Lezatnya Cita Rasa Unik Makanan Khas Melayu Dari Tanah Riau

Advertisement

Indonesia memang terkenal dengan wisata kulinernya. Berbagai makanan khas akan hadir disetiap daerah hingga sudut terpencil di nusantara. Terlebih di tanah Melayu, berbagai makanan khas dengan cita rasa yang unik sangat sayang bila dilewatkan. Mulai dari kudapan hingga makanan berat tanpa ragu membuatmu semakin terasa lapar. Nah, di Riau sendiri memiliki berbagai makanan khas yang terlahir dari tangan adat Melayu. Apa saja sih, yuk simak dibawah ini!

Mie Sagu

Mie sagu adalah makan khas melayu yang paling mudah didapatkan. Diberbagai daerah Riau, makanan ini biasanya sangat mudah didapatkan dipinggir jalan, atau warung-warung didaerah keramaian. Makanan ini lahir dari kawasan daerah Selat Panjang dan Pulau Tebing yang biasa dinikmati oleh banyak masyarakat Riau sejak nenek moyang berada hingga saat ini.

Mie Sagu khas Melayu daerah Riau
Mie Sagu khas Melayu daerah Riau. Foto via indozone.com

Sesuai dengan namanya, sagu ini didapat dari batang pohon sagu yang dijadikan tepung dan dihidangkan bersama dengan berbagai olahan ikan laut. Karena olahan sagu bertekstur keyal maka banyak diantaranya dibuat semacam mie. Sajian mie sagu biasanya terdapat dua macam cara yang pertama direbus dan yang kedua digoreng.

Cincalok

Cincalok makanan berbahan dasar udang yang di fermentasi khas Riau
Cincalok makanan berbahan dasar udang yang di fermentasi khas Riau. Foto via adobestock.com

Cencalok selain di tanah Riau kamu juga dapat menikmati ketika di Kalimantan Barat. Makanan ini adalah salah satu makanan yang berbahan dasar udang dengan ukuran yang kecil kemudian memlalui proses fermentasi sebelum dikonsumsi. Didaerah Melayu dan semenajung Malaka makanan ini sangat familiar dan paling banyak diminati oleh bangsa Melayu. Makanan ini cocok sekali disantap dengan nasi hangat ditambah dengan sambal.

Roti Jala

Roti jala makanan khas Riau yang sangat unik
Roti jala makanan khas Riau yang sangat unik. Foto via resepmakanindonesia.com

Ada satu makanan khas Melayu dari tanah Riau ini terlihat unik yaitu Roti Jala. Bentuknya memang unik dengan terktur kenyal dan lembut namun berlubang-lubang dan digulung cantik. Makanan yang berbahan dasar gandum ini disuguhkan dengan kuah kari Melayu bersamaan dengan daging atau ayam. Nah untuk sausnya kamu dapat memilih berbagai saus sesuai selera.

Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk dengan rasa yang berpadu antara manis dan gurih santan yang sangat lezat
Es Laksamana Mengamuk dengan rasa yang berpadu antara manis dan gurih santan yang sangat lezat

Tidak hanya makanan, Riau juga menyuguhkan minuman khas bikin semua traveler ngiler. Namanya sangat unik yaitu Es Laksamana Mengamuk, meski namnya menyeramkan namun kelezatannya sangat menyegarkan. Es ini terbuat dari campuran daging mangga yang dicampur dengan air santan dan diberi cairan gula merah. Kamu dapat memberinya toping berupa strawberry ataupun anggung. Sangat cocok dihidangkan ketika bulan puasa.

Kue Asidah

Kue asidah merupakan kue khas Riau yang dibuat sangat unik hingga membentuk berbagai macam bentuk bunga dan buah
Kue asidah merupakan kue khas Riau yang dibuat sangat unik hingga membentuk berbagai macam bentuk bunga dan buah. Foto via grid.id

Kue unik dari tanah Riau ini terbuat dari berbagai rempah pilihan khas nusantara seperti cengkeh, kayu manis, hingga daun pandan. Kue yang dibuat dengan cara dikukus ini dihidangkan dengan bentuk-bentuk unik seperti bunga hingga buah-buahan. Uniknya lagi, toping yang ditabur diatas kue terbuat dari bawang goreng, sehingga aroma manis dan gurih tercipta dalam satu hidangan.

Advertisement
Tags
kuliner khas Riau Kuliner Nusantara Wisata Kuliner
Share