Maishima Incineration Plant, Tempat Pembuangan Akhir Sampah Aktif Jadi Lokasi Wisata

Apa yang ada dalam benakmu kalau mendengar kata tempat pembuangan akhir atau TPA? Pasti jorok, kumuh atau yang lainnya ya. Nyatanya, ada sebuah destinasi wisata yang menjadikan tempat pembuangan sampah yang masih aktif menjadi tujuan wisata. Namanya adalah Maishima Incineration Plant yang berlokasi di Jepang. Sebagai informasi, di dalamnya memang benar-benar tempat pengolahan sampah, baik dalam ukuran kecil atau besar dari sekitaran Osaka, Jepang.

Banyak yang Mengira Bagian dari Universal Studios Jepang

Nampak luar Maishima Incineration Plant Via Instagram velocimax

Karena bentuknya yang sangat menarik, warna-warna yang cantik serta dikelilingi oleh tumbuhan hijau, banyak wisatawan salah masuk ke sini. Tidak sedikit wisatawan yang mengira jika Maishima Incineration Plant ini merupakan bagian dari Universal Studios. Sebagai informasi, Maishima Incineration Plant ini didesain sedemikian rupa oleh seorang arsitek dari Australia yang bernama Friedensreich Hundertwasses. Hundertwasserhau memang selama ini dikenal sebagai arsitek yang menjaga keseimbangan alam.

Berfungsi Aktif Sebagai Tempat Pembuangan Akhir

Masih berfungsi aktif sebagai tempat pembuangan akhir, via Instagram ckim1608

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Maishima Incineration Plant memang menjadi tempat wisata namun ia masih berfungsi aktif menjadi tempat pembuangan akhir. Tapi jangan bayangkan seperti yang ada di Jakarta atau di Surabaya, Maishima Incineration Plant ini memiliki desain yang sangat eye catching dan benar-benar menarik perhatian banyak orang. Di sini sampah diolah sedemikian rupa dengan alat-alat canggih di dalamnya. Tidak akan ada asap mengepul melalui cerobong karena memang sudah melalui proses yang sangat ketat sebelum asap ini dibuang.

Siapa sangka ini merupakan TPA Via Instagram sofyawanderlust

Alasan Kenapa Kamu Perlu ke Sini

Maishima Incineration Plant Via Instagram aiimstagram

Saat masuk ke dalamnya, para wisatawan bakal dijelaskan mengenai Maishima Incineration Plant ini di ruang meeting yang memiliki ukuran cukup luas. Selanjutnya bakal diperlihatkan proses pengolahan sampah seperti halnya proses pembakaran. Tapi, bukan proses pembakaran asli melainkan dalam bentuk gambar 3D dengan alur yang dibuat menyerupai komik. Ada juga Quiz Corner yang bisa dilihat. Satu hal lagi yang tak boleh dilewatkan yakni taman hijau yang berada di sekitaran Maishima Incineration Plant.

Kemegahan dari Maishima Incineration Plant Via Pinterest

Maishima Incineration Plant ini sudah dibangun sejak tahun 2001 yang lalu. Lokasinya berada di 1-2-48 Hokukoshiratsu, Konohana-ku, Osaka. Jangan lupa kunjungi saat traveling ke Jepang ya.

Tags
destinasi wisata di jepang Maishima Incineration Plant tempat wisata di Jepang wisata jepang
Share