10 Jenis Makanan Menjijikan Tapi Dianggap Biasa di China

Advertisement

China tentu memiliki segudang pariwisata menarik yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, banyak juga kuliner menarik, unik kadang juga ada yang menjijikan tambahain tapi sepertinya sudah jadi santapan yang biasa bagi sebagain warganya. Jika Teman Traveler berkesempatan untuk mengunjungi pasar di Negeri Tirai Bambu, jangan heran dan terkejut dengan berbagai kuliner ekstrim yang akan Teman Traveler jumpai di sini. Selain selera kuliner yang unik, sebagian masyarakat China juga mengonsumsi jenis makanan ini karena dipercaya dapat mengobati penyakit. Apa saja kuliner yang bisa ditemukan di pasar China? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Bird Spit Soup

Bird Spit Soup via Shutterstock
Bird Spit Soup via Shutterstock

Sup sarang burung walet adalah kuliner yang memiliki banyak khasiat. Sebagian masyarakat China percaya bahwa kuliner ini dapat membuat tubuh kuat, memiliki kehidupan yang sehat serta dapat membantu meremajakan tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

2. Fried Seahorse

Fried Seahorse via Shutterstock
Fried Seahorse via Shutterstock

Siapa yang tidak tahu kuda laut? Binatang menggemaskan yang hidup di laut ini bisa Teman Traveler jumpai di Street Food China. Konsistensinya sama seperti cumi-cumi, namun sebagian masyarakat China yang mengkonsumsi makanan ini sangat berhati-hati karena kuliner kuda laut memiliki sisi yang tajam di bagian tubuhnya sehingga bisa melukai gusi hingga menyangkut di sela gigi.

3. Scorpions

Fried Scorpions via Shutterstock
Fried Scorpions via Shutterstock

Dipercaya dapat membuat darah menjadi panas dalam kondisi dingin membuat Scorpions kerap dijumpai menjadi jajanan di pasar China. Pemandangan unik ini juga kerap mengundang wisatawan yang ingin mencoba kuliner lokal hingga ekstrim di China.

4. Silkworms

Silkworms via Shutterstock
Silkworms via Shutterstock

Cacing sutra ini biasanya dapat Teman Traveler temukan di beberapa kuliner China seperti berbagai tumisan, dipadukan dengan mie hingga dijual dalam bentuk cemilan. Selain itu, cacing sutra ini juga ada yang diolah menjadi cemilan manis, seperti dilapisi coklat.

5. Sheep Penis

Sheep via Shutterstock
Sheep via Shutterstock

Sebagian masyarakat China percaya bahwa memakan bagian yang lain dari binatang dapat mengisi bagian tubuh yang sama pada manusia. Begitu pula dengan Sheep Penis yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan seksual. Hidangan ini juga kerap dijadikan alternatif jika masyarakat tidak ingin meminum pil.

6. Pi Dan

Pi Dan via Shutterstock
Pi Dan via Shutterstock

Makanan tradisional China yang lainnya adalah Pi Dan. Kuliner yang memiliki warna dan aroma yang unik ini bisa disajikan bersama dengan salad atau kecap dan cabai. Telur ini dapat disimpan hingga 5 bulan lamanya sehingga warna yang dihasilkan sangat unik begitupula dengan rasanya.

7. Stinky Tofu

Stinky Tofu via Shutterstock
Stinky Tofu via Shutterstock

Jika Indonesia mempunyai oncom sebagai fermentasi tempe yang diolah menjadi berbagai bahan makanan, China punya Stinky Tofu! Seperti namanya, hidangan tradisional ini memiliki aroma busuk yang dapat dinikmati dengan cara dikukus, direbus atau bahkan sebagai bahan utama sup.

8. Chicken Testicles

Chicken Testicle via Shutterstock
Chicken Testicle via Shutterstock

Sama halnya dengan Sheep Penis, Chicken Testicle juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan seksual pria. Kuliner ini biasanya disajikan dengan cara direbus maupun digoreng. Teksturnya yang lembut membuat makanan ini cocok disajikan dengan mie atau nasi. Sebagian masyarakat China yang mengkonsumsi kuliner ini mengatakan rasanya cukup lezat.

9. Turtle Shell Jelly

Turtle Shell Jelly via Shutterstock
Turtle Shell Jelly via Shutterstock

Turtle Shell Jelly disajikan sebagai makanan penutup di China. Kuliner ini dibuat dari berbagai jenis cangkang penyu yang dipadukan dengan produk herbal lainnya. Selain lezat, sebagian masyarakat China peyakini bahwa mananan penutup ini juga memiliki banyak khasiat seperti membantu pertumbuhan otot, meningkatkan sirkulasi hingga mengembalikan fungsi ginjal.

10. Balut

Balut via Shutterstock
Balut via Shutterstock

China memiliki cara unik dalam mengkonsumsi telur ayam maupun telur bebek. Sebelum diolah seperti direbus sekitar 25 menit, telur akan dikembangkan dengan masa inkubasi 14 dan 21 hari. Kuliner ini biasanya dapat ditemukan di Street Food China. Masyarakat lokal percaya bahwa memakan balut dapat meningkatkan kejantanan pria.

Sebagian masyarakat China merupakan penikat segala kuliner mulai dari hewan, tanaman hingga serangga. Bahkan pepatah mengatakan kalau sebagian masyarakat China memakan semua yang berkaki empat kecuali meja kursi dan memakan semua yang terbang kecuali pesawat. Pernyataan benar atau tidaknya bisa Teman Traveler simpulkan ketika langsung berkunjung dan menyaksikan berbagai macam kulinernya di pasar Negara Tirai Bambu ini. Berbagai kuliner yang sudah di ulas merupakan kebudayaan, kebiasaan serta kepercayaan sebagian masyarakat China. Meski begitu, kita tetap harus bijak dalam memilih santapan ya, bagaimana Teman Traveler, pernah menemukan kuliner yang lebih aneh? Ceritakan di kolom komentar ya

Advertisement
Tags
Kuliner Ekstrim China Kuliner Unik China makanan ekstrim
Share