Liburan ke Venesia? Wajib Tahu Hal Ini Dulu

Iren Gian Prasetya

Iren Gian Prasetya

On Kontributor
Tips Liburan ke Venesia Tips Liburan ke Venesia

Venice atau Venesia merupakan salah satu kota wisata Italia. Tata letaknya menggunakan konsep terapung sehingga liburan ke Venesia bisa jadi agenda yang sangat menarik. Wilayahnya terdiri dari pulau utama dan beberapa pulau kecil lain. Ada yang statusnya berpenghuni, ada pula yang tidak.

Kota yang dikenal punya atmosfer romantis ini juga dikenal dengan julukan City of Canals, lantaran ada ratusan kanal di sepanjang kepulauannya. Beberapa pulau di sini bahkan hanya dipisahkan kanal dan saling terhubung dengan jembatan kecil maupun besar.

Nah, buat Teman Traveler yang berniat liburan ke Venesia, ada beberapa info penting yang wajib kalian tahu. Apa saja, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Dibagi jadi Tiga Distrik

Pemandangan di salah satu kalan Venesia (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Pulau utama yang kerap jadi tujuan wisata di Venesia sebenarnya terdiri dari beberapa pulau kecil dan dibagi menjadi tiga distrik utama, yakni Santa Cocre, San Marco, dan Castello. Masing-masing memiliki beberapa destinasi keren yang wajib disambangi.

Jika belum puas, Teman Traveler bisa mengunjungi beberapa pulau lain di sekitar Venesia. Ada Pulau Murano, Burano, serta Lido. Wisatawan harus menggunakan transportasi air untuk menuju sini

Biasakan Jalan Kaki

Menjelajah sudut Venesia (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Bagi warga Indonesia yang kesehariannya cenderung jarang berjalan kaki, bersiap-siaplah. Sebab jalan kaki adalah salah satu kebiasaan penduduk Venesia. Jika di area metropolitan Teman Traveler masih bisa menjumpai mobil, bus, maupun kereta, tak demikian halnya di kawasan kepulauan.

Tidak tersedia transportasi darat apapun selain berjalan kaki. Akses jalanan kebanyakan berupa gang-gang kecil dan tidak memungkinkan
dilintasi motor maupun mobil. Namun karena hal ini pula, Venesia kadang terasa padat lantaran ada banyak orang berjalan di titik utama.

Sebenarnya di beberapa pulau terdapat beberapa transportasi air seperti water bus, water taxi, serta condola. Semuanya kerap dimanfaatkan warga maupun wisatawan untuk menyebrangi pulau-pulau sekitar, sekaligus jadi tanda telah sah mengunjungi Venesia.

Mengunjungi Pulau

Panorama indah di salah satu sudut kota (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Sebelum memutuskan untuk liburan ke Venesia, pastikan dulu tempat mana yang hendak dikunjungi. Soalnya kawasan ini adalah kepulauan, sehingga Teman Traveler perlu tahu informasi soal biaya transportasi tambahan. Apalagi jika berencana menyebrang pulau. Hal ini penting juga untuk mengatur waktu agar bisa pulang dan kembali ke tempat menginap sebelum gelap.

Sisihkan Budget untuk Bermalam

Suasana malam di Venesia (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Kebanyakan tips liburan memberikan panduan memilih penginapan di kawasan metropolitan di Venesia. Sebab harganya jauh lebih murah dibanding akomodasi di wilayah kepulauan. Namun menurut saya, sebenarnya sayang sekali jika Teman Traveler melewatkan kesempatan bermalam di salah satu kota teromantis di dunia.

Jika memang punya anggaran terbatas, setidaknya sisihkan budget
khusus untuk habiskan semalam saja di daerah kepulauan. Tenang saja, ada beberapa akomodasi yang ramah kantong backpacker. Fasilitasnya juga cukup worth it.

Salah satu yang cukup saya rekomendasikan adalah Ai Tre Ponti. Penginapan ini menawarkan view langsung ke arah kanal. Tarifnya sekitar Rp400.000 per orang. Cukup murah bukan? Teman Traveler sudah bisa menikmati experience bermalam di Venesia dengan pemandangan otentik dan tak perlu keluar biaya mahal.

Sebaiknya Tak Bawa Koper

Pemandangan pagi di Venesia (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Jalan setapak di kawasan kepulauan dilapisi bebatuan sehingga rawan merusak roda koper. Belum lagi beberapa jembatan penghubung di sini terdiri dari beberapa anak tangga. Teman Traveler bakal kesulitan melintas jika membawa koper besar. Jadi sebaiknya membawa tas punggung atau tas tenteng guna mempermudah perjalanan.

Wajib Tersesat

Jalanan di Venesia bisa sangat menyesatkan lho (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Jangan khawatir dengan cerita-cerita wisatawan tentang pengalaman tersesat di kepulauan Venesia. Sebab kawasan ini terdiri dari jalanan-jalanan dan gang kecil. Oleh karena itu, tersesat menjadi hal yang wajar.

Meski sudah berbekal peta atau GPS, pasti ada saja momen yang bikin Teman Traveler hilang arah. Nah, jika ini terjadi, jangan panik ya. Cobalah terus berjalan dan kalian akhirnya akan menemukan jalan yang tepat. Dalam beberapa saat pasti akan berpapasan dengan orang, baik sesama wisatawan atau penduduk setempat.

Lebih seru lagi jika Teman Traveler menjelajah Venesia tanpa petunjuk arah atau panduan apapun. Dijamin, kalian bakal menemukan keseruan yang tidak diduga-duga.

Bagaimana Teman Traveler, sudah siap liburan ke Venesia? Segera agendakan jalan-jalan ke Italia ya. Sambil menunggu tabungan cukup, bisa kunjungi wisata ala Venesia terlebih dahulu ya.