Kue Lebaran yang Selalu Ada di Ruang Tamu, Favoritmu yang Mana?

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Bagi anak-anak, lebaran menjadi hal yang ditunggu karena budaya galak gampil atau lebih angpauw. Namun tak hanya hal itu yang ditunggu-tunggu. Beberapa orang, terutama yang suka ngunyah, pasti menantikan sajian lebaran yang serba nikmat. Mulai dari ketupat sayur, sambal goreng hati, telur kecap, atau bahkan kue-kue lebaran yang selalu tersaji di ruang tamu. Dari berbagai jenis kue lebaran ini, mana yang jadi favoritmu?

Lidah Kucing

Benyuknya pipih menyerupai lidah kucing via
Benyuknya pipih menyerupai lidah kucing via beritainfo.web.id

Bentuknya pipih dan memanjang, menyerupai bentuk lidah kucing. Kue kering yang memiliki rasa gurih, manis, dan renyah ini ternyata berasal dari Negeri Kincir Angin. Di sana, kudapan ini bernama Katte Tong. Bahannya terbuat dari tepung terigu, gula halus, susu, dan telur ayam.

Kuping Gajah

Kue kuping gajah via
Kue kuping gajah via saelekko.com

Meskipun namanya mengandung salah satu bagian tubuh hewan yang dilindungi, kue kering ini nggak bikin kamu dipenjara kok. Karena penggunaan nama ini disebabkan karena bentuknya yang menyerupai telinga gajah. Rasanya juga bervariasi. Mulai dari coklat, vanila, juga mocca. Sampai saat ini kuping gajah masih dapat kamu temukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional.

Nastar

Nastar biasa berisi selai nanas via
Nastar biasa berisi selai nanas via notepam.com

Saat lebaran tiba, nastar sering menjadi primadona bagi para tamu. Tekstur kuenya yang lembut dengan isian selai nanas adalah sebabnya. Ternyata, kue kering satu ini juga berasal dari Belanda. Namanya berasal dari dua kata, yaitu ananas dan taart. Seiring perkembangan jaman, nastar tak melulu berisi selai nanas. Tapi juga bluberi, stroberi, dan lain-lain.

Kastengel

Kastengel memilik ukuran 4 hingga 5 cm via
Kastengel memilik ukuran 4 hingga 5 cm via sajiansedap.grid.id

Untuk pecinta keju, kastengel menjadi kudapan yang tak boleh dilewatkan. Adonannya hampir sama dengan bahan dasar nastar. Namun bentuk dan toppingnya yang membuat dua makanan ini berbeda. Kastengel berbentuk balok dan memiliki toping keju di atasnya. Di Belanda, kudapan ini berukuran mencapai 30 sentimeter. Namun di Indonesia diproduksi dalam ukuran sekitar 4 sentimeter.

Putri Salju

Putri salju yang memiliki karakter rasa manis via
Putri salju yang memiliki karakter rasa manis via vemale.com

Jika kebanyakan kue kering berwarna kuning keemasan, putri salju memiliki tampilan yang berbeda. Kuenya berbentuk bulan sabit dengan banyak taburan gula putih bubuk di atasnya. Soal rasa juga jauh berbeda jika dibandingkan dengan kue kering lain yang cenderung gurih. Putri salju memiliki rasa manis yang begitu kuat.

Kalau gemar ngunyah, lebaran memang waktu yang tepat untuk mencicipi makanan yang nggak selalu ada di hari biasa. Memang ada saja makanan yang menggoda untuk di santap, seperti kue kering yang ada telah disebut di atas. Jadi kalau begitu kue kering favoritmu yang mana?