Lontong Kikil di Surabaya, Kenyil-kenyil di Kota Pahlawan Ada yang Jualan Sejak 1950-an

Advertisement

Lontong kikil di Surabaya merupakan salah satu kuliner yang wajib dicoba saat Teman Traveler berkunjung ke Kota Pahlawan. Dalam satu porsinya, terdapat potongan-potongan kikil yang lembut, lontong pulen serta kuah yang gurih dan berempah. Makan satu mangkuk, rasanya kurang! Kalau nggak percaya, coba deh icip lontong kikil di tempat berikut ini! Salah satunya ada yang sudah berjualan sejak tahun 1950-an lho. Resep legendaris yang nggak boleh dilewatkan! Ini daftarnya.

1. Lontong Kikil Asli Margorejo Pak Toha

Lontong Kikil Pak Toha, Tambah Lezat dengan Campuran Sambal dan Perasan Jeruk Nipis via Instagram
Tunjuk Tangan yang Tergoda dengan Lontong Kikil Pak Toha! via Instagram/ surabaya_foodies

Lontong kikil di Surabaya yang wajib sekali dicicipi ada di sekitar Jln. Margorejo, Surabaya. Namanya, Lontong Kikil Asli Margorejo Pak Toha. Dalam semangkuknya, Teman Traveler akan dipuaskan dengan potongan kikil yang tebal namun tetap lembut. Ditambah lontong yang pulen dan mengenyangkan. Lebih lezat jika ditambahkan dengan beberapa sendok sambal dan perasan jeruk nipis.

Lontong Kikil Pak Toha yang jualan di samping Plaza Marina bisa dinikmati setiap hari kecuali Kamis, dari mulai jam 16:30 hingga pukul 22:00 WIB. Harga semangkuknya cukup Rp 15 ribu. Jadi, kalau Teman Traveler lapar di sore atau malam hari, dan ingin sesuatu yang menyegarkan, bisa datang ke sini!

2. Lontong Kikil H. Abdul Mahfud

Lontong Kikil H. Abdul Mahfud, Seporsi Bisa Kurang via Instagram sbykulinerinfo
Lontong Kikil H. Abdul Mahfud, Seporsi Bisa Kurang via Instagram sbykulinerinfo

Terkenal dengan Tahu Campurnya, kedai H. Abdul Mahfud juga menjual lontong kikil yang tidak kalah juara! Berjualan di sekitar jalan Kalasan, Surabaya, kedai ini buka dari jam 11:00 hingga 22:00 WIB. Potongan kikil yang besar, urat tebal dan lembut berpadu dengan lontong serta kuah kuning plus potongan bawang daun yang melimpah. Satu mangkuk dijamin mau nambah! Jangan lupa tambahkan sambal dan perasan jeruk nipisnya ya! Soal harga, seporsinya mulai dari Rp 20 ribu.

3. Lontong Kikil Sapi Ria Cak Ratno

Kikil Cak Ratno, Sudah Berjualan Sejak 1950-an via Instagram/ surabayafoodies
Kikil Cak Ratno, Sudah Berjualan Sejak 1950-an via Instagram/ surabayafoodies

Lontong kikil di Surabaya milik Cak Ratno termasuk satu yang legendaris di kota ini. Cak Ratno sudah mulai jualan sejak 1950-an. Meski sudah dilanjutkan oleh generasi kedua, jangan ragukan rasanya. Karena pastinya, resep tetap terjaga. Dulu, Cak Ratno berjualan di dekat Bioskop Ria, kini pindah ke kawasan wisata kuliner di Jln. Embong Blimbing. Satu porsinya, harga mulai dari Rp 30 ribu.

4. Lontong Kikil Asenna Sepanjang

Lontong Kikil Asenna yang Memesona via Instagram
Lontong Kikil Asenna yang Memesona via Instagram/ e_ndro

Bagi penggemar lontong kikil, kedai satu ini pasti tidak asing. Berjualan sejak lama, lontong kikil Asenna Sepanjang laris manis dengan kuahnya yang ringan, tidak terlalu kental dan tidak berbau. Kikil, otot dan uratnya juga lembut. Sempurna! Jika suka pedas dan segar, Teman Traveler bisa tambahkan beberapa sendok sambal dan perasan jeruk nipis. Harga satu mangkuk lontong kikil Asenna yang berjualan di sekitar Jln. Baratajaya (depan showroom Asenna) sekitar Rp 27 ribu.

5. Lontong Kikil Pak Said Sepanjang

Menggodanya Lontong Kikil Legendaris Pak Said via Instagram/ sasmitaedo
Menggodanya Lontong Kikil Legendaris Pak Said via Instagram/ sasmitaedo

Lontong kikil di Surabaya yang tidak kalah legendaris bisa Teman Traveler temukan di sekitaran Jln Pagesangan. Namanya, Lontong Kikil Pak Said. Kikil di sini direbus dalam dua kali proses yang memakan waktu sampai 8 jam, sehingga teksturnya lembut dan tidak sulit dimakan. Tidak heran ya, meski sudah berjualan lebih dari 40 tahun lalu, Lontong Kikil Pak Said tetap bertahan. Harga satu porsi kenikmatan ini, mulai dari Rp 25 ribu.

Menikmati lontong kikil di Surabaya adalah salah satu wisata kulineran yang harus dilakukan saat jalan ke Kota Pahlawan. Kikilnya yang lembut dan kuah berempah jadi senjata utama yang siap menaklukkan hati siapa saja. Sebagai informasi, harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah ya. Meski demikian, harga seporsinya tetap terjangkau kok. Bagaimana, mau coba yang mana dulu?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner lontong kikil di surabaya Surabaya
Share