Jajaran Makanan di Sawahlunto Sumatra Barat, Sekali Coba Bikin Terpikat!

Sawahlunto, Sumatra Barat merupakan wilayah Indonesia yang selama ini kondang dengan bekas lubang tambang di era Hindia Belanda yang bernama Tambang Batubara Ombilin. Tidak hanya itu saja, makanan di Sawahlunto juga sangat perlu untuk dijajal. Teman Traveler yang berencana jalan-jalan ke Sawahlunto, berikut ini ada ragam makanannya yang bisa dicoba.

Pical

Sayur pical, via Instagram/cheche_kitchen
Sayur pical, via Instagram/cheche_kitchen

Kuliner yang pertama dan kondang di Sawahlunto ada namanya pical. Merupakan sajian makanan berisi mi kuning pipih yang dipadu dengan potongan tahu, irisan sayur kol, sayur hijau lalu disiram dengan menggunakan kuah kacang. Biasanya akan ditambah dengan kerupuk merah. Sekilas terlihat menyerupai gado-gado, namun isi dan rasanya berbeda.

Dendeng Batokok

Dendeng batakok, via Instagram/dapur_amai_laina
Dendeng batakok, via Instagram/dapur_amai_laina

Citarasa lainnya dari Sawahlunto yang perlu kamu cicipi ada yang namanya dendeng batokok. Bahan utama untuk membuat olahan ini adalah potongan daging sapi tanpa lemak yang ditumbuk dengan batu cobek hingga pipih. Rasanya makin beragam lantaran melalui proses pengasapan. Buat kamu pecinta daging, dendeng batokok sangat perlu dicoba.

Lamang Tungkek

Lamang tungkek, via Instagram/iraokmulsuryani
Lamang tungkek, via Instagram/iraokmulsuryani

Tak kalah menggiurkan dari yang sebelumnya ada yang namanya lamang tungkek. Bentuknya bulat lonjong dengan dibungkus dengan balutan daun pisang. Uniknya, ditali dengan menggunakan pengikat. Bahan utama pembuatan makanan ini adalah tepung beras yang dipadu dengan santan dan gula aren. Untuk citarasanya, lamang tongkek ini dominan manis dan sedikit lengket saat dimakan.

Ale Ale Silungkang

Ale-ale Silungkang, via Instagram/annisakuliner
Ale-ale Silungkang, via Instagram/annisakuliner

Satu lagi makanan di Sawahlunto yakni ale-ale silungkang yang sekilas mirip dengan serabi. meskipun mirip aroma dan rasanya berbeda. Bahan pembuatnya adalah beras, gula jawa, air kelapa, dan parutan pandan. Jika diperhatikan dengan saksama, makanan ini memiliki tekstur yang mirip dengan kue apam. Memang keberagaman kuliner di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi.

Jika jalan-jalan ke Sawahlunto, jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner yang ditawarkan di sana. Ada camilan sampai dengan berat, pilih sesuai dengan minta ya.

Tags
Indonesia kuliner sawahlunto makanan di sawahlunto Sawahlunto Sumatra Barat
Share