Listrik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Padam Selama Satu Jam

Advertisement

Listrik Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Jawa Barat, padam pada hari Senin (18/9) pagi. Selama kurang lebih satu jam, listrik di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta tidak menyala. Dilansir dari Kumparan, listrik sudah mati sejak sekitar pukul 07.23 WIB.

Dampak listrik di Bandara Soekarno-Hatta padam

Tentu banyak hal yang membutuhkan aliran listrik di area bandara. Padamnya listrik di ini tentu akan berdampak dalam fasilitas dan pelayanan di bandara. Terdapat penumpukan penerbangan karena listrik padam. Salah satu penumpang Garuda Indonesia mengatakan pesawatnya harus delay selama satu jam untuk menuju Bangkok, seperti dilansir dari Kompas.

Listrik Bandara Soekarno-Hatta Padam
Foto via Kumparan

Selain itu, penukaran mata uang asing juga tidak bisa dilakukan karena menggunakan sistem online. Gerai retail juga terlihat gelap dan tidak bisa melayani transaksi. Tidak hanya itu, para calon penumpang pesawat harus berjalan menuruni eskalator karena tidak berfungsi saat mati listrik.

Air conditioner (AC) di dalam Terminal 3 juga tidak berfungsi, begitu pula layar monitor pengumuman jadwal penerbangan dan pengeras suara untuk menyampaikan pengumuman.

Sudah hidup kembali

Maskapai di Bandara Soekarno-Hatta
Foto via Republika

Setelah kurang lebih satu jam, akhirnya listrik kembali menyala. Fasilitas dan pelayanan sudah berfungsi normal sekitar pukul 08.30 WIB. PT Angkasa Pura (AP) II melakukan pengecekan secara detail penyebab padamnya listrik. Pihak AP II juga meminta maaf karena listrik yang padam di Terminal 3 terhambat.

Penyebab listrik padam di Bandara Soekarno-Hatta

Meski listrik di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta padam selama kurang lebih satu jam, namun di terminal lain berfungsi normal. Dilansir dari Tempo, Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi mengatakan penyebab listrik padam adalah karena pasokan listrik mengalami gangguan.

Listrik Bandara Soekarno-Hatta Padam
Foto via Menpan

Pasokan listrik yang mendapat gangguan itu dari Power Station 3 Bandara Soekarno-Hatta ke Terminal 3 Internasional. Pasokan listrik ke Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 area domestik tidak terganggu. Sehingga, area-area tersebut berjalan dengan normal.

Bukan pertama kalinya

Terminal 3
Foto via Wikipedia

Ternyata, listrik padam di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta bukan pertama kalinya terjadi. Beberapa tahun lalu, tepatnya Rabu (11/3/2020), juga sempat padam. Terdapat pesawat yang terlambat take off saat listrik mati sekitar pukul 22.10 WIB tersebut. Beruntung, tak kegiatan penerbangan sedang sepi.

Meski sempat menghambat fasilitas dan pelayanan, beruntung tidak ada dampak signifikan yang disebabkan oleh listrik yang padam di bandara kali ini.

Advertisement
Tags
bandara soekarno hatta Listrik Bandara Padam
Share