Makanan Kesukaan Bu Risma Saat Blusukan, Sederhana Tapi Bikin Nagih

Sebagai pemimpin, Bu Risma jadi salah satu tokoh panutan karena berhasil membangun Surabaya menjadi lebih baik. Bahkan perkembangan Kota Pahlawan sering dicontoh di sejumlah kota lain. Dibalik gebrakan hebat yang dilakukannya, ternyata Bu Risma juga memiliki makanan kesukaan ketika sedang blusukan. Kira-kira apa saja ya?

Kepiting Kare Bu Jum Dolly

Kare Kepiting
Contoh Kare Kepiting, via Instagram/kepitingendut

Siapa sangka bahwa salah satu makanan kesukaan Bu Risma berada di eks lokalisasi Dolly. Salah satu warung sederhana bernama ‘Bu Jum Dolly’ menjadi destinasinya. Biasanya menu yang dipesan beliau adalah Kepiting Kare. Bahkan walikota Surabaya ini pernah memesan hingga 250 porsi. Cita rasa yang ditawarkan nggak kalah dengan sejumlah restoran lainnya. Harganya pun relatif terjangkau karena seporsi dibanderol mulai dari Rp30 ribuan.

Sambal Tumpang

Makanan kesukaan bu risma
Sambal Tumpang via Shutterstock

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Sambal Tumpang termasuk kuliner favorit Bu Risma. Makanan asal Jawa Tengah dan Timur ini bumbunya terbuat dari tempe bosok (telah difermentasi) yang dicampur dengan cabai, bawang, garam, kencur, irisan daun jeruk sesuai selera.

Biasanya disantap dengan nasi dan aneka sayur rebus serta rempeyek sebagai pelengkap. Rasanya sedikit pedas dan gurih. Salah satu tempat di mana Teman Traveler bisa menikmatinya yakni warung Nasi Pecel Sambel Tumpang Jalan Tidar, Bubutan.

Ria Indonesia Resto

Makanan tradisional di Ria Indonesia Resto
Makanan tradisional di Ria Indonesia Resto via Instagram/riarestoindonesiahk

Tempat lain yang kerap dituju Bu Risma untuk berburu makanan favorit adalah Ria Indonesia Resto. Rumah makan ini begitu disukai pelanggan karena citarasanya begitu konsistensinya, dengan sensasi rempah kuat di tiap masakan.

Beberapa tokoh penting lain seperti mantan presiden Megawati Soekarno Putri, pejabat pemerintah kota Surabaya, hingga Rieke Diah Pitaloka jadi langganan Ria Indonesia Resto. Bagi Teman Traveler yang sudah penasaran, kalian dapat berkunjung ke tempatnya yang ada di Jl. Kombes Pol. M. Duryat No.7, Surabaya.

Gado-Gado

Gado-gado
Gado-gado via Shutterstock

Doyan sayur membuat Bu Risma juga suka menyantap gado-gado. Makanan tradisional yang terdiri dari beberapa potong sayuran ini biasanya dilengkapi dengan telur rebus, rempeyek, hingga taburan bawang goreng. Tentu siraman saus kacang yang kental tak boleh terlewat.

Beberapa rumah makan di Surabaya menyajikan gado-gado dengan cita rasa khas antara lain Gado-Gado Handayani, Kupang Jaya, serta Depot Arjuna Pak Satumin. Soal harga masih terjangkau. Berkisar mulai dari Rp15 ribuan.

Ternyata sederhana banget ya makanan kesukaan Bu Risma. Makin tertarik nih untuk kulineran di Surabaya?

Tags
Bu Risma Indonesia kuliner kuliner surabaya Makanan kesukaan bu risma Surabaya
Share