Lontong Kupang Bu Ning di Pasuruan, Teruji Kenikmatannya Sejak 1969

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Via Instagram kulinerpasuruan Via Instagram kulinerpasuruan

Lontong kupang merupakan kuliner khas Jawa Timur yang terus lestari dan memiliki banyak penikmat sampai saat ini. Salah satu tempat yang langgeng menjual lontong kupang adalah Lontong Kupang Bu Ning di Pasuruan. Tempat makan ini menyuguhkan menu lontong kupang khas Pasuruan. Yuk kita ulas lebih mendalam mengenai Warung Lontong Kupang Bu Ning ini.

1. Sudah Generasi Ketiga

Kupang Kraton, Via Instagram pejalan_lokal
Kupang Kraton, Via Instagram pejalan_lokal

Pelestari kuliner berbahan dasar hewan laut ini salah satunya adalah Nafisah Melly yang merupakan penerus neneknya. Neneknya yakni Hajjah Qomariyah memulai berjualan lontong kupang sejak tahun 1969 yang lalu. Tidak seperti sekarang ini, dahulu belum ada penjual lontong kupang.

Salah satu rahasia lontong kupang milik Hajjah Qomariyah masih bisa eksis hingga saat ini meskipun tergerus zaman adalah para penerusnya tetap melestarikan resep. Resep tetap terjaga sejak pertama kali dijual hingga sekarang ini. Karena rasanya yang tidak berubah itulah, orang-orang berdatangan untuk mencicipinya lagi dan lagi.

2. Lokasi Warung Lontong

Lokasi Kupang Kraton Bu Ning, Via Flickr.com
Lokasi Kupang Kraton Bu Ning, Via Flickr.com

Lokasi Warung Lontong Kupang Bu Ning ini berada di bilangan Pasar Keraton, Pasuruan, Jawa Timur. Buat kamu yang tidak terlalu familiar dengan kupang, ini merupakan sejenis hewan laut yang menyerupai kerang namun ukurannya tidak terlalu besar atau kecil-kecil.

3. Keistimewaan Lontong Kupang

Kupang Kraton Bu Ning, Via Instagram kulinerpasuruan
Kupang Kraton Bu Ning, Via Instagram kulinerpasuruan

Selain melestarikan resep neneknya, Warung Lontong Kupang Bu Ning ini memiliki banyak keistimewaan yang tidak ada di penjual lainnya. Misalnya saja, ukuran kupang yang lebih besar dibanding dengan lainnya, lontongnya sangat khas sekali (hanya 3 potong namun ukurannya jumbo). Kuahnya juga enak perpaduan dua petis yakni asin dan juga manis. Satu hal lagi yakni tahunya yang besar dan juga gurih. Kuliner berbahan petis yang perlu dicicipi kenikmatannya.

4. Langganan Artis Hingga Pejabat

Kupang dan lauk pauknya, Via KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO
Kupang dan lauk pauknya, Via KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO

Karena keistimewaanya yang cukup banyak itulah, lontong di lokasi ini memiliki banyak penikmat. Mulai dari masyatat umum, artis sampai dengan pejabat memburu lontong kupang satu ini. Misalnya saja ada Mahfud MD, Rhoma Irama, dan masih banyak lagi orang terkemuka lainnya.

5. Harga Lontong Kupang

Lontong kupang, Via Instagram aris_go
Lontong kupang, Via Instagram aris_go

Sementara itu untuk harganya sendiri bisa dibilang cukup terjangkau. Kupang lontong dibanderol Rp12,000 setiap porsinya dan itu berlaku per Juni 2018 ini. Untuk sate kerangnya Rp1,000 per tusuk. Ada pula aneka minumannya sekitaran Rp3,000 sampai dengan Rp5,000. Harga yang bisa dibilang cukup murah untuk kuliner legendaris, bukan?

Itulah penjelasan mengenai Warung Lontong Kupang Bu Ning yang sudah memiliki nama dan banyak penggemar. Yuk jangan lupa mampir ke warung ini jika sedang berada di Pasuran.