Makanan Khas Thailand, Bahan Bakar Saat Jalan-jalan

Advertisement

Thailand yang terkenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih menjadi destinasi wisata favorit bagi turis dari seluruh dunia. Berwisata ke Bangkok pun bisa dibilang mudah dan murah. Menjelajah kota Bangkok, tak lengkap rasanya jika tidak memanjakan lidah dengan makanan khas Thailand yang menggugah selera.

Lupakan sejenak ketakutan akan ketidakcocokan rasa makanan disana. Tantang diri kalian untuk menikmati rasa khas Thailand. Berwisata tak lengkap rasanya tanpa menjajal makanan khas daerah tersebut. Berikut adalah makanan khas Thailand yang tak boleh kalian lewatkan jika berkunjung ke Negeri Gajah Putih tersebut.

1. Pad Thai

Pad Thai, (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Pad Thai (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Makanan yang mirip seperti kwetiau ini memiliki paduan rasa manis dan asam. Penyajiannya pun biasanya dilengkapi dengan potongan tahu, udang, berbagai macam sayuran. Makanan ini bisa dikategorikan sebagai level makanan yang bisa diterima hampir semua lidah. Harga Pad Thai di pedagang kaki lima berkisar THB 50  – THB 150, sedangkan harga di pusat perbelanjaan atau restauran mulai kisaran THB 100 – THB 250.

2. Tod Man Pla

Tod Man Pla (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Tod Man Pla (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Makanan yang lebih pas disebut sebagai cemilan ini juga bisa untuk dicoba. Beberapa orang mengenalnya dengan sebutan fish cake. Meskipun berbeda dengan fish cake yang biasa ada di makanan Korea. Rasanya cenderung gurih. Disajikan dengan sambal khas Bangkok, semakin menambah rasa nikmat Tod Man Pla. Harga Tod Man Pla berkisar antara THB 80 – THB 200

3. Som Tum

Som Tum, Via Instagram/nickyjurd
Som Tum, Via Instagram/nickyjurd

Lebih dikenal dengan sebutan spicy green papaya salad. Sesuai dengan namanya, makanan ini cenderung pedas, terbuat dari bahan utama yaitu pepaya yang masih hijau dan biasanya dikombinasikan dengan beberapa hidangan seafood seperti udang maupun kepiting. Harganya pun tidak terlalu mahal, masih dikisaran THB 100 – THB 250.

4. Tom Yum

Tom Yum, Via Instagram/mekongharvest
Tom Yum, Via Instagram/mekongharvest

Siapa yang tidak kenal dengan Tom Yum? Ibarat Nasi goreng yang mendunia, Tom Yum pun menjadi salah satu makanan Thailand yang terkenal di dunia. Rasanya yang cenderung asam membuatnya menjadi sup yang cocok untuk dimakan ketika hujan. Dengan kombinasi udang yang menjadi pelengkapnya, Tom Yum tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi.

5. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice, Via Instagram/mantousiast
Mango Sticky Rice, Via Instagram/mantousiast

Hidangan penutup ala Thailand ini tentunya tidak boleh terlewatkan untuk dicoba. Ketan yang sangat empuk dipadu padankan dengan mangga dan santan yang kental membuat rasanya bercampur menjadi satu di mulut. Makanan penutup ini bisa ditemukan di hampir setiap sudut kota yang ada di Thailand. Salah satu yang menjual dengan harga THB 100 dengan rasa yang sangat enak adalah di Mae Varee yang ada di dekat BTS Thong Lo.

6. Street food dan cemilan serangga

Serangga Goreng, Via Instagram yeyensiahaan
Serangga Goreng, Via Instagram/yeyensiahaan

Jika ingin lebih menantang diri sendiri, cobalah untuk menikmati cemilan ekstream seperti serangga panggang atau goreng. Segala macam serangga seperti kecoak, walang, kalajengking, ulat atau apapun itu bisa dengan mudah ditemukan dipinggir jalan.

Meskipun banyak makanan khas yang menggoda lidah, tapi harus tetap memilih makanan yang higienis dan menjaga kesehatan kalian selama traveling ya. Semoga perjalananmu menyenangkan.

Advertisement
Tags
makanan khas thailand Thailand
Share