Makanan Khas Jambi Berbahan Ikan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Devi Ayu

Devi Ayu

On Indonesia

Terletak di Pulau Sumatera, makanan khas Jambi berbahan ikan ini sekilas mirip dengan kuliner provinsi lain yang sama-sama berada di Pulau Sumatera. Namun, ada bedanya lho. Kuah masakan Jambi biasanya lebih encer dibandingkan daerah lainnya. Nah, supaya tidak penasaran, kenali berbagai kuliner ikan Jambi berikut ini.

Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan Jambi via instagram/galeri_jambi

Gulai Tepek Ikan adalah hidangan lezat asli Jambi. Sebagai masakan adat khas Jambi, Gulai Tepek Ikan sering disajikan di acara-acara adat seperti pernikahan maupun acara keagamaan. Kuliner tradisional Jambi ini merupakan perpaduan antara tepek ikan yang sekilas mirip pempek Palembang dengan kuah gulai yang rasanya asam gurih. Makanan berkuah santan ini menggunakan irisan ikan tenggiri, gabus, atau belida yang diolah mirip pempek dan dimasak hingga matang.

Kata tepek pada nama makanan ini merujuk pada proses pembuatan adonan ikan yang dipadatkan atau dipipihkan sebelum direbus hingga matang. Tepek ikan yang sudah matang akan disajikan dalam bentuk potong-potongan kecil berbentuk jajar genjang bersama kuahnya yang asam, gurih, dan segar.

Pempek Sambal

Pempek Sambal Jambi via Instagram/pritha_pitha

Pempek identik dengan kuah cuka yang asam manis. Berbeda dengan yang lain, kuahnya bukan cuka melainkan menggunakan sambal. Kuah pempek sambal ini dicampur dengan daun jeruk dan daun kunyit sehingga terasa lebih sedap.

Gulai Terjun

Gulai Terjun Jambi via instagram/dapurtanti

Namanya yang unik berasal dari tekstur Gulai Terjun yang lebih cair ketimbang varian gulai lainnya. Kuliner Jambi dengan nama unik ini biasa disajikan lauk sehari-hari oleh masyarakat Jambi.

Gulai Terjun adalah makanan khas yang dibuat dari bahan dasar daging. Daging yang digunakan biasanya daging sapi, kerbau, atau kambing. Daging yang diolah nantinya akan dihidangkan bersama kuah yang terbuat dari santan dan bertekstur encer.

Gulai Terjun juga sering disajikan dengan umbut kelapa. Perpaduan Gulai Terjun dan umbut kelapa ini biasanya terdapat pada acara-acara perkawinan, sunatan, dan berbagai acara adat Jambi.

Kerutup Ikan

Kerutup Ikan via Facebook

Untuk mereka yang belum pernah menyambangi Sumatera, pasti masih asing dengan kerutup ikan. Makanan ini adalah salah satu makanan khas Jambi yang terbuat dari bahan dasar ikan air tawar. Ikan yang digunakan untuk kerutup antara lain ikan nila, gurame, dan ikan mas. Ikan yang dipilih kemudian diolah dengan bumbu yang cukup komplit dan digoreng dengan daun kunyit sehingga tercipta aroma yang khas.

Makanan khas Jambi ini banyak dijual di rumah makan kota Jambi. Kerutup ikan yang dihidangkan oleh rumah makan atau restoran-restoran biasanya baru digoreng ketika ada pembeli yang memesan. Terdapat menu pelengkap ikan berupa sambal terasi dan lalapan sayur.

Itu dia empat makanan khas Jambi yang berbahan dasar ikan. Gimana, sudah terbayang kan kelezatannya?