Pesona Negeri Atas Awan Lolai Toraja Utara

Hai Teman Traveler, sudah tahu kan kalau Toraja termasuk salah satu destinasi wisata terkenal. Keunikan tradisi dan keindahan alamnya sudah begitu dikenal, tidak hanya di Sulawesi Selatan, namun seluruh Indonesia.

Berfoto siluet di sekitar Lolai (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Desember silam, saya berkesempatan liburan ke Toraja. Kala itu saya mengunjungi Lolai Toraja Utara, kawasan yang kerap dijuluki ‘Negeri di Atas Awan’. Hal-hal menarik apa saja yang ada di sana dan seperti apa keindahan yang disuguhkan? Yuk, simak bersama ulasan berikut.

Sensasi Berada di Atas Awan

Pemandangan di sekitar Lolai (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Lolai termasuk salah satu destinasi terkenal di Toraja Utara. Kawasan ini sering dijuluki ‘Negeri di Atas Awan’ karena berada dataran tinggi. Dari sini saya bisa melihat jelas keindahan Toraja dan arak-arakan awan yang begitu indah. Benar-benar serasa seperti sedang berada di atas awan. Julukan tersebut benar-benar tepat dan tidak berlebihan sama sekali.

Hawa Sejuk Memanjakan

Deretan Tongkonan (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Begitu sampai di lokasi, saya langsung disambut deretan tebing dan gunung yang begitu indah. Sangat mengagumkan, sampai-sampai mata seolah tak bisa berkedip. Teman Traveler juga bisa melihat deretan rumah khas Toraja, Tongkonan, di sekitar Lolai. Rumah-rumah ini bisa klin sewa untuk bermalam.

Kenakan jaket tebal jika tak ingin kedinginan (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Jika budget sedang tipis, jangan khawatir. Pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda di sekitar tempat wisata kok. Sedikit saran dari saya, sebaiknya siapkan baju dan jaket tebal karena udara di sekitar sini sangat dingin.

Perjalanan Menuju Lolai

Berfoto siluet di puncak Lolai (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Untuk menuju Lolai, Teman Traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum, atau menyewa truk. Jika memilih opsi kedua, kalian bisa naik angkot dari Pasar Pagi Rantepao atau Pasar Tallungpilu. Biayanya sekitar Rp20.000 per orang.

Bagi yang menumpang kendaraan pribadi, sangat disarankan untuk ekstra hati-hati. Sebab jalan menuju Lolai cukup curam dan berkelok-kelok, dengan jurang di satu sisi. Jika Teman Traveler merasa belum terlalu mahir berkendara, sebaiknya menyewa kendaraan saja atau naik angkutan umum saja ya.

Itulah sedikit ulasan saya mengenai Lolai. Pesan saya, selalu waspada, utamakan keselamatan, dan jaga kebersihan lingkungan saat berlibur. Selamat jalan-jalan Teman Traveler.

Tags
kontributor Toraja Travelingyuk wisata toraja
Share