5 Makanan Khas Turki, Rekomendasi Istimewa untuk Menu Berbuka Puasa

Turki tidak hanya memesona dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Kamu pun bakalan ketagihan setelah mencoba kuliner khasnya yang menggugah selera. Sebut saja kebab yang kini menjadi camilan favorit banyak orang di tanah air. Tak hanya itu, masih banyak makanan khas Turki yang bisa dijadikan rekomendasi untuk berbuka puasa. Seperti di bawah ini.

1. Baklava

Baklava Turki
Baklava Turki via insatagram/@birsevdadirgaziantep

Sudah tahu makanan manis ini? Baklava merupakan pastri berlapis yang berisi kacang. Makanan khas Turki yang terkenal hingga Yunani ini dimasak dengan cara dipanggang. Tak disajikan kering, Baklava biasa disantap dengan siraman madu atau sirup yang meresap hingga bagian dalam. Saat bulan puasa datang, camilan ini biasa digunakan sebagai menu pertama karena rasanya yang manis.

Baklava
Baklava via instagram/@cemozbilge

2. Revani

Revani
Revani via instagram/@foodaneh

Kudapan manis untuk membatalkan puasa memang sempurna. Apalagi jika camilan tersebut adalah Revani. Camilan ini terbuat dari campuran semolina, sirup, dan air bunga jeruk yang dipangggang. Selain itu, ada taburan kacang pistachio cincang di atasnya. Seperti baklava, revani juga bisa menjadi hidangan pertama untuk berbuka puasa. Makin mantap apalagi disajikan bersama segelas teh hangat.

Revani Turki
Revani, Makanan khas Turki via instagram/@melikeberker

3. Borek

Borek Turki
Borek Turki via instagram/@green_elma

Makanan khas Turki berikutnya yang bisa dijadikan menu berbuka adalah Borek. Kue ini memiliki rasa asin dengan beragam isian yang menggiurkan. Ada daging giling, bayam, hingga keju. Selain digulung, cara memasak Borek juga bisa dilapis. Biasanya, menu ini sering dijadikan sebagai camilan. Namun, tidak sedikit yang menggunakan hidangan ini sebagai menu sarapan atau makan malam.

Borek
Borek via instagram/@cakes_by_sana

4. Kazandibi

Kazandibi Turki
Kazandibi Turki via instagram/@tadimnotlari

Melihat fotonya saja, sudah bikin ngiler. Nama menu ini adalah Kazandibi yang jenisnya ada dua yaitu reguler atau muhallebi dan chicken breast. Sekilas, jajanan ini mirip dengan pudding. Namun, bagian bawahnya terdapat taburan gula bubuk. Gula inilah yang menciptakan tekstur karamel yang membuatnya makin manis dan memiliki warna cantik.

Kazandibi
Kazandibi via instagram/@tugkan35

5. Sekerpare

Sekerpare Turki
Sekerpare Turki via instagram/@umransuleymanoglu4998

Untuk mengganjal perut sebelum menyantap lebih berat, Sekarpare sepertinya sangat cocok. Hidangan ini berupa pastri lembut yang cara memasaknya dengan dipanggang. Bentuknya ada yang bulat dan ada juga yang oval. Sementara di atasnya diberi tambahan penghias seperti kacang. Biasanya, sajian ini paling pas dicelip pada sirup kental. Rasanya tentunya lezat.

Sekerpare
Sekerpare via instagram/@osmancakir3335

Nah, sudah tahukan makanan khas Turki yang bisa jadi menu untuk berbuka puasa. Beberapa di antaranya juga sudah ada di Indonesia. Bagaimana, mana nih yang bikin menelan ludah?

Tags
Indonesia Kuliner khas Turki Kuliner Ramadan Turki
Share