Pilihan Makanan Khas Cilacap, Coba Kulineran Yuk di Bumi Ngapak

Jawa Tengah memiliki banyak daerah yang menarik banget buat dijelajahi, tidak terkecuali dengan Cilacap. Selain memiliki sederetan wisata yang asyik, kota yang mendapatkan julukan sebagai Cilacap Bercahaya ini juga mempunyai ragam kuliner menggiurkan. Jika kamu merencanakan jalan-jalan, inilah makanan khas Cilacap yang bisa dicoba. Siapkan catatanmu!

Brekecek

Brekecek, via Instagram/ade_wulan_77
Brekecek, via Instagram/ade_wulan_77

Kuliner yang pertama adalah brekecek. Bahan utama pembuatan kuliner ini adalah kepala ikan jahan atau yang dalam bahasa Banyumas-an disebut dengan Pathak Jahan. Nama brekecek ini sendiri berasal dari kata ‘brek’ yang artinya dijatuhkan dan ‘kecek’ maknanya dikecek-kecek bumbunya.

Kepala ikan jahan ini dikecek atau dicampur dengan bumbu yang menyerupai rica-rica. Citarasanya pedas dan juga gurih, kamu akan tergoda untuk nambah nasi saat menyantapnya.

Gembus

Gembus, via Instagram/cilacapkeren
Gembus, via Instagram/cilacapkeren

Makanan khas Cilacap lain yang bisa kamu coba adalah gembus. Kuliner ini biasanya disebut dengan donat jawa lantaran bentuknya mirip donat namun ukurannya kecil. Bahan utama pembuatan camilan ini adalah singkong. Pengolahannya juga tidak terlalu rumit, tinggal direbus saja lalu dihaluskan kemudian dibentuk donat kecil, terakhir tinggal digoreng saja. Rasanya enak dan cocok sekali sebagai kudapan.

Rempeyek Yutuk

Rempeyek yutuk, via Instagram/fredy_odot
Rempeyek yutuk, via Instagram/fredy_odot

Buat kamu yang suka dengan olahan seafood, rempeyek yutuk bisa banget buat dicoba. Bagi yang belum terlalu familiar, yutuk merupakan jenis hewan laut yang bentuknya menyerupai kepiting, namun ukurannya kecil. Citarasanya begitu gurih, cocok buat kamu pecinta udang dan kepiting. Bisa jadi lauk ataupun camilan ya Teman Traveler. Buat kamu yang ingin membawakannya untuk keluarga di rumah, bisa banget ya.

Sate Martawi

Sate Martawi, via Instagram/makankeliling
Sate Martawi, via Instagram/makankeliling

Berbicara masalah sate yang kondang selama ini datang dari Ponorogo ataupun Madura ya Teman Traveler. Namun di Cilacap ada sate unik, namanya adalah sate martawi. Keunikan yang terdapat pada olahan ini adalah menggunakan dua tusuk sekaligus. Bahan yang digunakan adalah daging ayam kampung dengan diiris besar dan tebal, karena itulah membutuhkan dua tusukan.

Bagaimana Teman Traveler, apakah kamu tertarik mencicipi kuliner di Cilacap? Coba yang belum terlalu familiar, supaya pengalaman makanmu bertambah.

Tags
Cilacap Indonesia Jawa Tengah kuliner makanan khas Cilacap
Share