Maha Vihara Sejahtera Maitreya di Samarinda, Desain Interior Terbagus Se-Asia Tenggara

Jika Teman Traveler sedang jalan-jalan ke Samarinda, Kalimantan Timur. Jangan lupa mampir mengunjungi Maha Vihara Sejahtera yang kondang. Ini merupakan pusat ibadah dan kegiatan umat Buddha yang juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Tentu saja dengan menghormati segala peraturan yang ditetapkan ya Teman Traveler. Yuk kita kulik lebih dalam mengenai Maha Vihara Sejahtera Maitrya di Samarinda ini.

Maha Vihara Sejahtara yang Baru Diresmikan 2016

Vihara di Samarinda, via Instagram/natashafabrianne
Vihara di Samarinda, via Instagram/natashafabrianne

Vihara yang terdapat di Samarinda ini pembangunannya memakan waktu kurang lebih 8 tahun lamanya. Dari tahun 2008 baru selesai diresmikan pada 2016. Tujuan utama didirikan vihara ini lantaran jumlah umat Buddha di Kalimantan Timur semakin banyak. Karena dahulu hanya mengandalkan Vihara Thien le Kong, di Jl. Yos Sudarso, Karang Mumus, sekarang sudah ada pilihan lain tempat untuk ibadah.

Memiliki Desain Interior Terbagus Se-Asia Tenggara

Desain yang megah, via Instagram/shearlyhwang_168
Desain yang megah, via Instagram/shearlyhwang_168

Maha Vihara Sejahtera Maitreya ini menempati lahan seluas 1,3 hektar. Buddhis Centre di Kalimantan Timur ini memiliki 5 lantai berbeda dengan luasnya 15.300 hektare. Tidak hanya luasnya yang fantastis, desain interior tempat ini digadang-gadang jadi yang terbagus se-Asia Tenggara.

Hampir seluruh bagian di dalamnya dilapisi marmer, ada 3 patung Pratima Buddha setinggi 3,9 meter yang didatangkan langsung dari Taiwan. Ada pula hiasan Buddha Maitreya yang berasal dari batu ukir paras di Bali.

Memakan Biaya Pembangunan Mencapai 40 Miliar

Telan biaya fantastis, via Instagram/arizalramadhani
Telan biaya fantastis, via Instagram/arizalramadhani

Dengan luas yang tak tanggung-tanggung serta desain interiornya yang bagus, tak salah jika pembangunan Maha Vihara Sejahtera Maitreya menelan biaya yang fantastis, mencapai 40 miliar banyaknya. Vihara ini juga menjadi Pusdiklat dan Bushist Centre yang terdiri atas auditorium, ruang bhakti, asrama biarawan dan biarawati. Keunikan lainnya, di dalam vihara ini ada restoran dan kafe vegetarian plus koperasi.

Ada Festival Tahunan Moon Festival

Ada festival tahunan, via Instagram/fitriani_ambotuo
Ada festival tahunan, via Instagram/fitriani_ambotuo

Di lokasi ini ada Moon Cake Festival yang sudah beberapa tahun terakhir diadakan. Moon Cake Festival ini sendiri merupakan perayaan terbesar setelah imlek. Mereka berkumpul bersama dengan keluarga atau sanak family untuk menikmati bulan purnama. Festival ini menyedot banyak sekali pengunjung, meriah dan jadi salah satu yang ditunggu-tunggu.

Jangan lupa mampir ke Maha Vihara Sejahtera Maitreya jika sedang berada di Samarinda ya. Bisa mempertebal nilai-nilai toleransi juga.

Tags
Indonesia Maha Vihara Sejahtera Maitreya samarinda wisata di samarinda
Share