Viral Video Meteor Melintasi Pulau Jawa, Kemungkinan Jatuh di Samudra Hindia

Advertisement

Viral video yang menunjukkan benda bercahaya seperti bola api yang melayang di langit malam. Terdapat beberapa video yang viral, semuanya memperlihatkan benda yang dipercaya sebagai meteor melintas Pulau Jawa.

Dalam video-video amatir yang tersebar, terlihat sebuah bola api yang begitu terang dengan ekor panjang yang menyala. Benda bercahaya itu melintasi langit malam dengan cukup cepat. Dalam video yang beredar, para perekam mempertanyakan benda apakah itu dan mengungkapkan bahwa mereka merinding melihat benda tersebut melintas.

Meteor Pulau Jawa
Foto via Instagram

Salah satu akun Instagram yang mengunggah video-video viral tersebut adalah @infojawabarat. Dalam unggahannya, mereka membubuhkan captionMeteor/sampah luar angkasa? Terlihat di langit di atas Pulau Jawa malam tadi (14/9/23) sekitar pukul 23:00 dan momennya banyak yang berhasil direkam oleh warga. Ada yang liat juga?

Dilansir dari Detik, Peneliti Senior Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin membenarkan benda bercahaya yang membuat heboh masyarakat itu merupakan meteor. Benda tersebut melintas di langit Pulau Jawa pada hari Kamis (14/9) sekitar pukul 23.15.

Daerah yang dilintasi meteor adalah wilayah sekitar Bandung, Garut, Klaten, dan Yogyakarta.  Meski belum bisa dipastikan di mana jatuhnya meteor tersebut, tapi jika tidak ada laporan jatuh di darat, maka kemungkinan besar meteor yang melintas di Pulau Jawa ini jatuh di Samudra Hindia.

Meteor atau yang biasa disebut sebagai bintang jatuh adalah benda angkasa yang masuk ke dalam atmosfer bumi. Karena tarikan gravitasi yang begitu kuat, benda yang berupa pecahan batuan angkasa ini jatuh dengan kecepatan tinggi. Benda ini akan terbakar karena terjadi gesekan dengan udara di bumi.

Meteor yang melintas di Pulau Jawa yang disaksikan banyak warga di Indonesia ini memang belum pasti jatuh di mana. Namun, pada tahun 2010 lalu, meteor benar-benar pernah jatuh di Indonesia. Tepatnya pada 29 April 2010, ada meteor yang jatuh di Duren Sawit, Jakarta.

Ada 3 rumah warga yang berada di Jalan Delima II, Duren Sawit, Jakarta Timur, rusak karena meteor jatuh di atasnya. Ada ledakan keras sehingga menyebabkan rumah-rumah warga rusak.

Advertisement
Tags
Bintang Jatuh Fenomena Astronomi Meteor Jatuh video viral
Share