Ingin Liburan ke Luar Negeri Tapi Budget Terbatas? Do This!

Tentu Anda pernah dengar, liburan ke luar negeri itu cuma buat orang kaya. Eits, jangan terburu-buru berpikir seperti ini! Kenyataannya, orang biasa dengan budget cekak juga bisa menikmati perjalanan ke luar negeri melalui backpacking.

Dibandingkan liburan biasa, backpacking memang membutuhkan lebih banyak ‘upaya’. Dalam beberapa hal, perjalanan para backpacker tentu saja tak senyaman liburan ala koper. Tapi tenang saja, ada kok cara-cara yang bisa dilakukan supaya Anda bisa tetap nyaman liburan di luar negeri dengan backpacking!

1. Pilih menginap di Hostel

Sekarang bukan zamannya gengsi-gengsian! Tak perlu memaksakan diri menginap di hotel yang semalamnya bisa menelan dana luar biasa.

Pilih menginap di Hostel [image source]
Pilih menginap di Hostel [image source]
Pilihlah hostel yang tak kalah nyaman namun jauh lebih murah biayanya. Hebatnya lagi, Anda tak perlu melakukan reservasi untuk menginap di hotel sehingga akan lebih mudah menyesuaikan dengan jadwal liburan.

2. Perbanyak jalan kaki

Anda mungkin tak menyadarinya, tapi biaya naik bus atau taksi di luar negeri bisa memakan dana yang tak sedikit. Daripada menyia-nyiakan budget yang cekak, lebih baik kurangi naik kendaraan umum dan perbanyak berjalan kaki.

Perbanyak jalan kaki [image source]
Perbanyak jalan kaki [image source]
Anda bisa berhemat sekaligus menikmati pemandangan negara tujuan dari dekat. Tapi sebelum melakukan hal ini, pastikan Anda sudah menyiapkan fisik sebelum berangkat.

3. Jangan bawa terlalu banyak barang

Apa yang terjadi kalau Anda membawa terlalu banyak barang saat bepergian? Tentu saja Anda jadi sulit berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa naik taksi.

Jangan bawa terlalu banyak barang [image source]
Jangan bawa terlalu banyak barang [image source]
Untuk yang ingin berhemat, hal ini tentu tak disarankan. Maka dari itu, cukup bawa 1 ransel yang berisi barang-barang penting dan berharga.

4. Beli makanan di penjual lokal

Makanan memang menjadi salah satu daya tarik utama dari perjalanan ke luar negeri. Tapi bukan berarti Anda harus menghabiskan uang dengan makan di restoran-restoran mewah.

Beli makanan di penjual lokal [image source]
Beli makanan di penjual lokal [image source]
Cobalah menelusuri jalanan dan temukan aneka street food khas negara tujuan yang dijual oleh penduduk lokal. Selain harganya lebih murah, Anda juga bisa mencicipi cita rasa asli dari kuliner setempat.

5. Bebaskan diri untuk ambil keputusan spontan

Terkadang memang menakutkan harus melakukan perjalanan di negeri yang jauh tanpa ada rencana matang. Tapi jangan batasi perjalanan Anda dengan jadwal yang terlalu ketat.

Bebaskan diri untuk ambil keputusan spontan [image source]
Bebaskan diri untuk ambil keputusan spontan [image source]
Buatlah jadwal yang fleksibel dan sesuaikan dengan kondisi saat itu. Tak masalah membatalkan rencana menginap di hotel tujuan kalau ternyata Anda mendapat rekomendasi penginapan yang jauh lebih murah. Bahkan mengubah tujuan perjalanan juga sah-sah saja, lho!

5. Pergi sendirian

Meski pergi beramai-ramai lebih menyenangkan, tapi melakukan backpacking sendirian jauh lebih hemat biaya. Anda bisa mengatur rencana perjalanan seorang diri dan menentukan destinasi tujuan yang diinginkan.

Pergi sendirian [image source]
Pergi sendirian [image source]
Tak perlu terpaksa masuk ke hotel mahal atau makan di tempat ekslusif hanya karena teman perjalanan Anda menginginkannya.

Mengawali sebuah perjalanan backpacking memang terkesan menakutkan. Tapi sekali sudah merasakan kenikmatannya, Anda pasti ingin melakukannya lagi. Yang terpenting, perbanyak pengetahuan tentang negara tujuan sebelum keberangkatan supaya Anda bisa menghadapi berbagai kondisi tak terduga di luar sana.

Tags
backpacking Hostel jalan kaki tips traveling traveling
Share