Dari Camilan Serangga hingga Embrio, Kuliner Ekstrem ini Bikin Geli

Isti

Isti

On Kuliner
Kuliner di Thailand Kuliner di Thailand

Kuliner kaki lima di Thailand memang menggoda. Bahkan, banyak camilan khas Negeri Gajah Putih yang makin populer di Indonesia. Sebut saja Mango Sticky Rice yang merupakan jajanan enak berisi ketan dan potongan buah mangga. Pun demikian, tidak sedikit makanan ekstrem di sana yang bikin geli. Seperti beberapa camilan di bawah ini.

1. Serangga Goreng

Kalajengking Goreng di Thailand
Kalajengking Goreng di Thailand [image source]
Jika kaki lima Indonesia dibanjiri gorengan tahu dan weci, lain halnya dengan Thailand. Street food di negara ini menggunakan serangga sebagai menu gorengan. Bukan saja belalang, ada juga kalajengking, ulat, hingga kecoa. Lalu bagaimana dengan rasa? Sebagian besar bagian sayap serangga goreng ini terasa asin. Sedangkan badannya lebih terasa seperti plastik karena susah untuk dikunyah. Berniat mencobanya?

Kalajengking Goreng
Kalajengking Goreng [image source]

2. Snack Serangga

Hiso Snack Ulat Sutra
Hiso Snack Ulat Sutra [image source]
Tak hanya disantap di tempat, kamu bisa membawa pulang kuliner ekstrem Thailand, lho. Salah satu jajanan yang bikin bulu kuduk berdiri ini adalah snack yang berisi serangga. Serangganya pun beragam, mulai jangkrik hingga ulat sutra. Sementara rasanya didominasi asin serta gurih seperti camilan lainnya. Namun ada juga jenis snack serangga yang rasanya hambar dan aneh di lidah.

Hiso Snack
Hiso Snack [image source]

3. Olahan Buaya

Olahan dari buaya
Olahan dari buaya [image source]
Tak hanya serangga, kuliner ekstrem di Thailand juga ada yang berbahan buaya. Bukan hanya disajikan berbentuk sup, ada juga sate daging buaya. Bentuknya tentu saja aneh, tapi makanan ini cukup laris. Pun demikian, lidah orang Indonesia pasti bakalan geli. Apalagi ketika melihat kepala buaya yang terpajang di sana. Tertarik mencobanya?

Sate Buaya
Sate Buaya [image source]

4. Balut atau Embrio Bebek

Balut di Ban Phon Sa, Nong Khai, Thailand
Balut di Ban Phon Sa, Nong Khai, Thailand [image source]
Balut atau embrio bebek merupakan kuliner Filipina yang juga banyak ditemukan di Thailand. Kuliner ini berupa telur bebek atau ayam fermentasi. Dari luar tak jauh beda dengan telur biasanya, namun tidak dengan bagian dalamnya. Balut ini berisi air sisa fermentasi, kuning telur, sebagian putih telur di dasar cangkang, serta embrio ayam atau bebek yang setengah berkembang. Kuliner ini memang bikin geli, namun masyarakat sekitar menganggapnya memiliki protein tinggi dan berkhasiat baik untuk tubuh.

Ilustrasi Balut
Ilustrasi Balut [image source]
Itulah beberapa kuliner ekstrem di Thailand yang bikin geli dalam sekali lihat. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Atau lebih memilih Mango Sticky Rice?