Tips Liburan ke Jogja, Happy Tanpa Bikin Kantong Bolong

Advertisement

Liburan ke Jogja? Siapa yang tidak tertarik. Kota Gudeg memang sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi populer di Indonesia. Ada begitu banyak wisata Jogja yang menawarkan pemandangan dan pengalaman luar biasa.

Namun demikian, Teman Traveler hendaknya merencanakan perjalanan dengan cermat. Sebab jika tidak berhati-hati, bujet liburan kalian bakal membengkak dan membuat pengalaman tak maksimal. Tapi jangan khawatir, berikut Travelingyuk berikan sejumlah tips liburan ke Jogja yang bisa kalian praktekkan.

1. Siapkan tujuan yang jelas

Malioboro salah satu tujuan populer di Jogja
Malioboro salah satu tujuan populer di Jogja via Shutterstock

Hal pertama yang wajib Teman Traveler tentukan adalah tujuan. Tentukan objek wisata mana saja yang ingin dikunjungi. Hal ini penting, terutama bagi kalian yang belum punya pengalaman liburan ke Jogja.

Setelah tujuan ditentukan, Teman Traveler bisa lebih fokus membuat perencanaan budget. Tak bakal ada penghamburan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

2. Tentukan Transportasi

Ada banyak alternatif transportasi di Jogja
Ada banyak alternatif transportasi di Jogja via Shutterstock

Ada banyak jalan menuju Roma, begitu pula ke Jogja. Teman Traveler bisa memilih menumpang bus atau kereta api. Bagi yang mengutamakan kecepatan dan kenyamanan, pesawat juga bisa jadi pilihan.

Namun demikian naik bus dan kereta api juga tak kalah asyiknya. Teman Traveler jadi bisa lebih menikmati pemandangan alam sekitar, sekaligus coba berinteraksi dengan sesama traveler lainnya. Inilah salah satu tips liburan ke Jogja bagi pemula yang patut kalian perhatikan.

3. Tiket Promo

Ilustrasi tiket perjalanan
Ilustrasi tiket perjalanan via Shutterstock

Salah satu pos krusial dalam merancang budget liburan adalah transportasi. Agar biaya perjalanan tidak membengkak, ada baiknya Teman Traveler menginvestasikan waktu untuk mencari tiket promo. Tiket dengan harga miring biasanya ditawarkan di awal atau tengah tahun.

Setelah tiket promo di tangan, Teman Traveler bakal lebih tenang. Sisa bujet bisa dialokasikan untuk pos lain. Salah satunya mengunjungi sejumlah wisata Jogja terbaru 2018, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Timang, Taman Pintar, dan masih banyak lagi.

4. Selektif Pilih Penginapan

Ilustrasi tanda arah menuju lobi hotel
Ilustrasi tanda arah menuju lobi hotel via Shutterstock

Sebagai salah satu kota populer tujuan wisata, Jogjakarta punya banyak pilihan akomodasi. Namun bagi Teman Traveler yang ingin berhemat, sebaiknya memilih penginapan dengan tarif terjangkau. Kalian bisa mencoba hotel kapsul atau akomodasi model dormitory agar tidak terlalu banyak menguras budget.

Teman Traveler juga bisa bermalam di budget hotel. Belakangan hotel jenis ini sudah mulai menjamur. Meski murah, fasilitas yang ditawarkan tak kalah dari penginapan mewah.

5. Makan

Gudeg khas Jogja
Gudeg khas Jogja via Shutterstock

Cara lain mendapatkan biaya liburan murah ke Jogja adalah dengan menghemat biaya makan. Teman Traveler bisa melakukannya dengan ‘makan seperti orang lokal’. Jangan ragu untuk masuk ke warung-warung atau kedai sederhana. Meski tempatnya kurang mewah, kelezatan makanan yang disajikan boleh diadu.

Liburan ke Jogja bersama pacar? Jika memang demikian Teman Traveler bisa menghabiskan waktu di Kota Gudeg untuk berwisata kuliner. Ada banyak tempat wisata Jogja dekat Malioboro atau tempat wisata Jogja malam hari yang menawarkan sajian makanan legendaris.

Itulah sejumlah tips liburan ke Jogja yang bisa Teman Traveler praktekkan. Bagaimana, berkunjung ke Kota Gudeg tak harus selalu menelan biaya mahal bukan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogjakarta tips dan inspirasi Travelingyuk Yogyakarta
Share