Pilihan Tempat Wisata Samarinda, Destinasi Asyik di Kota Tepian yang Pas untuk Liburan

Pilihan tempat wisata Samarinda, jadi destinasi asyik di Kota Tepian yang pas untuk liburan. Dengan luas 718 Km persegi, kota ini jadi yang terluas di Pulau Kalimantan. Kondisi geografisnya berbukit dengan ketinggian yang bervariasi. Memilih Samarinda sebagai destinasi liburan, Teman Traveler harus berkunjung ke beberapa tempat berikut ini. Mulai dari air terjun hingga lembah, obyek wisata di sini bisa jadi sebuah tantangan untuk dijelajah! Seperti apa persisnya? Simak uraian berikut ini!

1. Air Terjun Pinang Seribu

Tidak Terlalu Tinggi, Tapi Cantik Alami via Instagram
Tidak Terlalu Tinggi, Tapi Cantik Alami via Instagram/ indonesia.wisata.ku

Tempat wisata Samarinda yang satu ini ada di Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda. Obyek wisata ini kerap dikunjungi oleh masyarakat sekitar karena cocok dijadikan wahana liburan keluarga. Udaranya sejuk, tersedia juga beberapa gazebo yang bisa dipakai untuk duduk lebih nyaman menikmati air yang mengalir.

2. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah via Instagram
Air Terjun Tanah Merah via Instagram/ hatue_kabuat23

Ketinggian Air Terjun Tanah Merah hanya sekitar 15 meter. Namun, lanskap di lokasi ini masih cukup asri dan sejuk sebab terdapat pohon-pohon tinggi khas Kalimantan di sekitar lokasi, sehingga cocok dikunjungi saat Teman Traveler butuh ketenangan. Uniknya, Air Terjun Merah memiliki air yang cenderung berwarna kecoklatan. Penyebabnya adalah Daerah Aliran Sungai yang masih berupa lumpur dan tanah gambut.

3. Hutan Pinus Samboja

Hutan Pinus Samboja yang Dramatis dan Instagenic via Instagram
Hutan Pinus Samboja yang Dramatis dan Instagenic via Instagram/ arifpidi.a

Salah satu tempat hits di Samarinda yang satu ini, menawarkan pemandangan khas hutan Pinus yang dramatis. Jajaran pohon-pohon Pinus yang rapi dan menjulang tinggi jadi spot foto yang instagenic. Teman Traveler yang hobi foto, tempat ini pas sekali!

4. Ladang Budaya Tenggarong

Ladang Budaya Tenggarong yang Instagenic via Instagram
Ladang Budaya Tenggarong yang Instagenic via Instagram/ anneaprillia

Berdasarkan sejarah Kabupaten Kutai Kartanegara, Samarinda merupakan bagian dari Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Salah satu tempat wisata di Tenggarong, yang sekaligus bisa dikunjungi saat Teman Traveler berkunjung ke Samarinda adalah Ladang Budaya Tenggarong. Ikon paling menonjol di obyek wisata ini adalah Odah Rehat; bangunan menyerupai rumah tradisional yang menarik dan lagi-lagi instagenic. Lokasinya ada di Jl. H. Bachrin Seman, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

5. Pantai Pangempang

Lanskap Pantai Pangempang via Instagram
Lanskap Pantai Pangempang via Instagram/ harrie_e

Satu lagi, obyek wisata di kawasan Kutai Kartanegara yang bisa sekaligus dikunjungi saat Teman Traveler liburan ke Samarinda. Meski cukup lumayan jauh dari pusat Kota Samarinda, yaitu 1,5 jam perjalanan, Pantai Pangempang punya lanskap yang indah dan asyik dijadikan destinasi liburan. Perjalanan panjang tidak akan bikin menyesal.

6. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam
Sungai Mahakam via Shutterstock

Tempat wisata malam di Samarinda, tepatnya di kawasan Kota Tenggarong bisa Teman Traveler rasakan di pinggiran Sungai Mahakam. Kawasan ini juga asyik sebagai tempat nongkrong di Samarinda sebab murah meriah. Sepanjang bibir Sungai Mahakam sudah disulap menjadi taman cantik dengan tempat duduk yang memfasilitasi muda-mudinya untuk bercengkrama. Cukup jajan kopi instan dari pedagang keliling, suasana malam di Kota Tepian ada di genggaman.

7. Air Terjun Berambai

Air Terjun Berambai via Instagram
Air Terjun Berambai via Instagram/ 4bdulmakmun

Tempat wisata Samarinda yang juga bisa dipakai basah-basahan adalah Air Terjun Berambai. Lokasinya ada di Sempaja Ujung, Samarinda Utara. Di sini, Teman Traveler akan dapat merasakan sejuknya udara dan lingkungan yang masih asri. Meski tidak terlalu tinggi, aliran airnya cukup kuat untuk membasahi.

Pilihan tempat wisata di Banjarmasin, memiliki lanskap yang asri dengan pohon-pohon yang masih rimbun. Sebagai bagian dari Kalimantan yang hutannya merupakan paru-paru dunia, Teman Traveler takperlu khawatir soal udaranya. Jadi, kapan kira-kira jelajah tempat-tempat wisata yang masih alami dan cantik ini? Ditunggu ya!

Tags
Alam Indonesia Kalimantan Timur samarinda tempat wisata samarinda Wisata
Share