Libur Lebaran Jadi 11 Hari? Ini Sejumlah Kebiasaan Orang Indonesia Menjelang Hari Raya

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bahwa libur cuti bersama bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan swasta dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah akan dimulai pada tanggal 30 Mei hingga 9 Juni 2019. Jika ditotal libur lebaran mencapai 11 hari dan memiliki jumlah lebih banyak ketimbang tahun lalu yang hanya 10 hari.

Tentu hal tersebut merupakan kabar gembira. Menjelang Idul Fitri, ada banyak kegiatan dilakukan orang Indonesia, di antaranya berbelanja dan membuat kue kering. Ternyata ada kebiasaan lain yang nggak kalah menarik, lho. Intip yuk!

Mudik Bawa Kardus

Mudik bawa kardus, via Facebook/Murkanimurkani

Kebiasaan yang dilakukan orang Indonesia ketika menjelang lebaran adalah mudik. Ketika mudik ke kampung halaman, mereka akan membawa barang yang cukup banyak dan biasanya dikemas ke dalam kardus. Isinya bisa bermacam-macam, mulai dari oleh-oleh, pakaian, hingga perlengkapan lainnya. Hal tersebut akan banyak dijumpai di stasiun, transportasi umum, hingga kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Menyiapkan Duit Baru

Lembaran uang baru, via Instagram/dhiraswaney

Kebiasaan lainnya yaitu dengan menukarkan uang ke Bank. Uang tersebut hadir dalam berbagai pecahan mulai dari Rp100 ribu hingga Rp2000. Nantinya uang tersebut akan dibagikan kepada keluarga dan orang terdekat. Bahkan tak sedikit juga yang menaruh uang ke dalam amplop khusus.

Template Ucapan Lebaran

Template ucapan lebaran, via Instagram/icha_undangan

Kebiasaan satu ini masih ditemukan hingga kini, lho. Template ucapan lebaran biasanya ditemui di grup chat Whatsapp, Line, hingga sms. Ucapan tersebut disampaikan kepada keluarga atau teman yang jauh sebagai bentuk silaturahmi.

Mereka yang tak bisa bertemu biasanya mengucapkan permohonan “Maaf lahir dan batin sekeluarga..”. Walau begitu, banyak juga yang masih berkeliling dari rumah ke rumah untuk bersilaturahmi secara langsung.

Takbiran Kekinian

Takbiran, via Instagram/irmada01

Takbiran keliling akan banyak ditemui di hari terakhir bulan puasa yakni malam sebelum lebaran. Kalau diperkampungan, beberapa warga melakukannya sambil menabuh gendang dan berkeliling.

Namun jika berada di perkotaan, takbiran menggunakan sound system berukuran cukup besar dan memainkan musik takbir yang menggebu-gebu atau nada bersemangat. Mereka akan berkeliling di jalan raya menggunakan mobil dengan bak terbuka.

Itulah beberapa kebiasaan yang dilakukan orang Indonesia ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Jika Teman Traveler mendapat libur lebaran 11 hari, apa yang ingin kalian lakukan lebih dulu?