hewan liar tersebut memakan biji kopi yang sudah matang, namun tidak tercerna oleh tubuh dan dikeluarkan utuh.

Kopi Indonesia ini termasuk yang sudah go international dan tergolong punya harga cukup mahal di luar negeri. Setidaknya ada dua daerah penghasil kopi luwak yaitu Banaran Bali dan Telemung Banyuwangi.

Kopi Aceh Gayo, Milik Indonesia Go International

Kopi Aceh Gayo via Instagram @simetricoffeeroasters
Kopi Aceh Gayo via Instagram @simetricoffeeroasters

Kopi Aceh Gayo menjadi salah satu kopi arabika Indonesia yang sudah go international berkat kualitasnya yang baik. Salah satunya karena ditanam di ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl. Tidak hanya itu, terdapat beberapa festival kopi di kawasan Gayo yang membuatnya semakin terkenal sampai mancanegara.

Bisa dikatakan hampir semua kedai kopi di Indonesia menyajikan biji kopi dengan karakteristik rasa rempah-rempah. Daerah penghasil biji kopi ini di antaranya Takengon, Redelong, dan Banda Aceh.

Kopi Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Kopi Toraja via Instagram @anomalicoffee
Kopi Toraja via Instagram @anomalicoffee

Perjalanan kopi Tana Toraja sampai menjadi go international ternyata sudah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda. Kemudian dilanjutkan oleh Jepang saat menduduki Indonesia. Barulah pemerintah Indonesia mulai memperhatikan produk kopi Tana Toraja. Dahulu jenis biji kopi ini dikenal sebagai Kalosi Celebes Coffee.

Tana Toraja sendiri merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Teman Traveler tidak perlu jauh-jauh ke sana, buat mencicip kenikmatan rasa earthy pada kopi Tana Toraja. Sudah cukup banyak kedai kopi Indonesia yang menyajikannya.

Kopi Bali Kintamani, Bali

Kopi Bali Kintamani via Instagram @tanameracoffee
Kopi Bali Kintamani via Instagram @tanameracoffee

Pulau Dewata tidak hanya menjadi jujugan wisata, kopinya juga populer sampai mancanegara. Jenis kopi yang populer adalah Bali Kintamani. Ia tumbuh di kawasan Kintamani, pada ketinggian 1.300 sampai 1.700 mdpl. Kopi Bali Kintamani tumbuh di antara pohon jeruk keprok dan jeruk manis. Sehingga tidak heran, apabila terdapat hint rasa sitrus pada kopinya.

Kopi Lemar, Malang

Kopi Lemar via Instagram @amstirdamcoffee
Kopi Lemar via Instagram @amstirdamcoffee

Kopi LeMar alias Lembah Arjuna merupakan kopi arabika asal Malang yang kualitasnya patut diakui secara internasional. Sebab ia telah mendapat nilai Q-grade, yang artinya sudah termasuk kopi specialty dengan keistimewaan berstandar internasional. Untuk saat ini, Teman Traveler hanya dapat membeli kopi ini di Amstirdam Coffee and Roastery, Kota Malang.

Itulah beberapa kopi Indonesia yang go international. Teman Traveler sudah pernah icip yang mana? Ada kopi jenis apa di daerah Teman Traveler?

Tags
Indonesia Kopi Indonesia Kopi Indonesia go international kuliner
Share