Makanan Berbau Menyengat Tapi Nikmat dari Indonesia

Advertisement

Aroma makanan yang harum seringkali meningkatkan selera makan seseorang. Tak bisa dipungkiri jika makanan dan aroma ini menjadi paket lengkap yang ada di setiap makanan. Meski begitu, aroma makanan tidak bisa menentukan rasa dari makanan itu sendiri. Ada beberapa makanan dengan aroma menyengat tapi memiliki banyak penggemar. Di Indonesia sendiri juga ada banyak makanan dengan aroma menyengat tapi memiliki rasa enak. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Durian

Durian dan olahannya Via Instagram makan_durenz

Sudah menjadi rahasia semua orang jika durian memiliki aroma yang sangat menyengat. Bagi sebagian orang, aroma dari durian ini bahkan membuat mual dan pusing. Tapi bagi penikmatnya, durian ini memiliki rasa yang enak. Tak sedikit orang yang berpendapat jika durian ini memiliki rasa perpaduan antara susu dan mentega.

Bagi para pecintanya, durian sangat nikmat Via Instagram iamterririttenhouse

Buah asli dari Indonesia ini banyak ditemukan di nusantara. Tapi yang paling memiliki banyak penggemar berasal dari Medan, Ucok Durian. Di Banyuwangi juga ada durian unik yang memiliki daging warna merah. Selain dimakan langsung, durian ini banyak dikreasikan menjadi olahan yang menggugah selera.

2. Petis

Petis botolan Via Instagram salisnovitaharyanti

Memiliki citarasa manis gurih, petis seringkali dipadukan dengan aneka gorengan. Biasanya, petis ini dibuat dari produk sampingan pengolahan makanan berkuah sebut saja dari bahan pindang, udang, ataupun juga kupang yang kemudian dipanasi sampai carian menjadi kental. Cairan ini selanjutnya dipadukan dengan karamel gula batok.

Petis dipadukan dengan tahu goreng Via Instagram liliwantcook

Tak hanya berbahan dasar ikan, petis ini juga ada yang terbuat dari petis sapi. Petis sapi ini berbahan dasar hasil sampingan dalam pembuatan dendeng dan juga abon sapi. Sudah kebayang kan bagaimana baunya?

3. Terasi

Terbuat dari ikan ataupun udang rebon, terasi ini sebenarnya masuk ke dalam bumbu khas Indonesia yang bikin makanan makin sedap. Bau yang sangat menyengat ini karena prosesnya melalui tahap fermentasi. Terasi banyak di Tanah Air dan memiliki warna cokelat sampai merah.

Terasi Via Instagram bertycenT

Untuk aromanya sendiri cukup menyengat dan tajam, sehingga penggunannya tidak diperbolehkan dalam jumlah yang banyak. Terasi biasanya digunakan untuk bumbu makanan, contohnya saja sambal, plecing, dan lain-lain. Apa kamu salah satu penggemar terasi?

4. Jengkol

Olahan jengkol nikmat Via Instagram jengkolamihwati

Si bau tapi memiliki banyak penggemar lainnya adalah jengkol. Jengkol biasanya banyak didapati pada kuliner khas Betawi dan juga Padang. Pada umumnya, jengkol memiliki warna cokelat kehitaman dan memiliki bentuk gepeng pipih. Ketika masih mentah, jengkol ini tidak berbau. Tapi, saat sudah diolah, jengkol memiliki bau yang sangat khas. Bagi yang suka tentu saja tidak masalah dengan aromanya yang menyengat.

5. Petai

Petai Via Instagram medanfp

Selain jengkol, petai juga memiliki aroma yang sangat menyengat. Kuliner ini bisa dijadikan lalapan ataupun dicampur dengan olahan yang lain. Pete ini memiliki bentuk bulat kecil berwarna hijau muda. Saat dikunyah, pete ini akan memberikan aroma yang cukup menyengat. Ada yang mengosumsinya secara mentah ada pula yang mengukusnya. Tergantung selera masing-masing.

6. Petai Cina

Petai Cina Via Instagram budidhani

Petai Cina atau yang biasa disebut dengan lamtoro ini banyak sekali di Tanah Air. Bentuknya kecil-kecil gepeng berwarna hijau. Rasanya hampir mirip dengan petai, aromanya juga. Untuk petai cina ini biasanya dicampur dengan pecel sebagai lalapan.

7. Ikan Asin

Aneka macam ikan asin Via Instagram leoutha

Kuliner lainnya yang memiliki aroma menyengat tapi penggemarnya banyak adalah ikan asin. Terbuat dari ikan yang diwetkan dengan banyak garam, membuat rasanya asin. Karena proses pengawetannya itulah membuat ikan asin ini memiliki aroma kurang sedap. Untuk pengolahannya sendiri, sebelum dimasak harus direndam terlebih dahulu supaya asinnya berkurang. Tapi sebagian orang malah sengaja tidak merendamnya di air karena rasa asin itulah yang akan dipadukan dengan bahan lain.

Itulah makanan khas Indonesia yang memiliki aroma menyengat tapi rasanya nikmat. Tentunya menyantap bahan-bahan di atas bakal memberikan sensasi nikmat tersendiri. Sudah ada yang pernah coba?

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner bau tak sedap kuliner berbau menyengat kuliner khas Indonesia
Share