Liburan ke Makassar, Ini Tiga Destinasi Wajibnya

Adakah Teman Traveler yang berencana habiskan untuk keliling wisata Makassar?Kota Daeng memang sangat menarik. Ada banyak destinasi keren yang pasti bikin kalian ingin mampir lagi. Mana aja? Yuk simak rekomendasi destinasi untuk liburan ke Makassar versi saya berikut ini.

Pantai Losari

Panorama saat mtahari terbenam (c) Rosita/Travelingyuk

Siapa tak kenal Pantai Losari? Destinasi ini merupakan ikon Makassar dan sekaligus jadi kebanggaan masyarakat Bumi Anging Mamiri. Losari juga kerap jadi merupakan kawasan favorit bagi wisatawan maupun warga sekitar untuk menikmati pemandangan mentari terbenam.

Lantas di mana letak Pantai Losari? Teman Traveler takkan kesulitan menemukannya karena berada di jantung Makassar. Jika berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin, hanya butuh perjalanan sekitar 45 menit untuk sampai sini. Posisinya dekat jalan poros dan berdekatan dengan Fort Rotterdam.

Fort Rotterdam

Salah satu sudut Fort Rotterdam (c) Rosita/Travelingyuk

Tak hanya pantai, Bumi Anging Mamiri ternyata juga miliki situs cagar budaya yang wajib masuk dalam list perjalanan Teman Traveler. Situs yang dimaksud adalah Fort Rotterdam, simbol perjuangan rakyat Makassar dalam melawan penjajah.

Benteng yang dibangun pada 1545 merupakan peninggalan Kerajaan Gowa Tallo. Di sini Teman Traveler bisa melihat sebuah ruang tahanan sempit. Konon dulunya digunakan untuk menahan Pangeran Diponegoro. Kalian bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA dengan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Fort Rotterdam (c) Rosita/Travelingyuk

Fort Rotterdam berada sangat dekat dengan Pantai Losari. Bangunan kuno seluas tiga hektar ini beralamat di Jalan Ujung Pandang, Makassar. Posisinya berada di kawasan pesisir dan menghadap langsung ke Laut Makassar. Aksesnya cukup mudah, jika berangkat dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Teman Traveler akan menempuh perjalanan darat sejauh 19 km. 

Taman Nasional Bantimurung

Patung Kupu-kupu raksasa di Bantimurung (c) Rosita/Travelingyuk

Meski berada cukup jauh dari pusat kota, rata-rata wisatawan yang berlibur ke Makassar akan menyempatkan berkunjung ke Taman Nasional Bantimurung. Destinasi wisata ini masuk wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene, sekitar 40 km dari pusat Kota.

Sebelum memasuki kawasan Taman Nasional ini, Teman Traveler akan disambut sebuah patung kupu-kupu berukuran raksasa. Ya, tempat ini juga dikenal dengan julukan ‘The Kingdom of Butterfly’. Sebutan ini diberikan karena kawasan ini juga merupakan habitat berbagai spesies kupu-kupu langka.

Selain itu masih ada fakta unik lain Teman Traveler. Taman Nasional Bantimurung juga merupakan objek wisata tertua di Provinsi Sulawesi Selatan. Keren ya?

Salah satu sudut taman nasional (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai rekomendasi destinasi yang wajib Teman Traveler kunjungi ketika liburan ke Makassar. Jadi tunggu apa lagi, segera realisasikan rencana jalan-jalan kalian ke Kota Daeng. Selamat menyusun itinerari! 

Tags
kontributor Makassar Travelingyuk wisata makassar
Share