Lotek & Gado-gado Baciro, Lezat Bumbunya Melegenda di Jogja

Sebagai salah satu kota primadona bagi wisatawan, Jogja memang sangat asyik dikunjungi. Tak hanya beragam tempat wisata unik, Kota Gudeg ini juga punya segudang kuliner Jogja mantap untuk dicoba. Salah satunya adalah Lotek & Gado-gado Baciro.

Sajian legendaris satu ini wajib masuk dalam agenda Teman Traveler ketika sedang liburan di Jogja. Rasanya dijamin bikin lidah ketagihan. Yuk, simak ulasan saya soal Lotek & Gado-gado Baciro berikut ini.

Eksis Sejak 1981

Warung sederhana nan legendaris (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Khusus untuk kuliner legendaris, cukup banyak pilihan yang bisa dicoba selain Gudeg, salah satunya adalah Lotek & Gado-gado Bu Hj.Sugeng. Berada di Jalan Argolubang, Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Jogjakarta, Warung Lotek & Gado-gado Bu Haji Sugeng sudah eksis sejak 1981. Mereka biasanya buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Lantaran statusnya sudah legendaris, sajian satu ini sangat recommended untuk dicoba.

Lokasinya tak jauh dari sisi timur pintu keluar Stasiun Lempuyangan, Rasanya benar-benar nikmat, khas makanan Nusantara. Sangat cocok untuk langsung disantap begitu Teman Traveler tiba di Kota Pelajar.  

Gado-gado Maknyus

Gad0-gadonya benar-benar maknyus (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Di antara dua menu yang tersedia, gado-gado kerap jadi favorit pelanggan. Paduan kentang, selada hijau, tomat, telur, kerupuk, serta bumbu kentalnya menghasilkan cita rasa khas.

Soal urusan harga, Teman Traveler tidak perlu mengeluarkan budget besar. Cukup merogoh kocek Rp18.000 saja, kalian sudah bisa menikmati seporsi gado-gado atau Lotek, plus secangkir teh manis. Pas disantap saat jam makan siang.  

Bumbu dengan Cita Rasa Terjaga

Racikan bumbunya benar-benar terjaga (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Diolah di atas cobek berukuran jumbo, bahan-bahan alami seperti kacang tanah, gula merah, dan rempah-rempah lain ditumbuk halus menjadi bumbu segar. Takarannya dirahasiakan dan tetap terjaga sejak 1981. Rasanya? Dijamin takkan bikin eneg meski disantap dalam jumlah banyak.  

Tempat untuk Bernostalgia

Suasana pengunjung di dalam kedai (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Sebagai salah satu kuliner legendaris Jogjakarta, Warung Lotek & Gado-gado Baciro sangat cocok jadi tempat bernostalgia. Bagi mereka yang pernah sekolah maupun bekerja di Jogja sekitar era 80 hingga 90-an, bersantap di sini mungkin bakal melahirkan kesan nostalgia yang cukup mendalam.

Suasananya Jogja Banget

Sederhana namun nyaman (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Selain memiliki cita rasa khas dan terjaga, warung ini tetap menjaga interiornya agar terlihat sederhana. Menurut sang pemilik, hal ini agar pelanggan bisa merasakan suasana ala Jogja yang dikenal merakyat. Keren ya?

Dengan predikatnya sebagai kuliner legendaris Jogjakarta, Teman Traveler sebaiknya tak usah berpikir panjang untuk segera mencicipi kelezatan Lotek & Gado-gado Baciro saat liburan di Kota Gudeg.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta lotek gado gado baciro Travelingyuk
Share