Selain Ayam Gagape, Ini Makanan Enak Khas Makassar Saat Lebaran

Ketupat dan opor ayam merupakan salah satu menu yang sering dijadikan hidangan utama ketika lebaran datang. Namun, sedikit berbeda dengan Makassar. Di kota ini, kamu akan menemukan ayam gagape yang sebenarnya tidak jauh beda dengan opor ayam. Rasanya gurih sedap, yang pas disantap dengan nasi hangat. Tak hanya itu, masih ada makanan khas Makassar yang siap memanjakan lidah ketika mudik ke sini. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Nasu Likku

Nasu Liku
Nasu Liku via instagram/@captaincoffeenco

Makanan khas Makassar pertama yang bisa kamu coba adalah Nasu Likku. Sajian ini menjadi menu utama ketika lebaran datang di Makassar. Nasi Likku sebenarnya ayam yang dimasak dengan lengkuas. Aromanya begitu menggiurkan. Sementara rasanya gurih dengan tekstur ayam yang lembut. Biasanya menu ini disajikan bersama dengan nasi atau lontong.

Nasu Liku Khas Makassar
Nasu Liku Khas Makassar via instagram/@hs_mini

2. Burasa

Burasa dan Sup Konro
Burasa dan Sup Konro via instagram/@rieneramlan

Tak hanya dikenal di Makassar, makanan ini juga termasuk khas masyarakat di Bugis. Selain Burasa, kuliner yang mirip dengan lontong bersantan ini juga dikenal dengan nama lapat. Bentuknya menyerupai lontong yang sedikit pipih. Biasanya, burasa disantap dengan coto Makassar atau sup konro. Kamu tidak hanya dapat menemukannya saat lebaran tiba, tapi juga acara-acara khusus di Makassar seperti pernikahan.

Burasa
Burasa via instagram/@de_magsculinary

3. Nasu Itik Palekko

Bebek Palekko
Bebek Palekko via instagram/@palekkonaindo

Tak hanya menu dengan bahan utama ayam, bebek pun juga menjadi santapan khusus ketika lebaran datang. Salah satu hidangan yang paling populer adalah nasu itik palekko atau bebek palekko. Menu makanan ini dimasak sempurna dengan bumbu rempah spesial, termasuk tambahan air asam. Jangan kaget, menu ini pedas banget. Sangat cocok untuk kamu yang suka banget dengan makanan pedas.

Nasu Itik Palekko
Nasu Itik Palekko via instagram/@rusnimadaalimattiro

4. Barongko

Barongko Makassar
Barongko Makassar via instagram/@hamsyukur

Tidak hanya menu berat, jajanan yang biasasanya jadi kudapan saat lebaran Makassar juga beragam. Salah satunya barongko yang merupakan makanan khas Bugis-Makassar dari bahan pisang. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu mencampur pisang dengan berbagai bahan lain seperti telur, santan, gula pasir, dan juga garam. Adonan ini selanjutnya dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus.

Barongko
Barongko via instagram/@wiwied_bachtiar

Itulah empat makanan khas Makassar yang biasa dijadikan santapan saat lebaran. Bagaimana, sudah siap untuk mudik ke kota cantik di Pulau Sulawesi ini? Jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata kekiniannya ya!

Tags
Indonesia Kuliner Makassar Makassar Sulawesi Selatan
Share