Lomba Burung Berkicau di Jogja Segera Mulai, Yuk Datang!

Selain kaya akan kuliner dan budaya, kota Jogja selalu menghadirkan sesuatu yang menarik di setiap tahunnya. Sejumlah festival rutin diadakan. Mulai dari FKY (Festival Kesenian Yogyakarta), tradisi Kirab Manten Tebu, hingga Gamelan. Dalam waktu dekat ini, tepatnya tanggal 30 Juni akan diadakan Lomba Burung Berkicau di Jogja. Acara tahunan ini bahkan telah dinanti-nanti bagi pecinta burung. Seperti apa ya?

Digelar Tanggal 30 Juni

Lomba Burung Berkicau di Jogja
Lomba Burung Berkicau via Instagram/klub_burung_indonesia

Bingung menghabiskan akhir pekan ke mana? Nah, Teman Traveler dapat berkunjung ke Lomba Burung Berkicau VII yang diadakan tanggal 30 Juni nanti. Pasca libur lebaran, Pemerintah Yogyakarta menggandeng Pelestari Burung Indonesia (PBI) untuk menyiapkan festival tersebut. Acara tahunan ini masuk sebagai agenda pariwisata Yogyakarta karena berporensi mendongkrak kunjungan wisata yang tinggi.

Bertahan Selama 7 Tahun

Bertahan selama 7 tahun
Bertahan selama 7 tahun via Instagram/klub_burung_indonesia

Seperti yang diberitakan oleh Tempo, Wakil gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Paku Alam X menyatakan ia tak ingin kegiatan berbau hobi tersebut hilang karena selalu ditunggu para pecinta burung dari berbagai daerah.

Paku Alam juga mengusulkan agar lomba burung berkicau yang telah bertahan selama tujuh tahun tersebut diperluas segmennya. Yakni tak hanya untuk kelas profesional, melainkan tersedia kompetisi bagi pemula untuk burung-burung berkicau yang harganya rendah. Tujuannya agar mendapatkan jumlah peserta yang lebih banyak.

Mendongkrak Pariwisata Jogja

Jenis burung yang dilombakan
Jenis burung yang dilombakan via Instagram/aldiyansah_kuice23

Dinas Pariwisata DIY menilai kegiatan ini mampu mendatangkan wisatawan dengan jumlah yang tak sedikit. Mulai dari sisi akomodasi, penyewaan perlengkapan burung, menjadi bagian tersendiri untuk menghidupkan ekonomi Jogja.

Kompetisi ini juga menarik perhatian para pecinta burung berkicau khususnya wilayah Jawa. Dan rencananya akan ada sebanyak tujuh jenis burung yang dilombakan.

Lapangan Denggung

Lapangan Denggung
Lapangan Denggung via Instagram/haloakuadit

Recananya, lomba burung tersebut akan diadakan di Lapangan Denggung. Alamat lengkapnya terletak di Jl. Magelang Km.10, Jarang, Tridadi, Kab. Sleman. Ruang terbuka berikut termasuk salah satu destinasi ramah anak.

Karena Teman Traveler akan bertemu dengan sejumlah permainan seperti odong-odong, mobil-mobilan, ayunan, jungkat jungkit, roda berputar, hingga monkey bar. Pastinya bakal seru kalau kalian mengajak keluarga untuk berakhir pekan di sini.

Lomba Burung Berkicau jadi salah satu agenda tahunan yang dinanti banyak pecinta burung. Khususnya di Pulau Jawa. Jangan sampai lewatkan keseruannya ya!

Tags
DIY Indonesia Jogja Lomba Burung Berkicau Wisata
Share