Liburan ke Banjarmasin, Jalan-Jalan Sambil Hunting Foto Keren

Borneo merupakan pulau terbesar Indonesia yang sempat masuk dalam wishlist perjalanan saya. Begitu mendapat kesempatan ke sana, saya memilih liburan ke Banjarmasin. Di ibu kota Kalimantan Selatan berjuluk ‘Kota Seribu Sungai’ terdapat beragam tempat wisata yang patut dikunjungi.

Selama liburan ke Banjarmasin, saya sempat mengunjungi beberapa tempat yang menjadi ikon. Yuk, simak tempat apa saja yang menarik untuk disambangi!

Jembatan Barito

Jembatan Barito (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jembatan Barito terdengar tak asing di telinga saya, lantaran sering disebut di pelajaran sekolah dahulu. Sesuai namanya, jembatan ini melintang di atas Sungai Barito di Kalimantan Selatan. Panjangnya sekitar 1.082 meter, dengan lebarnya 10,37 meter.

Kerap disebut Jembatan Pulau Bakut (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Fasilitas umum ini diresmikan di era Presiden Soeharto, tepatnya pada 24 April 1997. Dulunya Jembatan Barito pernah menyandang gelar jembatan terpanjang Indonesia dan mendapat rekor MURI. Namun saat ini posisinya sudah digantikan Jembatan Suramadu di Jawa Timur.

Pemandangan di sekitar jembatan (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Menghabiskan sore di sekitar jembatan ini sangat menyenangkan. Banyak muda-mudi nongkrong di warung-warung sekitar. Selain itu suasana senja yang disuguhkan juga sangat indah. Saya terpukau saat melihat matahari terbenam dengan pemandangan daratan Anjir Serapat Muara dan Sungai Barito. Suasana makin syahdu seiring melintasnya kapal tongkang batu bara.

Pasar Terapung Siring Sungai Martapura

Pasar Terapung Banjarmasin (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Julukan Kota Seribu Sungai memang pantas disematkan pada Banjarmasin. Banyak aktivitas masyarakatnya bergantung pada sungai. Bahkan berjualan bahan pangan dilakukan di pasar terapung. Tempat berdagang ini lantas jadi salah satu ikon wisata menarik di Banjarmasin

Salah satunya adalah Pasar Terapung Siring Sungai Martapura. Lokasinya dekat dengan Menara Pandang Banjarmasin, tepatnya di Jalan Kapten Tendean no. 20. Pasar ini hanya buka Sabtu dan Minggu, mulai pukul 04.00 hingga 11.00 WITA.

Ibu-ibu penjual buah dan sayuran di pasar terapung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Pedagang di sini sebagian besar adalah perempuan. Mereka menjajakan aneka bahan pangan, mulai dari buah-buahan, sayuran, bumbu dapur, kue, hingga aneka masakan khas Banjarmasin. Sebagian ada yang ditata di atas perahu, namun ada pula yang ditawarkan di atas dermaga buatan dari kotak-kotak plastik.

Pasar biasanya bakal makin ramai mulai pukul 06.00. Bila Teman Traveler datang terlalu siang, bakal banyak pedagang yang sudah pulang.

Saat menaiki kelotok (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa berkeliling Sungai Martapura dengan menggunakan  kelotok atau perahu motor di sekitar pasar apung. Cukup bayar Rp15.000 saja, kalian bakal diajak menyusuri sungai dan menikmati keindahan pemandangan di sekitar pasar. Salah satu yang paling menarik adalah Menara Pandang Banjarmasin. Terbayang kan betapa serunya?

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin di Banjarmasin (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Masjid Raya Sabilal Muhtadin merupakan masjid besar di jantung kota Banjarmasin, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman no. 1, Antasan Besar. Bangunan ibadah ini mulai didirikan pada 1981. Dari luar arsitekturnya tampak sangat indah, dengan kehadiran taman dan air mancur menyegarkan mata. Interiornya juga cantik, dengan ukiran kaligrafi ayat Al-Qur’an dan Asmaul Husna.

Klenteng Soetji Nurani

Gapura klenteng Soetji Nurani (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Klenteng Soetji Nurani beralamat di Jalan Veteran Sungai Bilu no. 10. Dibangun pada 1898 oleh dua orang jenderal dari Cina, klenteng ini sekarang usianya sudah melampaui satu abad. Seperti klenteng pada umumnya, arsitekturnya sangat kental dengan nuansa Tiongkok. Di dalamnya terdapat barang-barang antik seperti patung, guci, dan perabotan lainnya.

Itulah tadi beberapa tempat yang sempat saya kunjungi saat tengah eksplor wisata Banjarmasin. Semoga Teman Traveler juga tertarik mengunjungi Kota Seribu Sungai ini dan menyaksikan sendiri keindahan wisatanya.

Tags
banjarmasin kontributor Travelingyuk wisata banjarmasin
Share