Tak Perlu ke Jepang, Bunga Sakura Juga Ada di Indonesia

Bunga Sakura selama ini memang identik dengan negara Jepang. Tanaman yang dalam bahasa Inggris disebut cherry blossom ini juga memainkan peran vital di kebudayaan masyarakat negeri matahari terbit. Setiap musim bunga sakura mekar, para warga akan berbondong-bondong datang bersama kawan dan keluarga untuk datang dan menikmati keindahannya.

Hal ini juga menjadi pesona tersendiri bagi para turis untuk datang langsung dan menikmati keindahan sakura di Jepang. Namun bagi para warga Indonesia, tidak perlu jauh-jauh terbang ke Tokyo. Ternyata ada beberapa tempat di negara kita ini yang menawarkan kesempatan menikmati keindahan bunga sakura. Penasaran?

1. Kebun Raya Cibodas

Tanpa banyak diketahui masyarakat, Kebun Raya Cibodas ternyata memiliki bunga sakura dalam koleksi tanaman mereka. Bunga khas Jepang tersebut dikabarkan sudah mulai mekar pada Januari 2018. Patut dicatat bahwa bunga sakura yang ada di Kebun Raya Cibodas tak bisa mekar sempurna seperti di Jepang. Hal ini bisa jadi karena pengaruh cuaca dan iklim yang berbeda dibandingkan dengan Negeri Matahari Terbit.

Pohon sakura tengah mekar di Kebun Raya Cibodas via Instagram Myongsari

Namun menurut laman resmi LIPI, bunga sakura yang mereka miliki punya kelebihan khusus yakni sanggup mekar dua kali dalam setahun. LIPI menyediakan lokasi khusus seluas 7.500 meter persegi yang dinamai Taman Sakura untuk menanam bunga-bunga tersebut.

Letak taman ini ada dekat Air Terjun Cibogo, dan menjadi lokasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Total ada tujuh jenis bunga sakura yang bisa disaksikan langsung keindahannya di Kebun Raya Cibodas LIPI. Kebun Raya Cibodas berjarak sekitar 85 kilometer dari Jakarta atau 90 menit perjalanan melalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur dengan berkendara. Sesampainya di persimpangan Cimacan, kamu tinggal berkendara 4 kilometer lagi untuk mencapai lokasi.

2. Puspiptek Tangerang

Bunga Sakura di Puspitek Tangerang via Twitter

Mengagumi keindahan bunga sakura juga bisa dilakukan di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Tangerang. Pohon bunga khas Jepang itu berdiri dengan indah tepat di sebelah wisma tamu. Sama seperti di Kebun Raya Cibodas, sakura yang ada di sini bisa mekar hingga dua kali dalam setahun. Pohon Sakura di Puspiptek juga menjadi salah satu lokasi favorit untuk berfoto-foto. Hasilnya tentu saja sangat amat menawan, karena sangat mirip dengan situasi di Jepang.

3. Wangaipu

Bunga Sakura di Pulau Sumba, Wangaipu via Instagram Tukang_jalan

Wangaipu merupakan salah satu kota yang berada di Sumba. Lokasi ini biasanya sering didatangi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya Pantai Puru Kambera, yang terletak di sebelah timur Wangaipu. Jika memang kebetulan berkunjung ke sana, jangan sampai kamu melepaskan pandangan selama perjalanan. Sebab akan ada sebuah pohon dengan bunga cantik berwarna pink dan putih, mirip sekali dengan sakura di Jepang.

Disebut mirip karena sakura yang ada di Sumba ini berasal dari famili yang berbeda dibandingkan dengan yang ada di Jepang. Namun jika dilihat sekilas, hampir sulit dicari perbedaannya. Tidak ada yang tahu pasti mengapa bisa sampai ada pohon mirip bunga sakura di Sumba. Namun salah satu catatan menyebutkan bahwa dulunya para tentara Jepang pernah mengimpor dan mencoba menanamnya ketika mereka menduduki wilayah ini.

Sumber lain menyebutkan bahwa bunga sakura ala Sumba tersebut dikenal juga dengan nama Bunga Konjil. Jika sakura di Jepang mekar di musim semi, maka bunga konjil justru sedang indah-indahnya ketika memasuki musim kemarau di bulan September dan Oktober.

Itulah tadi beberapa tempat di Indonesia yang tak disangka-sangka ternyata menawarkan kesempatan untuk melihat indahnya bunga sakura. Bagaimana? Tertarik berkunjung ke salah satunya?

Tags
Bunga sakura bunga sakura jepang Cibodas Jawa Barat sakura Sumba tangerang Wisata wisata ala jepang
Share