Makanan Anti Sendu, Penghapus Pilu Membiru

Seringkali suasana hati terserang pilu membiru. Rasanya ingin menyendiri dan mendengarkan playlist sedih nan sendu. Wajar dan manusiawi kok, tapi ada saatnya kita perlu bangkit dan kembali bersemangat. Cara paling mudah dan menyenangkan adalah menikmati makanan anti sendu penghapus pilu membiru. Apa saja sih? Ini jajaran 5 teratas pilihan Travelingyuk!

1. Tempe Coklat, Malang

Pisang Tempe Khas Malang via Instagram sacholate

Coklat hitam memiliki zat N-acylethanolamine yang memicu otak melepaskan edorfin. Selain itu makan-makanan manis juga bisa membuat bahagia karena zat dihasilkan yaitu triptofan akan diserap dengan baik oleh tubuh sehingga menghasilkan hormon pemicu kebahagiaan yaitu serotin.

Teman Traveler bisa membeli sacholate yaitu keripik tempe dengan inovasi rasa coklat, makanan hasil olahan kreatif ini bisa didapatkan di Jl. Sanan Gg.8 No.240-b Purwantoro, Malang, toko buka setiap hari selama 24 jam. Untuk harga satu bungkusnya Rp18.000.

2. Pisang Epe, Makassar

Pisang Epe Khas Makassar via Instagram madamwong.id

Pernah dengar dopamine atau hormon pemicu kebahagiaan? Hormon ini bisa diproduksi tubuh setelah dipicu oleh hormon tirosin, yang bisa didapat dari buah-buahan seperti pisang.

Salah satu olahan buah pisang yang dijamin akan mengembalikan keceriaan adalah Pisang Epe khas Makassar. Makanan sederhana olahan pisang raja yang dijepit hingga pipih lalu dibakar dan disiram dengan saus gula merah. Menciptakan rasa manis legit dan hangat, dijamin membuat hati kembali bersuka cita.

Teman Traveler bisa mengunjungi Pantai Losari jika ingin mencicipi Pisang Epe otentik, harganya pun juga murah Rp10.000 satu porsinya. Saat ini Pisang Epe disajikan dengan berbagai pilihan topping.

3. Dadiah, Minangkabau

Dadiah Khas Minangkabau via Instagram gnfi

Favorit Travelingyuk selanjutnya adalah olahan susu kerbau khas Minangkabau yang disebut Dadiah. Untuk mendapatkannya susu kerbau difermentasi selama satu sampai dua minggu, di dalam bambu yang ditutup dengan daun pisang.

Citarasa dan tekstur dadiah sangatlah lembut dan unik, dijamin membuat pilu tak lagi membiru. Selain itu Protein Laktium yang terkandung dalam susu konon membuat tubuh merasa tenang dan nyaman.

Untuk mencicipi dadiah terbaik, Teman Traveler bisa mengunjungi Pasar Ateh Bukittinggi. Biasanya disajikan dengan gula merah atau ampyang goreng di kapau-kapau dalam Pasar Ateh.

4. Lotek, Bandung

Lotek Khas Bandung via Shutterstock

Kacang-kacangan yang mengandung vitamin B, asam lemak, Omega-3, magnesium dan seng mampu menjaga tingkat hormon stres kortisol rendah. Kacang-kacangan jenis walnut, almond dan biji labu merangsang produksi endorfin sehingga membuat perasaan bahagia. 

Kacang bisa dinikmati dalam santapan segar gurih manis khas Sunda, Lotek. Makanan yang terdiri sayur mayur lalu disiram dengan bumbu kacang ini sangat segar dan mengenyangkan, tentu membuat hati senang.

Saat berkunjung ke Bandung mampir lah ke Lotek Tjihapit Ibu Siti yang sudah ada sejak 1970. Berada di Jl. Cihapit No.6, Bandung Wetan, warung buka pukul 07.00-17.00 Wib. Satu porsinya hanya Rp20.000.

5. Papeda Ikan Kuah Kuning, Ambon

Ikan Kuah Kuning Khas Ambon via Instagram indonesiakuliner_

Suasana hati juga dipengaruhi oleh kandungan Omega-3 yang tentunya sangat mudah ditemukan di makanan laut seperti ikan. Teman Traveler yang berada di Ambon bisa makan makanan penuh kebahagiaan yaitu Ikan Kuah Kuning yang khas.

Berpadu dengan papeda yang lembut, sensasinya akan mengingatkan kita pada hangatnya kasih Ibu, sudah tentu mujarab untuk menghempaskan jejak pilu membiru di dalam kalbu!

Untuk rasa asli pasangan maut ini, datang saja ke Restoran Sari Gurih di Jl. Dana Kopra, Uriteru, Sirimau, dekat dengan Hotel Mutiara Ambon. Untuk harga satu porsinya dibandrol Rp20.000 saja.

Demikian makanan penghapus pilu membiru anti sendu yang harus dicoba saat suasana hati Teman Traveler sedang sedih. Apalagi sangat mudah didapat di daerah masing-masing. Dijamin langsung bahagia, jangan lupa memakannya ya.

Tags
Indonesia kuliner Pilu membiru
Share