Berencana Liburan ke Aceh? Ini Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Kota Serambi Mekkah!

Berencana liburan ke Aceh tetapi bingung mau kemana dan melakukan apa? Travelingyuk punya rekomendasinya! Teman Traveler bisa rafting, main-main dengan burung merpati, berwisata kopi, hingga mengenang peristiwa tsunami yang terjadi beberapa tahun lalu. Seperti apa lengkapnya? Simak uraian berikut ini yuk!

Rafting di Sungai Peusangan

Serunya Rafting di Sungai Peusangan via Instagram/wisata_alam_gayo

Rafting atau arung jeram di Sungai Peusangan akan membawa Teman Traveler menjelajah sejauh 4,5 Km. Wisata arung jeram di sini tersedia dalam empat grade, yaitu empat tingkat kesulitan. Jika baru pertama mencoba rafting, sebaiknya jajal grade satu terlebih dahulu.

Harus Coba Bareng Teman via Instagram/wisata_alam_gayo

Wisata arung jeram ini berada di Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Dari Kota Takengon jaraknya tidak terlalu jauh. Biaya untuk rafting di sini bervariasi antara Rp60 ribu – Rp150 ribu. Tertarik?

Nikmati Suasana Pantai dan Sunset di Pantai Kampung Jawa

Sunset di Pantai Kampung Jawa Aceh via Instagram/rihoen_senja

Salah satu pantai di Banda Aceh ini jadi tempat favorit warganya. Terutama saat menjelang senja. Karena sunset di Pantai Kampung Jawa memang memesona. Ditambah beberapa ornamen yang jadi spot foto, kawasan ini semakin ramai saja.

Aktivitas Nelayan Jadi Pemandangan Tersendiri di Pantai Kampung Jawa via Instagram/misbah_azman

Selain menikmati senja, Teman Traveler bisa melihat aktivitas-aktivitas para nelayan yang menarik pukat. Kesibukan mereka di sore hari jadi pemandangan tersendiri yang asyik di pantai ini.

Harus Coba Minum Kopi Aceh di Solong Coffee

Penyajian Kopi di Solong Coffee yang Legendaris via Instagram/nessiamegawati88

Liburan ke Aceh tetapi nggak coba minum kopi Aceh? Rasanya pasti ada yang kurang! Nah! Agar tidak penasaran dan liburan semakin lengkap, Teman Traveler harus datang ke Solong Coffee Aceh di Jln. T. Iskandar No.13-14, Ulee Kareng, Banda Aceh. Ia merupakan salah satu kedai kopi legendaris di Aceh.

Salah Satu Kedai Kopi Legendaris di Aceh via Instagram/simawarkuning

Solong Coffee mulai melayani pembeli sejak 1974. Kopi yang ditawarkan bermacam-macam. Di sini tersedia olahan kopi robusta, kopi espresso dan kue-kue khas Aceh sebagai pendamping. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu antara Rp7 ribu – Rp19 ribu.

Main-main dengan Burung Merpati di Taman Wisata Burung Dara

Main-main dengan Burung Merpati via Instagram/tamanwisataburungdara

Rasanya tidak banyak taman bermain yang memungkinkan pengunjung berinteraksi langsung dengan burung Merpati. Iya, kan? Nah! Teman Traveler yang punya rencana ke Aceh tetapi masih bingung menyusun itinerary, Taman Wisata Burung Dara bisa turut dimasukkan dalam daftar.

Bisa Asyik Berinteraksi dengan Burung Dara via Instagram/tamanwisataburungdara

Di sini, pengunjung bisa berinteraksi dengan burung Merpati sambil mencoba beberapa spot foto yang asyik dan kekinian. Penasaran? Taman Wisata Burung Dara berada di Jln. Indrapuri, Reukih Dayah, Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Silakan berkunjung!

Memandangi Cantiknya Danau Lut Tawar dari Lancuk Leweng

Memandangi Danau Lut Tawar dari Lancuk Leweng via Instagram/muhammadmeluem

Lancuk Leweng atau Bur Lancuk Leweng merupakan sebuah perbukitan di sekitar Danau Lut Tawar. Semula kawasan ini merupakan belukar yang tidak sedap dipandang. Namun, belakangan berubah menjadi salah satu destinasi seru.

Salah Satu Destinasi Wisata Hits di Aceh via Instagram/odexzega

Lancuk Leweng berada di ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Bukan hanya Danau Lut Tawar yang dapat Teman Traveler saksikan saat ada di sini, melainkan juga lanskap Kota Takengon. Sudah terbayang asyiknya?

Jangan Lewatkan Berkunjung ke Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh yang Didesain Cantik dan Menarik via Instagram/irwandiimages

Berkunjung ke Aceh, Teman Traveler harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Museum Tsunami Aceh. Bangunan yang didesain dan diciptakan khusus untuk mengenang peristiwa tsunami 2004 lalu ini bukan sekadar destinasi wisata. Ia juga menjadi salah satu karya Ridwan Kamil yang luar biasa.

Salah Satu Bagian Paling Ikonik dari Museum Tsunami Aceh via Instagram/hendyarmanda

Museum Tsunami memiliki luas sekitar 2.500 meter persegi. Ia terdiri atas beberapa lantai dengan desain yang unik. Bagian paling ikonik dari museum ini terletak pada dinding berbentuk melengkung yang ‘berhias’ nama-nama korban tsunami Aceh. Bikin takjub sekaligus berlinang air mata.

Bagaimana? Rekomendasi keseruan saat liburan ke Aceh bikin semakin nggak sabar, kan? Kota yang dijuluki Serambi Mekkah ini nyatanya punya potensi wisata yang luar biasa. Setuju? Yuk berkunjung!

Tags
Aceh Indonesia Liburan ke Aceh Wisata
Share